Sabtu, 14 Januari 2012

Google Sitelinks untuk Blog SEO ini

Google Sitelinks untuk Keyword dasar-seo.com
Google Sitelinks untuk Keyword "dasar-seo.com"

Alhamdulillah, blog SEO ini berhasil mendapatkan Google Sitelinks di SERP dari beberapa keyword hasil pencarian di Google Indonesia. Baru 1 keyword di SERP yang menghasilkan Google Sitelinks seperti gambar diatas dan beberapa beberapa keyword dengan Google Sitelinks yang lebih kecil seperti gambar dibawah (saya tandakan dengan warna hijau).

Google Sitelinks untuk Keyword Dasar SEO
Google Sitelinks untuk Keyword "Dasar SEO"


Google Sitelinks untuk Keyword Ilmu SEO Google
Google Sitelinks untuk Keyword "Ilmu SEO Google"

Apa itu Google Sitelinks? Google sitelinks adalah tambahan link-link sebuah blog atau website yang bersangkutan yang berada di SERP dibawah hasil pencaian Google. Google algoritma akan memberikan Google Sitelinks pada situs-situs yang dianggap paling relevan dengan keyword yang dimasukkan pada pencarian Google. Google Sitelinks ada yang 2, 4 dan 6 link dibawah link domain situs yang diberikan.

Jika saya ditanya bagaimana cara mendapatkan Google Sitelinks, secara teknik SEO, saya belum bisa menjawab tetapi saya bisa menyimpulkan kalau Google akan memberikan Google Sitelinks jika relevansi blog yang bersangkutan dengan keyword pencarian di Google sangat baik.

Dari pengalaman memperhatikan Google Sitelinks untuk blog atau website yang lain, memang relevansi dari blog-blog atau website-website tersebut sangat relevan dengan keyword pencarian. Belum tentu juga jika sebuah blog atau website jika keyword pencariannya di Google memakai nama domain blog atau website tersebut menghasilkan SERP dengan Google Sitelinks.

Contoh Google Sitelinks pada gambar pertama diatas sepertinya akan diberikan oleh Google jika algoritma Google menilai sebuah blog atau website yang paling relevan untuk keyword yang dimasukkan pada pencarian Google.

Banyak Pakar Search Engine Optimization berpendapat jika sebuah blog atau website diberikan Google Sitelinks seperti diatas, blog atau website tersebut telah telah memakai cara teknik SEO yang direkomendasikan oleh Google dan mendapatkan 'trust' yang baik dari Google. Jika demikian, saya bersyukur sekali jika blog Search Engine Optimization saya ini telah 'dinilai' seperti itu oleh Google.

Google Sitelinks pada gambar pertama diatas akan diberikan pada ranking 1 Google di SERP dan Google Sitelinks pada gambar berikutnya bisa pada ranking 1 maupun pada ranking-ranking dibawahnya.

Jika banyak Pakar SEO berpendapat jika Google Sitelinks hanya diberikan pada ranking 1 Google yang blog atau website tersebut telah secara konsisten menduduki peringkat tersebut tetapi yang saya perhatikan berbeda., banyak juga index blog atau website yang berada dibawah ranking 1 SERP tetapi mendapatkan Google Sitelinks seperti gambar nomor 2 dan 3 diatas. Jika saya perhatikan, Google Sitelinks pada gambar nomor 2 dan 3 diatas adalah proses awal untuk mendapatkan Google Sitelinks pada gambar pertama.

Oleh karena itu, cara untuk mendapatkan Google Sitelinks bertahap dan langkah melakukan teknik Search Engine Optimization yang direkomendasikan oleh Google adalah langkah awal untuk mendapatkan Google Sitelinks.

13 komentar:

  1. kok bisa, mantaps boss :D

    Regards!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya bisa, sampeyan pasti jauh lebih bisa :)

      Hapus
  2. tmbh ilmu saya...bru bkin blog sya msh bingung...mksh pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar saja pelan-pelan nanti juga ahli :)

      Hapus
  3. butuh waktu kyaknya agar google memberikan sitelink.
    blog saya sdh dapat, tapi khusus keyword link url blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waloetz, proses-nya lumayan perlu waktu tapi kalau kita konsisten, insya Allah cepat.

      Hapus
  4. ThanksInfonya...
    BlogSyaGakDpet2 :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ariel, nanti juga dapat, konsisten saja dengan niche yang kita targetkan di SERP Google.

      Hapus
  5. heheh.. mantap om..
    pengen cepat dapat juga.. :)
    makasih atas infornya.

    BalasHapus
  6. Sahabat ada yang ingin saya tanyakan ketika membaca artikel ini, saya jadi merasa bingung, jadi begini, pada tanggal 13 oktober 2012 saya mendapatkan Sitelink sebagai salah satu perghargaan menurut saya, ketika dengan menggunakan keyword Kraeng Francisco, namun setelah itu pada tanggal 27 oktober ketika menggunakan keyword Kraeng Francisco sitelink saya tidak muncul pada SERP. yang membuat saya bingung disini pada blog sobat menggunakan 2 keyword namun tetap dimunculkan pada SERP, apa benar sitelink hilang atau keyword yang telah berubah pada SERP? mohon bantuan sahabat jika ada solusi untuk menentukan kata kunci yang tepat? Sebelumnya trima kasih, Salam sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pendapat saya, tetap sitelink merupakan "hadiah" dari Google. Jangan terpaku dengan sitelink tetapi lebih mengutamakan konten blog yang berkualitas supaya pengunjung blog kita tetap setia. Google Sitelink kadang muncul dan kadang menghilang, kalau saya perhatikan karena proses re-indexing dari Google, mudah-mudahan nanti muncul lagi.

      Hapus
    2. Trima kasih sobat sayapun berpendapat yang sama, sebaiknya lebih mengutamanakan konten yang berkualitas dan dapat memberikan apa yang kita ketahui kepada orang lain lebih besar pahalanya hehe, Salam sahabat

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.