Jumat, 04 Januari 2013

Kenapa Menjadi Ranking Nomor 1 di Google Penting?

Kenapa Menjadi Ranking Nomor 1 di Google Penting? karena jumlah trafik dari hasil pencarian Google akan berbeda dari setiap ranking yang dihasilkan di SERP Google. Saya melakukan sedikit research pada hasil "Search Queries" atau hasil pencarian blog SEO ini yang datanya saya ambil dari Google Webmaster Tools.

Berikut adalah datanya:

Sebagian Data "Search Queries" Blog SEO ini di Google Webmaster Tools
Sebagian Data "Search Queries" Blog SEO ini di Google Webmaster Tools
CTR (Click Through Rate) adalah persentase klik dari jumlah "Impressions" yang dihasilkan melalui pencarian di Google. Untuk lebih jelasnya mengenai CTR, Clicks, Impressions dan Query dapat dibaca di link berikut ini:

http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35252

Maksud dari CTR adalah ketika terjadi pencarian sebuah "Query" di pencarian Google dalam rentang waktu tertentu, kalau di Google Webmaster Tools defaultnya adalah sebulan, maka akan terdapat sekian banyak "Impressions" dari halaman blog SEO ini yang dihasilkan di SERP Google. Dari sekian banyak "Impressions" yang dihasilkan, maka hanya beberapa saja yang menghasilkan "Clicks" atau klik atau orang yang mengklik di SERP Google. Sedangkan CTR adalah persentase dari jumlah klik tersebut dibagi dengan "Impressions".

Saya sort datanya berdasarkan posisi Query dengan CTR yang paling tinggi. Dari data diatas, query "Cara SEO" dan "Dasar SEO" biasanya berhasil menempatkan blog SEO ini rata-rata berada di ranking nomor 1 di SERP Google Indonesia dan query "SEO Google" dan "Google SEO" di ranking 5 besar di SERP Google Indonesia.

Jika diperhatikan dari data diatas, untuk ranking nomor 1 di Google bisa mencapai CTR sebanyak 24% dan pada peringkat 5 besar Google bisa mendapatkan antara 17%-10% (17% saya dapatkan dari blog saya yang lain). Oleh karena itu penting sekali menduduki ranking nomor 1 di Google untuk mendapatkan trafik dari hasil pencarian Google. Karena hasil research ini hanya berdasarkan 2 blog yang saya punyai, mungkin hasil analisa dari pakar-pakar SEO mengenai CTR dari hasil pencarian Google bisa memberikan gambaran yang jauh jauh lebih baik.

Untuk menargetkan keyword yang dituju di pencarian Google dan mendapatkan trafik yang baik dari pencarian Google, selain CTR, yang sangat perlu juga untuk mencari keyword-keyword dengan "Impressions" yang tinggi dan ini bisa dilihat di Google Adwords Keyword Tool di:

https://adwords.google.com/o/KeywordTool

Semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Thanks gan... ane coba dulu ya

    BalasHapus
  2. mantab gan tp walaupun saya sdh ikutin tp masih blm dapat rank jg ya

    tlng di cek gan http://ardian1507.blogspot.com

    BalasHapus
  3. wah infonya keren bnget...
    sukses selalu sob...

    BalasHapus
  4. Wah blognya bagus2 mas aritkelnya thanks ya, btw salam kenal dari sutopo blogger jogja.
    btw kenapa penting alasan sya tentunya kalau blog berada di halaman SERP tentunya akan mendaptakan pengnjung yang lebih hehe .
    mbludak visitor e mas..
    hehe

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.