Jumat, 09 Desember 2011

"Kue Ulang Tahun" - Contoh Memperbanyak Target Keyword di SERP Google

Artikel ini hanya untuk pembahasan Search Engine Optimization atau SEO yang dilakukan untuk sebuah blog atau toko online http://dapurcorina.blogspot.com yang menerima pesanan pembuatan bermacam kue termasuk Kue Ulang Tahun dan Cup Cake. Jika anda ingin memesan kue ulang tahun atau cup cake, silahkan saja browse blog atau toko online tersebut.

Dari posting sebelumnya mengenai cara memperbanyak target keyword di SERP Google, berikut ini adalah contoh memperbanyak target keyword di SERP Google yang saya dan pemilik blog lakukan untuk target keyword "Kue Ulang Tahun".

Jika anda membaca posting saya mengenai case study SEO untuk http://dapurcorina.blogspot.com, maka posting ini berhubungan dengan itu. Berjalannya waktu dengan menambahkan konten melalui posting-posting yang relevan dan niche yang fokus, perlahan dan pasti blog tersebut berhasil masuk 10 besar di Google Indonesia dengan keyword-keyword yang berhubungan dengan keyword "Kue Ulang Tahun".

Tidak hanya SEO yang menghasilkan peningkatan trafik dari Google yang signifikan tetapi juga CRO yang saya sarankan, agar seorang pengunjung dapat melakukan browse lebih jauh dan terbukti pageviews/user juga lumayan tinggi. Selain itu saya yakin penjualan yang dihasilkan juga meningkat terbukti dengan jumlah posting baru yang bertambah tiap minggu-nya :)

Awalnya, saya dan pemilik blog menargetkan long tail keyword "Kue Ulang Tahun Anak" dan menghilangkan kata per kata dari target keyword tersebut sehingga target keyword bertambah menjadi "Kue Ultah Anak" dan kemudian "Kue Ulang Tahun".

Keyword Kue Ulang Tahun Anak di SERP Google Indonesia
Keyword Kue Ulang Tahun Anak di SERP Google Indonesia

Keyword Kue Ultah Anak di SERP Google Indonesia
Keyword Kue Ultah Anak di SERP Google Indonesia

Keyword Kue Ulang Tahun di SERP Google Indonesia
Keyword Kue Ulang Tahun di SERP Google Indonesia

Untuk keyword "Kue Ulang Tahun" posisinya belum terlalu stabil tetapi sudah bisa dijadikan patokan untuk adjustment SEO lebih lanjut agar posisinya stabil.

Tidak hanya keyword-keyword diatas yang berhasil masuk 10 besar Google Indonesia, keyword-keyword lain seperti: "Gambar Kue Ulang Tahun Anak", "Gambar Kue Ulang Tahun", "Cup Cake Ulang Tahun" dan masih banyak keyword yang berhubungan dengan "Kue Ulang Tahun" juga berhasil masuk ke 10 besar Google Indonesia, ada yang ranking 1 bahkan ada 3 posting yang masuk ke 10 besar Google Indonesia.

Jika anda cek backlink blog tersebut, maka sedikit sekali backlink yang ada. Saya memang menganjurkan ke teman si pemilik blog hanya mengandalkan konten dan internal link saja dengan teknik-teknik SEO yang disarankan oleh Google. Oleh karena itu apakah konten atau backlink yang utama? untuk target keyword yang banyak dari niche yang sama, maka konten yang utama.

Teman saya, si pemilik blog sendiri yang melakukan SEO Google tanpa harus tergantung oleh saya. Ketika istrinya membuat posting, kemudian beliau yang melakukan teknik SEO yang saya sarankan. Saya hanya memberikan cara-cara adjustment yang perlu dilakukan tanpa saya terlibat langsung secara teknis dalam adjustment tersebut. Saya hanya mengedepankan keyword dari niche "Kue Ulang Tahun" saja, sedangkan blog tersebut berhasil mendapatkan trafik dari niche yang lain karena pemilik blog sudah tahu cara-cara SEO yang diperlukan untuk itu.

Kelebihan dari toko online "Kue Ulang Tahun" teman saya ini adalah kontennya yang kuat. istri beliau selalu melakukan update blog-nya dengan baik dari pesanan-pesanan yang sudah dibuat, sehingga blog mempunyai konten yang fresh dan lumayan unik. Sekalian berbisnis, maka SEO Google untuk blog-nya semakin kuat.

Karena saya tahu teman saya itu suka membaca blog SEO saya ini :) maka saya mau memberikan saran agar  target keyword lain seperti "Cara Membuat Kue Ulang Tahun", "Kue Ultah", "Cup Cake" dan "Resep Kue Ulang Tahun" berhasil 'ditaklukkan' di 10 besar Google Indonesia juga karena saya tahu istri beliau suka berbagi resep dan cara membuatnya :)

Sekali lagi, menargetkan banyak keyword di SERP Google akan memberikan trafik yang baik untuk blog atau toko online anda.

