Sabtu, 07 April 2012

Cara Teknik SEO Blogspot/SEO Blogger Ketika Mengganti Domain Menjadi ".com"

Teknik Cara SEO Blogspot/Search Engine Optimization Blogger ketika mengganti domain menjadi ".com"  dibawah ini adalah pengalaman saya ketika saya membeli domain melalui Google untuk blog SEO ini yang sebelumnya memakai domain dari Blogger/Blogspot (http://dasar-seo.blogspot.com). Cara teknik SEO Blogspot/SEO Blogger ini dipakai jika kita sudah cukup lama memiliki blog di Blogspot/Blogger dengan jumlah posting yang lumayan banyak. Jika sejak awal membuat blog di Blogspot/Blogger sudah membeli domain berbayar seperti .net, .com atau .org untuk blog anda, maka Teknik SEO ini tidak diperlukan. Saya tidak menjelaskan proses pembelian domain berbayar di Google (insya Allah akan saya buatkan artikel tersendiri).

Catatan: Cara dibawah HANYA untuk domain berbayar yang dibeli dari Blogspot/Blogger.

Ketika sebuah domain baru berbayar sudah kita beli di Google, otomatis Google atau Blogspot/Blogger akan melakukan 301 redirect domain .blogspot.com kita ke alamat domain yang baru dan mendaftarkannya ke Google Webmaster Tools sehingga alamat domain lama dan baru terdaftar kedua-duanya di Google Webmaster Tools.

Pergantian domain .blogspot.com menjadi .com sedikit banyak akan berpengaruh terhadap peringkat blog di Google. Yang saya alami, pada awal-awal pergantian domain .blogspot.com ke .com di Blogspot/Blogger, semua peringkat blog termasuk peringkat artikel-artikel-nya turun semua di SERP Google Indonesia. Tetapi setelah Google melakukan crawl dan index semua konten domain yang baru, peringkat-peringkat tersebut naik kembali bahkan lebih baik dari sebelumnya dan berikut yang saya lakukan setelah mengganti domain lama ke domain baru:

Mendaftarkan Sitemap Domain Baru di Google Webmaster Tools
Meskipun ketika kita membeli domain berbayar seperti .com, .net atau .org dari Blogger/Blogspot, domain baru tersebut akan otomatis akan didaftarkan ke Google Webmaster Tools tetapi kita tetap perlu mendaftarkan kembali sitemap domain baru tersebut ke Google Webmaster Tools.

Alamat URL sitemap blog dari Blogspot/Blogger dapat dilihat melalui Google Webmaster Tools domain baru di bagian "Site Configuration" kemudian ke "Crawler Access" dan ke tab "Blocked URLs (robots.txt)". Dan mendaftarkan sitemap blog dapat dilakukan di Google Webmaster Tools domain baru di bagian "Site Configuration" kemudian ke "Sitemaps".

Merubah Setting Geographic Target di Google Webmaster Tools
Geographic Target dapat diset melalui Google Webmaster Tools domain baru di bagian "Site Configuration"  kemudian di "Settings".

Mendelete Index Halaman-Halaman Web Domain Lama di Google
Secara paralel ketika Google melakukan crawl dan index di domain baru (http://www.dasar-seo.com), saya mendelete semua index domain lama dari index Google meskipun 301 redirect sudah diaktifkan oleh Blogspot/Blogger. Ada 2 alasan saya melakukan ini,
  • Pertama untuk memindahkan trafik dari domain lama ke domain baru, 
  • Kedua untuk menghindari duplicate content domain baru dengan domain lama.
Mendelete halaman-halaman web blog dari index Google dapat dilakukan melalui Google Webmaster Tools domain lama di bagian "Site Configuration" kemudian ke "Crawler Access" dan ke tab "Remove URLs".

Waktu saya melakukan hal ini untuk blog SEO Google ini, terjadi penurunan trafik yang cukup signifikan dari hasil pencarian Google dan butuh waktu sekitar 1 bulan untuk blog SEO Google ini mendapatkan kembali jumlah trafik sebelum pergantian domain.

Internal Link
Meskipun Blogspot/Blogger melakukan 301 redirect dari domain lama ke domain baru yang membuat semua URL domain lama di-redirect-kan ke URL domain baru, alangkah baiknya merubah semua internal link yang ada ke URL domain yang baru.

Yang saya lakukan adalah merubah semua internal link yang ada di setiap posting ke URL domain baru dan mencek semua internal link yang ada di tampilan Google, baik yang di sidebar maupun menu blog dan merubahnya jika tidak berubah secara otomatis.

Merubah URL internal link ini saya lakukan untuk menguatkan parameter internal link untuk Search Engine Optimization Blogspot/Search Engine Optimization Blogger domain yang baru.

Merubah URL Domain Lama ke URL Domain Baru di HTML Blog
Biasanya, jika kita membuat blog di Blogspot/Blogger, kita sering menggunakan HTML editor untuk merubah setting html source dari blog kita, misalnya ketika kita akan menambahkan meta tag. Jika di source html masih ada URL domain lama, maka ubahlah ke URL domain baru tetapi hanya merubah html code yang sebelumnya kita rubah secara manual saja.

Cara  Search Engine Optimization  Blogspot/ Search Engine Optimization  Blogger itu saja yang saya lakukan dan hasilnya Alhamdulillah lebih baik di SERP Google.

Semoga Bermanfaat.

5 komentar:

  1. Gan,,
    kalau semisal, postingannya berjumlah ribuan gimana gan?
    Dan ada sebagian postingan yang menautkan link ke posting lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dillah, saya belum punya pengalaman untuk ribuan halaman web, jadi maaf saya belum bisa menjawab lebih detil. Karena semua halaman web domain lama akan di-301 redirect-kan, jadi tidak masalah dengan akses internal link yang ada, hanya saya belum bisa mengkonfirmasi apakah internal link yang tidak dirubah tersebut masih berpengaruh terhadap SEO domain yang baru.

      Hapus
  2. header blog saya tulisan hanya nenakai huruf kecil and bukanya huruf besar...ngaruh di rangking gak..???? cz sulit bgt nembus top 10

    tolong ya...Thx's ATHAYA GROUP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak berpengaruh. Coba tambahkan tulisan yang lebih detail dengan internal link yang baik.

      Hapus
  3. Ikut menyimak artikelnya Gan :-)

    Salam,

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.