Rabu, 11 Januari 2012

Backlink Nofollow yang Wajib Dicari

Backlink Nofollow yang wajib dicari tidak sesuai dengan kebiasaan umum yang biasa dilakukan para blogger maupun pakar SEO. Kebiasaan yang dilakukan adalah mencari backlink Dofollow yang berasal dari halaman web ber-pagerank tinggi.

Sejauh ini yang saya ketahui ada 2 sumber backlink nofollow yang wajib dicari blogger untuk blog-blog mereka. Kedua backlink nofollow tersebut berasal dari 2 social media yang sudah dikenal secara luas yaitu Facebook dan Twitter. Meskipun backlink-backlink dari Facebook dan Twitter adalah backlink nofollow tetapi Google memberikan penilaian lebih terhadap backlink-backlink nofollow tersebut.

Cara mudah mendapatkan backlink dari Facebook dan Twitter adalah dengan membuat tautan posting blog di Facebook Page dan melakukan tweet dengan tautan posting blog di Twitter.

Cara yang lebih sulit adalah dengan mendapatkan backlink dari proses interaksi sosial melalui blog. Disinilah fungsi widget "Share" atau "Like" di Facebook atau tombol "Tweet" untuk Twitter. Jika pengunjung blog meng-klik widget-widget tersebut, maka Facebook akan membuat sebuah halaman web yang menautkan link halaman web tersebut. Untuk Twitter, setiap tweet yang dilakukan akan terdaftar di status tweet yang melakukannya. Kelebihan di Twitter adalah jika tweet tadi di retweet lagi oleh follower, maka backlink yang dihasilkan akan berlipat ganda. Hasil backlink nofollow dari interaksi social media tersebut dapat dilihat di Google Webmaster Tools di bagian "Links to your site".

Selain mendapatkan backlink dari Facebook dan Twitter, algoritma Google juga menghitung interaksi social media yang terjadi di blog sehingga blog akan lebih SEO friendly. Oleh karena itu, bagi yang belum membuat widget-widget social media di blog, mulailah menambahkannya.

11 komentar:

  1. Memang dahsyat link dari dua Social media ini. Saya rajin share di fb sama twitter dan hasilnya gak mengecewakan

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tipsnya. Akan saya terapkan juga di blog.

    BalasHapus
  3. mantap pak ini sangat bermanfaat untuk kami yang pemula

    http://rentalmobilmakassar.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. mantap jaya...segera meluncur..

    BalasHapus
  5. rumit bgt yang ini, tp saya harus belajar terus

    BalasHapus
  6. apa banklink nofollow juga di hitung mbah google mastah?? katanya cuma dofollow aja? hee maklum gan blogger newbie

    BalasHapus
  7. Saya akan coba praktekan apa yg telah agan sampaikan.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.