Selasa, 17 Januari 2012

Mengaktifkan Arsip atau Archive di Blog Blogger/Blogspot untuk SEO Google


Widget Arsip Blog
Arsip blog atau blog archive di blog Blogger atau blog Blogspot mempunyai keuntungan untuk SEO Google. Beberapa Pakar SEO beranggapan jika mengaktifkan arsip blog atau blog archive dapat memberikan efek duplicate content yang tidak direkomendasikan oleh Google, tetapi sejauh ini saya berpendapat kebalikannya. Mengaktifkan arsip blog atau blog archive memberikan keuntungan tersendiri bagi parameter SEO blog.

Jika mengaktifkan arsip blog atau blog archive dapat mengakibatkan duplikasi konten, maka semua posting saya tidak akan berada di posisi yang baik di SERP, sebaliknya banyak artikel-artikel blog SEO saya ini berhasil menempati 10 besar di SERP Google Indonesia bahkan menduduki peringkat ranking 1. Oleh karena  itu, sejauh ini, mengaktifkan blog arsip atau blog archive di blog Blogger/Blogspot tidak mengakibatkan duplikasi konten atau duplicate content.

Karena setting robots.txt untuk arsip blog atau blog archive di blog Blogger atau blog Blogspot dibuat dofollow, maka semua halaman arsip blog atau blog archive di-index oleh Google, hal ini berbeda untuk halaman Labels yang diset nofollow. Ketika mengaktifkan fungsi arsip blog atau archive blog di Blogger/Blogspot sebenarnya hampir sama dengan menambahkan Tag dan Categories di WordPress yaitu penambahan halaman web secara otomatis oleh Blogger/Blogspot.

Setiap halaman arsip blog atau blog archive mempunyai kelebihan untuk Search Engine Optimization Google antara lain:
Jika kita menambahkan widget "Arsip Blog" atau "Blog Archive" di blog kita, maka proses crawl dan index Google dengan googlebot-nya dapat menjangkau halaman-halaman blog lain yang tidak terdaftar di sitemap standar Blogger/Blogspot yang hanya mencakup 26 halaman artikel terbaru. Hal ini dikarenakan setting robots.txt yang dofollow.

Cara teknik SEO untuk SEO Blogger atau SEO Blogspot ini saya pakai di blog SEO Google ini dengan setting arsip blog atau blog archive per minggu karena saya ingin menambahkan keyword density dari tampilan blog saya selain dari halaman-halaman artikelnya. Secara tampilan blog memang tidak terlalu bagus tetapi dari efek Google SEO yang dihasilkan cukup memuaskan saya.

4 komentar:

  1. Setuju dengan ulasan anda mas,,
    tapi kayak nya jika arsip di buat perhari ga bagus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anza, jika arsip-nya dibuat tiap hari memang agak kurang enak dilihat. Terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

      Hapus
  2. benarkah? kupikir kalo ngaktifin bakal kena banned loh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurmayanti, tidak kena banned sejauh ini :) terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.