Sabtu, 21 Januari 2012

Blog Berkarakter

Membuat dan mempunyai sebuah blog adalah langkah penting bagi seorang blogger pemula. Pada proses awal pembuatan blog, biasanya seorang blogger pemula akan sedikit atau banyak akan bingung untuk 'memilih' tema atau niche apa yang akan ditulis di blognya. Hal ini saya dan beberapa teman blogger saya alami pada awal-awal membuat blog. Suatu proses yang wajar, bisa jadi jika proses ini tidak berhasil dilewati dengan baik, maka semangat untuk nge-blog akan menjadi rencana saja.

Jika sudah mendapatkan niche atau tema sebuah blog, langkah berikutnya yang berat adalah membuat konten. Berpikir instan akan menyebabkan seorang blogger akan membuat konten dengan cara instan juga. Proses membuat konten inilah yang menjadi inti dari blogging. Konten adalah bisa berupa artikel, gambar, video atau multimedia.

Jika saya perhatikan dari blogwalking yang saya lakukan, blog-blog yang paling enak untuk dikunjungi adalah blog-blog yang mempunyai karakter tersendiri. Begitu juga dengan blog-blog yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung, baik itu blog dari blogger Indonesia maupun dari blogger dari negara lain, ciri yang paling melekat di blog-blog tersebut adalah karakter dari konten blog yang unik. Unik dari tema maupun unik dari cara penyampaian tema tersebut melalui tulisan yang menarik.

Karakter sebuah blog bisa jadi dari karakter pemiliknya.Sejauh ini, saya melihat blog yang berkarakter adalah blog yang mempunyai konten yang orisinil meskipun konten yang dibuat sangat sederhana. Hampir semua blog-blog yang terkenal di antara blogger Indonesia, dibuat dari ide, tema dan penulisan yang orisinil dan berbeda, dari sanalah blog-blog tersebut terkenal.

Jika ada beberapa blog dengan niche atau tema yang sama, maka akan diketahui blog mana yang paling nyaman untuk kita telusuri lebih jauh bahkan kita akan menunggu-nunggu update kontennya yang terbaru. Perlahan, follower untuk blog kita akan bertambah yang akan memberikan keuntungan dikemudian hari.

Oleh karena itu, buatlah blog berkarakter, jangan takut konten atau artikel kita sangat sederhana, yang paling penting adalah konten yang orisinil dan berbeda dari blog yang lain.


3 komentar:

  1. Blogwalking againt's.
    Artikel yang membangun, Kawan.
    Akan segera saya praktekan di blog saya.
    Terima kasih, sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Ifan terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    BalasHapus
  3. wah menarik sekali artikelnya good job,,, jgan lupa berkunjung ke blog aku juga ya .. trims

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.