Kamis, 12 Juli 2012

SEO Case Study: www.nasigorengkambingkebonsirih.com

Seorang teman berkonsultasi ke saya mengenai pembuatan sebuah website untuk usaha keluarganya, yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih yang sudah terkenal itu. Teman saya meminta dibuatkan website yang sederhana dan mudah untuk dimaintain. Setelah diskusi yang cukup panjang, akhirnya teman saya memutuskan untuk membuat blog dengan langsung membeli nama domainnya. Kami memilih Blogger/Blogspot karena proses pembuatan yang lebih mudah dan harga domain yang relatif lebih murah dibandingkan dengan yang lain.

Tidak ada target khusus untuk Search Engine Optimization (SEO) untuk blog tersebut dari teman saya, tetapi karena ada semacam kewajiban bagi saya untuk melakukan SEO Google, maka saya juga melakukan SEO Blogspot untuk blog tersebut.

Saya sama sekali tidak melakukan banyak pencarian backlink untuk SEO tetapi lebih mementingkan on page SEO, mulai dari SEO memilih nama domain, SEO judul blog, SEO judul posting, SEO gambar, SEO target geografis, internal link building dan SEO keyword density.

Persaingan untuk target keyword sangat berat, meskipun untuk long tail keyword seperti "Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih" dan "Nasi Goreng Kebon Sirih", karena harus bersaing dengan situs-situs besar seperti foursquare.com, www.okefood.com, www.mediaindonesia.com, www.tripadvisor.co.id, dll yang sudah lama berada di 10 besar Google Indonesia.

Meskipun hanya dimulai dengan beberapa posting, dalam jangka waktu 1 bulan sudah ada sekitar 1000 unique visitor yang mengakses blog ini dari pencarian Google dan mendapatkan beberapa natural backlink. Saya belum cek lagi status trafik terakhir karena sibuknya teman saya.

Setelah 4 bulan semenjak pertama kali kami membuat blog tersebut, saat ini hasil dari Search Engine Optimization Google yang saya lakukan sudah cukup baik:
  • Masuk 3 besar di SERP Google Indonesia untuk keyword "Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih"
  • Masuk 5 besar di SERP Google Indonesia untuk keyword "Nasi Goreng Kebon Sirih"
  • Masuk 5 besar di SERP Google Indonesia untuk keyword "Nasi Goreng Kambing"
  • Masuk halaman 2 di SERP Google Indonesia untuk keyword "Nasi Goreng"
Saya masih sangat optimis jika ranking-ranking di SERP Google Indonesia tersebut bisa lebih baik lagi karena masih banyak draft posting yang belum dipublikasikan karena kesibukan teman saya tadi.

Semoga SEO case study ini ada manfaatnya.

3 komentar:

  1. Aku cek saat ini posisinya masih nangkring di halaman satu, wah mantap ni seonya..

    BalasHapus
  2. kalo sy mau minta tolong utk dibuatkan spt halnya nasi kambing kebon sirih bisakah. kemana ya kontak personnya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirimkan saja data-data awal seperti jenis blog/website apakah untuk toko online atau informasi usaha & jenis usahanya apa agar saya bisa cek kondisinya di Google. Mohon maa, saya tidak bisa membantu jika blog/website yang akan dibuat bisa melanggar hukum di RI dan ajaran agama Islam. Semua datanya bisa dikirim dulu ke email address tips.ict@gmail.com.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.