Jumat, 20 Juli 2012

SEO Tool untuk Mengetahui/Cek Kecepatan Loading Website/Blog/Toko Online dari Google

Seperti yang sudah saya bahas di posting saya sebelumnya jika kecepatan loading atau akses sebuah situs, baik itu sebuah website, blog atau toko online, merupakan salah satu parameter search engine optimization Google.

Ada sebuah SEO tool untuk mengetahui/cek seberapa baik kecepatan loading atau akses situs yang dinilai oleh Google dan disediakan juga oleh Google, yang bisa saya bilang jika tool ini merupakan SEO tool yang resmi atau official dari Google untuk mengetahui/cek kecepatan loading atau akses sebuah situs. Saya sudah mengetahui tool ini sudah lama dari teman blogger saya, Faisal Rachmadin melalui blognya di rachmadin.com

SEO tool untuk mencek atau mengetahui/cek kecepatan loading sebuah situs tersebut adalah Google PageSpeed Tool.

Google Pagespeed
Google Pagespeed
Anda tinggal memasukkan alamat domain website/blog/toko online yang ingin diketahui kecepatan loading situsnya, kemudian klik tombol 'Analyze'. Tunggu beberapa saat dan anda akan mendapatkan hasilnya sebagai berikut:

Hasil Google PageSpeed
Hasil Google PageSpeed
Jika anda ingin mencek kecepatan loading untuk situs mobile anda, pilih saja tab yang saya tandai dengan warna merah muda. Hasil dari cek kecepatan loading sebuah website/blog/toko online melalui Google Page Speed dapat dilihat pada tempat yang saya tandai dengan lingkaran hijau. Kemudian, cek semua hasil dari 'Suggestion Summary', saya biasanya mengambil yang 'High Priority" dan 'Medium Priority' untuk segera diambil tindakan pada situs yang bersangkutan.

'Suggestion Summary' akan sangat teknis, sehingga jika kita awam untuk web developing, melakukan adjustment yang ada di 'Suggestion Summary' sangat baik untuk belajar lebih jauh mengenai web developing.

SEO Tool dari Google ini lebih baik jika saya bandingkan dengan tool cek kecepatan loading website/blog/toko online yang lain karena secara teknis, tool ini memberitahukan kekurangan-kekurangan dari situs kita, sehingga kita akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan untuk seo google kita.

3 komentar:

  1. Nah ini harus saya coba untuk cek toko online saya :)

    BalasHapus
  2. sudah dicoba ni ternyata scor untuk kecepatan blogku kurang begitu memuaskan,, harus segera dibenahi ni
    terima kasih :)

    BalasHapus
  3. nice share, ttutorialnya lengkap banget

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.