Selasa, 10 Januari 2012

Teknik Cara Membuat Blog Terdaftar dan Mudah Dicari/Ditemukan di Google

Artikel cara membuat blog terdaftar dan mudah dicari/ditemukan di search engine seperti Google ini saya buat karena banyak dari blogger pemula yang benar-benar awam mengenai SEO Google. Saya mohon maaf jika pembahasan yang sama sudah pernah saya ulas di artikel lain di blog SEO ini. Maksud lain pembuatan artikel ini agar para blogger pemula dapat memahami proses SEO (search engine optimization) dari awal.

Cara membuat blog agar terdaftar di search engine seperti Google dimulai dari proses crawl dan index Google. Proses crawling dan indexing Google untuk sebuah website atau blog bisa secara natural atau bisa juga dipercepat. Mempercepat index Google merupakan salah satu langkah awal agar sebuah blog dapat dengan mudah dicari/ditemukan di pencarian Google. Setelah sebuah blog terdaftar atau dengan kata lain terindex di Google, belum tentu blog tersebut berada di posisi atau ranking yang baik di hasil pencarian Google atau SERP. Untuk menaikkan posisi atau ranking blog di SERP harus melalui suatu proses dengan teknik tertentu yang disebut Search Engine Optimization atau SEO.

Banyak sekali pertanyaan kepada saya, terutama para pebisnis online dengan toko online mereka, bahwa toko online mereka tidak dapat diketemukan di Google. Memulai belajar SEO Google agar toko online maupun blog dapat terdaftar dan mudah ditemukan di Google menjadi suatu keharusan. Belajar SEO Google bisa melalui blog SEO ini karena teknik dasar SEO sudah saya publikasikan melalui artikel-artikel sebelumnya.

Jadi, membuat blog terdaftar di Google hanya merupakan langkah awal agar sebuah blog bisa dengan mudah dicari/ditemukan melalui Google dan mendapatkan trafik dari hasil pencariannya. Dengan mudahnya sebuah blog atau toko online dicari/ditemukan melalui Google, trafik yang dihasilkan juga akan meningkat. Dari trafik tersebut dapat dikonversikan menjadi nilai yang diinginkan oleh pemilik blog atau toko online.

Membuat blog dengan branding yang baik tidak mudah, perlu kerja keras dan konsistensi. Jika branding sebuah blog atau toko online sudah baik, trafik yang datang perlahan akan bertambah dari trafik langsung tanpa melalui search engine seperti Google. Masih banyak cara melakukan branding sebuah blog atau toko online selain melalui Google. Cara berpromosi melalui social media seperti Facebook, Twitter dan Google+ bisa menjadi tambahan metode internet marketing yang baik.

Untuk melakukan cara daftar blog di Google bisa di lihat di posting saya mengenai cara mendaftar blog di Google Webmaster Tools.

 Semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. mantab,, saya mau baca lagi lanjutanya,,,

    BalasHapus
  2. artikel yang berguna untuk newbie , thanks
    titip link saya mas yah,

    http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus dan juga info yang cukup menarik bro dan salam kenal dari mico pulau seberang ok makasi thanks a lot pall

    BalasHapus
  4. Mampir blog baru gw juga gan.. yah, skedar ninggalin komen.. :D

    BalasHapus
  5. thanks artikel2 SEO nya,, Ternyata mempelajari SEO tidak semudah yang saya bayangkan....butuh waktu dan kesabaran...

    BalasHapus
  6. makasih pak,ilmunya.langsung dipraktekin aja deh..

    BalasHapus
  7. info yang luar biasa bagi saya yg baru blajar bikin Blog

    BalasHapus
  8. thanks banget ni jadi tambah paham tentang blog. silahkan berkunjung di http://riskymandala.blogspot.com/ thanks

    BalasHapus
  9. mantab gan.. jalan2 ke blog ane ya, baru buat,. kasih saran yang bagus di kolom komentar yah :)

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.