Selasa, 01 Januari 2013

Jika saya Menjadi Internet Marketing Manager I

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang memiliki Divisi Internet Marketing dengan berbagai nama seperti Digital Marketing Department, Online Marketing Department atau Internet Marketing Department yang dikepalai oleh seorang Manager. Tugas utama yang menjadi KPI dari Manager tersebut adalah melakukan branding dan pemasaran produk-poduk perusahaannya dengan menggunakan media internet. Metode SEO, PPC, SEM (Search Engine Marketing), SMM (Social Media Marketing), Display Advertising, dan seterusnya.

Saya mohon maaf sebelumnya karena belum mempunyai pengalaman bekerja formal sebagai full-time internet marketer, maka khayalan saya dibawah ini hanya imajinasi saya jika saya adalah seorang Internet Marketing Manager di sebuah perusahaan.

Pertama yang akan saya lakukan adalah melakukan assessment baik intra maupun external department. Mengetahui resources yang kita miliki seperti, human resources, budget, business flow, internal support dan lain-lain berguna bagi seorang manager untuk membuat strategi yang akan dibuatnya dan jangan lupa untuk mengetahui visi dan misi managemen menganai internet marketing yang mereka inginkan (biasanya hal ini sudah diutarakan oleh mereka sebelum seorang manager memulai pekerjaannya).

Setelah itu adalah mencari tahu kondisi website perusahaan yang sudah ada. Saya yakin akan banyak ide-ide segar jika sudah mengetahui website yang ada. Kenapa yang pertama kali akan saya cek adalah website? karena bagi saya, website merupakan titik fokus dari semua proses branding dan internet marketing yang akan saya lakukan. Saya akan menyalurkan semua trafik internet marketing ke website ini sehingga website yang ada harus mencerminkan brand image yang diinginkan oleh management. Pada titik ini, koordinasi dengan team marketing "offline" sangat diperlukan sehingga semua material antara offline dan online marketing dapat disinkronkan. Perlu diingat juga, penetrasi internet semakin hari semakin luas saja, apalagi jumlah pengguna internet mobile yang menggunakan mobile internet melalui smartphone maupun tablet jumlahnya meningkat signifikan. Hal ini harus menjadi pertimbangan untuk menambahkan versi website untuk pengguna mobile agar trafik dari pengunjung mobile dapat dimaksimalkan. Pada fase ini pengimplementasian branding perusahaan yang merupakan visi strategis dari managemen dapat diterapkan diwebsite.

Kedua, Setelah semua informasi dasar diatas sudah diketahui, saya akan memulai membuat strategi yang pas berdasarkan informasi tadi. Jika budget mencukupi, saya akan memulai dengan display advertising dan PPC melalui Google Adwords. Kedua tool tersebut adalah metode cepat untuk mendapatkan trafik dan segmented. Memilih website atau blog untuk Display Advertising dapat dilakukan dengan pertama-tama mencari tahu website-website atau blog-blog mana saja yang memiliki Alexa Ranking yang baik. Seperti diketahui, Alexa Ranking merupakan peringkat trafik dari seluruh website-website di internet dan dapat diketui peringkat tersebut berdasarkan negara. Setelah mendapatkan peringkat-peringkat terbaik di Alexa, saya akan memilih website-website atau blog-blog yang sesuai dengan segmentasi produk-produk yang akan dipasarkan termasuk juga harus dipertimbangkan kredibilitas dari website-website atau blog-blog tersebut.

Saya akan lanjutkan nanti ya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.