Sabtu, 17 Maret 2012

Beberapa Tips Melakukan Internet Marketing/Online Marketing untuk Pengusaha

Saat ini banyak sekali para pengusaha (bisa pengusaha kecil, menengah dan besar) yang sebelumnya tidak terlalu 'peduli' dengan mempromosikan usahanya melalui internet marketing atau online marketing, sudah mulai 'melirik' cara internet marketing. Yang saya perhatikan, banyak sekali pengusaha memerlukan terobosan marketing yang dianggap sudah stagnan melalui offline marketing sehingga internet marketing atau online marketing menjadi hal yang patut diperhitungkan.

Banyak cara yang dilakukan para pengusaha dalam melakukan internet marketing, seperti membuat website, berpromosi melalui social media seperti Facebook dan Twitter, newsletter, bahkan melalui media iklan online. Kelebihan pengusaha yang melakukan internet marketing adalah mereka sudah memiliki pengalaman secara offline dan produk-produk yang mereka miliki sudah melalui proses 'seleksi alam'. Selain mendapatkan pasar yang baru bagi produk-produk mereka, melakukan internet marketing juga sebagai wadah menjalin atau mempertahankan pelanggan tetap mereka.

Saat ini penetrasi internet di Indonesia sangat pesat. Pengguna internet Indonesia tidak hanya terkoneksi dengan internet secara nomadik tetapi sudah mulai mobile atau bergerak. Penggunaaan mobile internet melalui mobile broadband dengan smartphone dan tablet PC berkembang sangat cepat sehingga akses ke internet sudah semakin mudah. Inilah peluang besar bagi para pengusaha untuk memasarkan produknya. Pengguna internet bisa dengan mudah mencari informasi yang diperlukan melalui internet kapan saja dan dimana saja.

Ketika saya perhatikan di Facebook dan Twitter, banyak sekali pengusaha bahkan perusahaan-perusahaan besar sudah menggunakannya sebagai media promosi produk-produk mereka. Saya belum mengetahui seberapa besar efektifnya tetapi dari pengalaman saya membantu teman-teman selama ini, khususnya untuk SEO Google saja, omset usaha mereka menjadi sangat-sangat baik dari sebelumnya.

Memasarkan produk melalui internet marketing/online marketing sama seperti pada offline marketing, perlu dedikasi dan kerja keras. Jangan menganggap setelah memiliki website atau akun Facebook atau Twitter maka tidak perlu bersusah payah membuat strategi internet marketing yang baik. Bisa-bisa jika salah melakukan strategi internet marketing yang baik, akan sia-sia apa yang telah dilakukan.

Berikut adalah tips melakukan internet atau online marketing untuk para pengusaha:

Internet Marketing Perlu Dedikasi dan Kerja Keras
Persiapkan mindset kita bahwa melakukan internet marketing/online marketing sama dengan melakukan offline marketing, perlu dedikasi dan kerja keras. Sebagai contoh: internet marketing/online marketing memerlukan bahasa marketing yang sama dengan offline marketing. Internet marketing/online marketing memerlukan customer service yang sama dengan offline marketing. Semua itu memerlukan waktu, tenaga dan biaya.

Jika anda sibuk dengan bisnis yang sudah ada, tugaskanlah minimal 1 orang yang khusus menangani internet marketing/online marketing usaha anda. Karena kesibukan dengan bisnis yang sudah ada, banyak pengusaha kurang berkonsentrasi mengembangkan bisnisnya melalui internet marketing/online marketing sehingga proses internet marketing/online marketing-nya tidak berjalan dengan baik. Berbeda dengan para pengusaha yang memang melakukan bisnis-nya melalui internet, banyak dari mereka penuh dengan semangat dan dedikasi yang baik dan sukses, kemudian mengembangkan bisnis online-nya ke bisnis secara offline.

Membuat Strategi Internet Marketing yang Baik dan Tepat.
Persiapkan strategi internet marketing/online marketing yang baik. Mengintegrasikan layanan-layanan internet seperti website, search engine, social media, email/newsletter, iklan online untuk internet marketing akan mempercepat proses branding dan penjualan suatu produk. Mudahnya berinteraksi dengan prospective customer akan membantu sekali pemasaran yang dilakukan.

Strategi menggunakan tool internet untuk marketing hampir sama dengan tool marketing secara offline. Newsletter dengan email hampir sama dengan penggunaan brosur. Memasang iklan di situs berita online hampir sama dengan memasang iklan di surat kabar. Jadi, membuat strategi pemasaran secara online hampir sama dengan strategi pemasaran konvensional, hanya mekanisme-nya saja yang berbeda.

Membuat strategi internet marketing yang baik tidak cukup tetapi juga harus tepat dengan strategi bisnis yang ingin dituju. Mencapai target market yang segmented bisa dilakukan melalui AdWords Google dan Facebook, berbeda dengan melakukan internet marketing melalui newsletter atau email.

Membuat Mudah Akses untuk Customer Service
Melayani pelanggan tetap menjadi kekuatan utama dalam melakukan internet marketing. Mempermudah akses untuk melakukan customer service harus diantisipasi dari awal sehingga setiap response dari prospective customer dapat dilayani dengan baik. Saya mempunyai pengalaman mendapatkan pelayan yang sangat baik dari sebuah online store karena barang yang saya pesan belum saya terima setelah batas waktu yang dijanjikan. Karena customer service yang baik, saya menjadi sangat nyaman berbelanja online disana. Jadi bagi saya, customer service yang baik adalah bagian dari internet marketing untuk menaikkan citra pelayanan. Response yang cepat dan baik akan membuat branding merek dagang kita juga semakin baik.


Saat ini baru itu yang bisa saya sarankan untuk teman-teman pengusaha jika ingin memulai internet marketing/online marketing. Jika ada pengalaman saya yang lain, saya akan update posting ini.

Sekali lagi, jika kita sudah terbiasa melakukan offline marketing, maka melakukan internet marketing/online marketing memiliki dasar yang sama, hanya media-nya saja yang berbeda.

3 komentar:

  1. memang bener sob, SEO itu gampang2 susah, yang penting niat dan ketekunan untuk mendapatkan hasilsesuai target.

    info yg bagus sob buat para teman2 yg ingin belajar SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya bukan hanya SEO saja tetapi lebih luas adalah untuk melakukan internet marketing yang komplit.

      Hapus
  2. terimakasih untuk tips2 nya sob..
    dari blog ini,saya paling suka membaca tips yang berkaitan dengan SEO untuk toko online.
    sangat membantuk sekali sob.

    salam damai kami sepanjang hari..

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.