Jumat, 04 Mei 2012

Algoritma Pencarian Google Terbaru (Penguin)

Tanggal 24 April 2012 kemarin, Google telah melakukan update algoritma yang disebut dengan Google Penguin yang sekitar sebulan sebelumnya sudah diinformasikan oleh tim Google. Efek untuk blog SEO ini ada keyword-keyword yang menurun peringkatnya di SERP Google dan ada yang mendapatkan sitelinks untuk keyword-keyword tertentu. Untuk keyword-keyword yang menurun peringkatnya, malah blog-blog yang melakukan copas dari artikel-artikel blog SEO Google ini yang mendapatkan peringkat lebih baik terutama untuk long tail keyword.

Jika dilihat hasil dari update algoritma Google tersebut memang agak aneh tetapi saya masih ingin melihat hasilnya dalam jangka waktu 1 bulan kedepan. Saya berusaha untuk melakukan sedikit perubahan pada blog SEO ini dan melihat hasilnya.

Update Setelah 1 Bulan Algoritma Google Penguin
Masih banyak posting atau artikel blog Search Engine Optimization ini dengan long tail keyword yang berada jauh di peringkat SERP Google, sedangkan artikel hasil copas dari blog SEO ini masih menempati 5 besar di SERP Google Indonesia. Tetapi, perlahan artikel-artikel blog SEO ini naik peringkatnya di SERP Google Indonesia tanpa ada perubahan signifikan yang saya lakukan.

Untuk short tail keyword, seperti SEO Google, Cara SEO, Dasar SEO masih tetap di ranking 5 besar Google bahkan beberapa diantaranya mendapatkan Google Sitelinks.

4 komentar:

  1. apakah pinguin lebih sadis dari panda??
    masih meraba-raba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya alami, agak membingungkan karena banyak posting blog lain yang copas artikel saya berhasil mengalahkan peringkat artikel saya sendiri :)

      Hapus
  2. Wah kenapa hasil copas malah lebih baik ya, nyebelin tu.. Gimana ni kinerja Google penguin ???
    Moga2 dari waktu ke waktu posisi blognya makin bagus Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramzi, memang agak membingungkan hasilnya sejauh ini. Terima kasih untuk supportnya.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.