15 komentar:

  1. menarik sekali blognya bang andri..saya nyimak dan baca satu2 tulisan bang andri..

    sdkit prtnyaan nih bang, sy kmren ikut-ikutan kontes seo dgn keyword 'seribu pernak pernik ponsel android'. Hampir 2 mnggu nongkrong manis page one, setelah bbrp hr yg lalu sya sdkit rombak sdkit tulisan sya (niatnya agar tulisan dianggap lebih fresh oleh google) tulisan saya malah terlempar ke page 5, parahnya masa bisa kalah sama blog dummy sy..
    pdhal pondasi backlink yg saya bngun lumayan kuat..
    mohon pencerahannya, ? ?

    BalasHapus
  2. Waloetz, biasanya kalau kita melakukan revisi di posting kita, Google akan melakukan re-crawl untuk halaman yang kita edit dan re-index lagi dan keseringan ranking-nya turun untuk sementara. Saya sering begitu dan butuh beberapa waktu untuk kembali ke posisi awal. Mudah-mudahan posisinya tidak berubah bahkan lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  3. kalo dari segi on page gmna bang, menurut bang andri..apa yg perlu ditmbahkan dan dikurangi...
    soalnya blog saya juga dofollow+commentluv, apa itu ckup berpengaruh ??

    BalasHapus
  4. Tambahin aja kontennya yg relevan dengan banyak gambar dgn Caption, Title Tag & Alt Tag yg relevan juga. Buat posting lain (kalau sempat & sebanyak-banyaknya) yang satu niche dengan posting untuk kontes SEO dan buat anchor link di awal atau akhir posting-posting tadi ke posting untuk kontes SEO itu. Kalau backlink sepertinya Waloetz sudah pakar-nya :D

    BalasHapus
  5. memperbanyak keyword juga bisa dengan anchor text dan alt kan mas?

    BalasHapus
  6. Afiv, untuk Alt Tag untuk gambar memang disarankan Google, untuk anchor text berdasarkan pengalaman saya iya. Biasanya untuk anchor text, saya tambahkan title tag juga.

    BalasHapus
  7. thanks bang andri, saya masih belajar juga..
    bang bisa kasih contoh kode html untuk alt tag gambar...

    BalasHapus
  8. @andri, kalau title tag pada link saya juga pakai! walau ga di semua link!

    BalasHapus
  9. @Waloetz: Waloetz bisa baca posting saya mengenai SEO Gambar.

    @Afiv: Gimana Fiv? posisi di SERP sudah lebih baik belum?

    BalasHapus
  10. lumayan bang andri, posisinya makin naik...
    kalo dikasih backlink lagi dari bang andri blh ga nih Hehe, link http://www.dasar-seo.com sdh saya tancepin di sidebar blog saya..
    mhon kerja samanya.. :D

    BalasHapus
  11. sebenranya backlink vs artikel bagus lebih kuat man si om?

    BalasHapus
  12. ketemu lagi nih bang, kunjungan ke sekian kalinya dimari..
    maaf bang masih topik sya sperti diatas..
    penilaian google.co.id sama google.com bisa dijelaskan ga bang ? dari pencarian google.com blog saya 'seribu pernak pernik ponsel android' berada di posisi 4. tapi di google.co.id berada di page 3.
    tips yg abang sarankan saya terapkan dgn baik,
    pertnyaan 2 (hehe)
    saya beranikan rombak meta tag keyword dan deskripsi dgn mngambil kata kunci kontes tsb.
    kira2 brpa lama ya bang bisa re index ??
    trma kasih..

    BalasHapus
  13. @Waloetz, saya belum sempet menaruh link artikel kontes SEO di blog ini, maaf ya.

    Untuk penilaian google.co.id dan google.com memang agak beda karena Google mempertimbangkan lokasi geo tagging. Coba deh Waloetz baca artikel saya ini http://www.dasar-seo.com/2011/08/cara-menargetkan-user-pengunjung.html

    Kalau untuk kontes SEO, Waloetz mesti membaca posting ini http://www.dasar-seo.com/2011/11/konten-atau-backlink.html karena meta tag pengaruhnya tidak terlalu besar. Untuk Blogspot, Google melakukan reindex lumayan cepat, pengalaman saya paling lama 1 minggu.

    @Deni, posting diatas bisa juga menjadi referensi apakah memilih backlink atau artikel.

    BalasHapus
  14. salam kenal mas andri, artikel yang sangat menarik mas. mengulas tentang keyword. cukup membantu saya yang sedang bingung untuk mengisi artikel2 di blog marketing saya dg keyword yg banyak. btw, setelah saya ikuti obrolan mas andri dan mas waloetz, saya jg pengen memperdalam soal backlink, cara membangung backlink yang tepat, apakah ada artikel mas yang bs membantu saya? oia, satu lg, apakah mungkin blog yg jarang update content dapat memperoleh page rank yg tinggi mas?? bagaimana cara nya? boleh bagi tips nya?

    terimakasih...
    sukses selalu...

    BalasHapus
  15. Untuk backlink, coba baca artikel saya yang ini http://www.dasar-seo.com/2011/04/link-building-strategy-backlink-yang.html

    Untuk mendapatkan Google Pagerank yang tinggi adalah dengan mendapatkan backlink dari halaman web dgn pagerank yang tinggi juga.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.