Senin, 05 Desember 2011

Perbanyak Target Keyword Blog atau Website Anda di SERP Google

Perbanyak Target Keyword Blog atau Website Anda di SERP Google perlu dilakukan untuk menaikkan pengunjung blog atau website kita, jika kita mengandalkan Google sebagai sumber utama trafik pengunjung blog atau website kita.

Niche blog atau webiste adalah tahap pertama menentukan target keyword di SERP Google. Niche blog atau niche website adalah tema konten dari sebuah blog atau website. Dengan niche yang terfokus, maka membuat target keyword di SERP Google akan jauh lebih mudah. Jika anda membuat banyak niche, usahakan fokus dulu di satu niche kemudian ke niche yang lain.

Sebagai Contoh:
Jika anda membuat sebuah toko online khusus sepatu, maka niche dari toko online tersebut adalah sepatu. Dan target keyword yang memungkinkan dari "Sepatu" bisa menjadi "Sepatu", "Sepatu Anak", "Sepatu Bayi", "Sepatu Laki-Laki", "Sepatu Perempuan", "Sepatu Kerja" dan lain lain. Jika sudah berkembang, masukkan niche atau produk lain seperti "Kaos Kaki".

Memiliki target keyword yang banyak akan mempermudah kita membuat rencana konten yang akan dibuat. Jika sebuah toko online, maka tidak hanya memberikan ide produk apa yang akan dijual tetapi juga mempersiapkan rencana budgeting untuk usaha anda. Dari membuat target keyword dan rencana membuat konten tersebut akan memberikan gambaran yang sangat baik untuk pengembangan blog atau website. Alangkah baiknya jika target-target keyword tersebut dicatat dengan baik agar tidak lupa.

Memperbanyak target keyword blog atau website di SERP Google harus dengan cara SEO yang bertahap. Langkah-langkah SEO yang dilakukan hampir sama, hanya saja ide dan pemikiran lebih yang diperlukan. Ide dan pemikiran yang segar sangat diperlukan untuk membuat konten-konten yang relevan dari target keyword tersebut karena konten merupakan tulang punggung dari teknik SEO. Disinilah kreatifitas utama dari seorang blogger atau internet marketer (pelaku internet marketing) agar blog dan produk yang dipasarkan dapat memberikan keuntungan tersendiri.

Bagaimana cara membuat target keyword di SERP Google?

Kalau saya, saya akan membuat Long Tail Keyword terlebih dahulu kemudian memotong satu per satu kata yang ada di keyword tadi menjadi Short Tail Keyword. Dengan begini, kita menargetkan keyword-keyword yang memiliki persaingan lebih ringan terlebih dahulu, baik dari sisi jumlah maupun dari parameter Search Engine Optimization dari pesaing-pesaing kita di SERP Google. Dengan cara Search Engine Optimization seperti ini, kita akan mengetahui kekuatan SEO dari blog atau website kita dan dapat melakukan setting SEO semenjak awal blog kita dibuat, jangan sampai ketika blog atau website kita sudah memiliki banyak konten. Kenapa? karena akan rumit dan repot sekali untuk melakukan SEO jika blog atau website kita sudah memiliki konten yang banyak, bisa-bisa kita butuh konsultan Search Engine Optimization untuk itu :) Jika sudah terlanjur, mulai saja adjustment Google SEO secara bertahap dari konten yang paling awal sambil kita membuat konten yang baru. Perlu diingat untuk selalu melakukan research keyword terlebih dahulu di Google Keyword Tools.

Sebagai Contoh:
Buatlah Long Tail Keyword dari keyword "Sepatu Anak" seperti "Sepatu Anak-Anak Murah Lucu". Kemudian secara perlahan jika keyword tersebut sudah mempunyai peringkat baik di SERP Google, potonglah satu per satu kata yang ada di keyword tersebut menjadi Short Tail Keyword menjadi "Sepatu Anak-Anak Murah", "Sepatu Anak-Anak Lucu", "Sepatu Anak-Anak" dan kemudian "Sepatu Anak".

Cara Memperbanyak Target Keyword Secara Natural.

Cara memperbanyak target keyword di SERP Google secara natural dan yang paling efektif adalah dengan membuat KONTEN, KONTEN dan KONTEN. Dengan membuat konten berkualitas akan menambahkan keyword density blog/website yang akan sangat baik untuk SEO blog atau SEO Website. Keyword density yang dihasilkan bisa sangat bervariasi yang bisa menghasilkan keyword-keyword lain di SERP Google diluar target kita. Hal ini juga bisa memberikan 'pintu-pintu' trafik lain dari SERP Google untuk blog atau website kita.

Sebagai Contoh:
Dengan menjual "Sepatu" dan memberikan deskripsi produk yang lengkap termasuk bahasa marketing yang baik di setiap posting "Sepatu" dengan banyaknya keyword "Murah" dan "Lucu" di konten toko online tersebut, maka keyword-keyword yang mungkin dihasilkan di SERP Google bisa menjadi "Sepatu Anak Laki Lucu", "Sepatu Perempuan Lucu", "Sepatu Perempuan Murah", "Sepatu Kerja Murah" dan bisa juga menjadi "Sepatu Kerja Perempuan Murah dan Lucu".

Sekali lagi, dengan memperbanyak target keyword blog atau website kita di SERP Google dan menerapkan SEO Google yang baik dapat memberikan sumber-sumber trafik dari keyword-keyword diluar target keyword kita melalui pencarian Google.

5 komentar:

  1. Makin lama, makin bagus aja nich Artikel'nya ... :)

    Memperbanyak Target Keyword adalah teknik yg belum Kepikiran Sebelumnya ...
    Pantesan aja waktu saya ketik "Cara Ranking 1 di Google" blog seo ini nangkring di 10 besar Google.. :)

    Saya mau tanya untuk Keyword yg long sama Keyword Link ...
    untuk judul artikel ini "Perbanyak Target Keyword Blog atau Website Anda di SERP Google"

    tapi Link html ny "http://www.dasar-seo.com/2011/12/perbanyak-target-keyword-blog-atau.html"

    Apa kalau KW di Judul dan di link nya berbeda, akan mempengaruhi Seo kah ??

    Terimakasih ... :D

    BalasHapus
  2. karna saya pake wordpress, jadi gampang banget buat pasang keyword yang sedikit banyak di blog! walaupun saya harus memperhatikan keywordnya & jumlah keyword supaya ga di banned!

    BalasHapus
  3. @Dadan: Dadan bisa membaca posting-posting saya di lable "SEO URL". Menurut saya, URL tidak terlalu mendominasi parameter SEO tetapi akan membantu menaikkan relevansi.

    @Afiv: Memang harus hati-hati untuk keyword density.

    BalasHapus
  4. ini adalah salah satu cara mengSEOkan blog kita dengan caa yang benar dan tidak cara hitam...
    semoga dengan banyaknya kontes SEO tidak membuat sampah google semakin banyak

    BalasHapus
  5. Fazza, mengenai kontes SEO, bagi saya adalah tempat kita mencoba teknik SEO kita dan bersaing dengan teknik-teknik SEO yang lain.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.