Kamis, 17 Desember 2015

Ranking Trafik/Traffic Internet Situs Situs Web/Website di Indonesia 2015

Ranking trafik/traffic internet di Indonesia saat ini dipenuhi oleh situs-situs/website belanja online yang berhasil mengalahkan situs situs/website berita Indonesia yang 3 tahun yang lalu selalu menempati peringkat teratas trafik internet di Indonesia. Meskipun detik.com masih menempati posisi teratas situs asli Indonesia tetapi saya ada keyakinan dalam 1-2 tahun kedepan posisinya bisa saja berubah.

Dimana saya bisa tahu ranking trafik/traffic internet di Indonesia itu? kita bisa melihat di alexa.com tepatnya di http://www.alexa.com/topsites/countries;0/ID

Alexa.com adalah rujukan dunia internet untuk mengetahui situs-situs/website mana saja yang mendominasi trafik/traffic internet. Saya cukup percaya dengan ranking tersebut berdasarkan pengalaman mencermati trafik/traffic situs situs/website internet saya. Jika ranking di alexa.com menanjak, trafik/traffic internet situs-situs saya pun menanjak, sebaliknya pun begitu.

Jika saya ditanya, fungsinya apa ranking trafik/traffic internet di Indonesia itu? saya akan menjawabnya sebagai berikut:

  • Jika saya Digital Marketing Manager, saya akan menempatkan iklan-iklan produk saya di situs-situs dengan peringkat tertinggi. Saya akan memilih memasang iklan di AdWords dari Google dan iklan di Facebook. Google menduduki peringkat 1 & 2, Facebook ke-3 dan Youtube ke-4. Untuk situs asli Indonesia, saya akan memilih detik.com, liputan6.com dan kaskus.co.id karena situs situs asli Indonesia itu menempati peringkat 6,7 dan 8.
  • Jika saya Produk Manager, jika saya ingin menjual produk saya secara online, saya akan menjual melalui Lazada.co.id karena Lazada menjadi situs belanja online Indonesia yang menduduki peringkat paling atas. Syukurnya semua situs-situs belanja online asli Indonesia mempunyai peringkat trafik internet yang jauh lebih baik dari situs situs belanja online global.
  • Jika saya pemilik sebuah situs, informasi peringkat itu dapat menjadi dasar analisa strategi inovasi dan marketing yang harus dilakukan agar trafik internet ke situs saya bisa meningkat yang secara tidak langsung bisa menambah nilai situs saya sendiri dengan efek financial yang ikut menanjak.
Kesimpulannya adalah banyak manfaat yang bisa dilakukan dari peringkat trafik/traffic internet itu jika kita melakukan marketing produk-produk kita melalui media online atau jika kita berusaha melalui situs-situs web. Jika dilihat peringkat diatas, menurut saya, SEO Google dan Google AdWords tetap menjadi salah satu pilihan marketing yang bagus. Saya belum bisa membandingkan dengan perbandingan data aktual dari hasil marketing dari berbagai situs tetapi memang SEO Google tetap menjadi primadona.

Saya agak kaget jika situs situs/website social media yang lain seperti Twitter (peringkat 38) dan Path.com (peringkat 293) peringkat trafik/traffic internetnya tidak terlalu bagus.

Situs ojek online Go-jek.com menempati peringkat 1.787 dan sayangnya trafiknya menurun tetapi saya tidak tahu apakah trafik ini termasuk trafik pemesanan servicenya.


2 komentar:

  1. menurut saya sih mas ga selalu peringkat bagus di alexa itu bagus sales nya hehe

    BalasHapus
  2. Kalau sales untuk website-nya tergantung dari CRO(Convertion Rate Optimization) website itu.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.