Rabu, 23 Desember 2015

Pengalaman Mempunyai Mobil Pertama

Pengalaman mempunyai mobil pertama sama seperti pengalaman mempunyai pertama kali barang-barang yang kita sangat sukai. Perasaan senang, was was, penasaran, dan takut.

Ketika pertama kali mobil datang, kita akan diberikan check list material kelengkapan yang akan diserah terimakan dari dealer ke kita. Mulai dari kondisi cat, ban serep/pengganti, kunci, fungsi elektrik, fungsi mekanik, jadwal service, garansi dan beberapa informasi standar pabrikan yang harus kita ketahui.

Setelah serah terima kendaraan, pastikan kita membaca buku manual yang yang diberikan dealer sebelum menggunakan mobil pertama kita. Semua informasi yang harus kita ketahui ada disana, sebagai contoh jenis bahan bakar standar, fungsi tombol-tombol di dashboard, ukuran dan tekanan ban, dan lain lain. Informasi yang tertera di buku manual mobil pertama kita akan sangat sangat berguna sebagai pemilik. Jika terjadi masalah-masalah kecil, kita bisa memulai dari buku manual mobil pertama kita itu.

Selanjutnya, cobalah mengendarai mobil pertama kita itu. Saran saya, karena mobil pertama, jika pemilik baru seperti kita belum banyak pengalaman mengendarai mobil, maka jangan terlalu ‘berani’ mengendarai mobil pertama tersebut ke jalan raya. Kita perlu melakukan penyesuaian terlebih dahulu, kalau saya boleh sarankan, penyesuaian tersebut sekitar 1-2 mingguan. Kita harus terbiasa tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Penyesuaian ini akan memberikan kita pelajaran mengenai dimensi dan karakter mobil. Sebagai contoh, kita akan tahu ‘ukuran’ putaran putar mobil, posisi terbaik mobil di garasi, injakan gas dan rem yang pas, terbiasa dengan tombol-tombol lampu sen, lampu dekat, lampu jauh, wiper, water spray, display kecepatan dan putaran mesin, dan lain-lain. Kenali dahulu mobil pertama kita sebelum benar-benar live di jalan raya.

Siapkan tissue, tempat sampah, pewangi mobil, pengunci stir, senter, bantal, untuk penambah kenyamanan ketika kita di mobil.

Pengalaman saya waktu pertama kali mempunyai mobil setelah sekian lama tidak menyetir, ada perasaan takut dan was was ketika mengendarai mobil tersebut tanpa proses penyesuaian. Saya langsung mengendarainya ke jalan raya dan karena secara mental saya belum siap, pada hari ketujuh, mobil saya menabrak motor dan body mobil saya lecet panjang. Jika saya melakukan penyesuaian diatas, saya yakin saya akan lebih siap secara mental tanpa ada perasaan grogi di jalan. Ketika mental kita belum siap, kita akan sering sekali emosi di jalan raya meskipun lama kelamaan emosi akan menurun dengan sendirinya seiring kuatnya mental di jalan raya.

Jika memang anda akan langsung mengendarai mobil pertama tersebut, lakukanlah pada malam hari ketika jalan raya sepi. Itu akan sangat membantu. Butuh sekitar 5-6 bulan bagi saya untuk terbiasa mengendarai mobil di jalan raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.