Selasa, 13 Desember 2011

Himbauan Jangan COPAS Konten atau Artikel Blog, Kenapa?

Himbauan jangan COPAS (Copy & Paste) konten, postingan atau artikel blog ini bukan melarang atau membenci para blogger yang melakukan copas posting sebuah blog, tetapi sebagai himbauan agar blog kita dapat memberikan nilai lebih bagi kita dan pengunjung blog kita.

Saya tetap berpendapat bahwa "copas" sebuah konten, postingan atau artikel blog akan sangat membantu jika kita melakukan "copas" hanya ilmu dari posting tersebut, bukan copas sebagian maupun keseluruhan konten posting atau artikel. Sering sebuah postingan atau artikel yang di-copas berasal dari sebuah proses keilmuan yang cukup panjang yang mungkin akan sulit dipahami seseorang hanya dalam hitungan jam, hari maupun bulan. Efek buruk dari kondisi ini jika kita melakukan copas adalah ketika pengunjung blog kita memberikan feedback berupa komentar, apalagi pertanyaan yang cukup dalam, maka kita akan sulit jika ilmu yang dimaksud tidak kita pahami dengan benar. Hal ini akan membuat reputasi sebuah blog akan tidak baik apalagi jika proses copas itu sudah dimulai semenjak awal dibuatnya blog. Lebih parah lagi, jika identitas si blogger ada di blog tersebut yang dapat membuat reputasinya tidak baik juga. Sama saja jika anda melakukan copas dan menerjemahkan ke bahasa lain jika ilmu konten tersebut belum anda pahami dan kuasai.

Jika kita hanya copas ilmu dari posting-posting artikel blog, mempelajarinya lebih dalam dan mempraktekkan ilmu tersebut, saya yakin kita akan bisa mempunyai sebuah postingan dengan ilmu yang sama tetapi berbeda bahasa, yang menyebabkan posting atau artikel kita itu unik dan berkualitas, unik dan berkualitas bagi pengunjung maupun bagi search engine seperti Google. Kenapa? karena kita bisa melakukan copas ilmu dari banyak posting-posting yang memiliki pembahasan yang sama sehingga pengetahuan kita juga lebih luas dari posting-posting yang kita copas ilmunya tadi.

Copas konten posting atau artikel blog SANGAT SANGAT tidak disukai oleh sebagian search engine seperti Google, Yahoo! maupun Bing. Algoritma pencarian mereka sudah sangat kompleks dan baik yang dapat mendeteksi sebuah posting atau artikel itu adalah hasil copas atau bukan dari proses algortima duplicate content mereka. Jadi percuma saja jika kita melakukan copas sebagian bahkan seluruh isi konten posting atau artikel sebuah blog, search engine secara otomatis akan mengetahui.

Salah satu syarat SEO Google yang paling utama, baik itu SEO Blogspot atau SEO Blogger maupun SEO WordPress adalah konten yang unik dan berkualitas. Apalagi saat ini Google sedang fokus untuk mengurangi spam di hasil pencarian mereka yang menyebabkan blog-blog hasil copas akan ter-index jauh di SERP Google. Hal ini sama saja menjadikan effort kita melakukan copas menjadi sia-sia. Ada etika yang baik di antara blogger yaitu menambahkan link sumber posting atau sumber artikel yang di-copas. Hal ini baik secara etika diantara para blogger tetapi tetap saja search engine akan melihat posting tersebut sebagai duplicate content. Lebih parah lagi, melakukan copas dari blog A tetapi link-nya ditulis dari blog B :)

Oleh karena itu, sekali lagi, himbauan saya bagi yang melakukan copas konten posting blog adalah sebagai berikut:

  • Hanya melakukan COPAS ILMU dari konten posting atau artikel blog.
  • Pelajari ILMU tersebut.
  • Cari referensi dari blog yang lain dengan pembahasan ILMU yang sama.
  • COPAS lagi ILMU-ILMU dari konten posting-posting tersebut.
  • Pelajari lagi ILMU-ILMU tersebut.
  • Praktekkan ILMU-ILMU tersebut.
  • Jika sudah siap, tuangkan dan tuliskan ILMU-ILMU yang sudah anda dapatkan, pelajari dan praktekkan kedalam sebuah posting atau artikel blog dengan pemahaman anda sendiri dan publikasikan . Dengan begini, konten yang dihasilkan akan memiliki bahasa dan struktur pembahasan yang berbeda dari posting-posting yang lain. Ini yang menyebabkan sebuah konten itu unik, baik dan berkualitas.
Percaya deh, jika kita melakukan proses diatas, kita akan sangat dihargai pengunjung blog kita bahkan oleh search engine karena konten yang unik, baik dan berkualitas.

13 komentar:

  1. Saya kebetulan memakai jasa TYNT mas. Jadi setiap ada yang copas artikel saya, maka di bawah artikel akan muncul live link yang menuju artikel asli. Jadi selain kita dapat backlink gratis, kita juga dapat tahu siapa yang mencopas artikel kita. Kalau ada sobat blogger yang keberatan artikelnya dicopas, bisa protes langsung ke si copaser.

    BalasHapus
  2. ane dah kapok gan maen COPAS.

    BalasHapus
  3. @Leo, info yang menarik nanti saya coba cek deh.

    @Video Holic, kalau boleh tahu kenapa kapok? siapa tahu bisa jadi pembelajaran baik untuk yang lain. Thanks.

    BalasHapus
  4. biarkan saja mas, sekarang google kan sedang menerapkan aligoma baru yaitu men de-index blog copas dan spam. tapi kalau itu belum optimal, pasang DMCA aja! nanti kalau ada yang copas tinggal di TAKE DOWN dan kalau terbukti benar blog yang mengcopas itu akan di De-Index oleh google dalam waktu lama :D

    BalasHapus
  5. isi daftar hadir dulu deh mas, hehe..

    waduh, kayanya fenomena blogger copaser makin mewabah nih!

    wah, canggih juga tuh tools yang digunain sama yang comment paling atas!

    BalasHapus
  6. @Afiv, saya juga lagi consider untuk memakai DMCA tetapi masih mencari banyak referensi untuk itu. Blog SEO ini di copas tidak apa-apa kalau untuk menyebarkan ilmu yang saya share.

    @arie, saya tertarik dengan plug-in yang Leo sebutkan. Saya mau coba ah di draft blog WordPress saya.

    BalasHapus
  7. Apalagi sekarang Google Panda lagi galak-galaknya,hehe Saya pribadi juga sebisa mungkin menghindari copas dari artikel orang lain. Kalopun dapet inspirasi pengen buat posting dari artikel yang udah ada ya saya pelajari dulu, terus saya posting dengan bahasa sendiri.

    Trims mas.

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas pencerahannya. Memang betul demikian.

    BalasHapus
  9. @Andri Yudistira : Saya bikin blog mengenai spesifikasi handphone. Isinya tentu sama dengan blog sejenis, dan datanya saya olah dari beberapa blog dan sumber yg lain. Saya hanya mencoba menampilkan dengan format yg lebih sederhana. Apa itu juga termasuk Copas?
    Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau konten tersebut memakai bahasa kita sendiri meskipun kita terinspirasi dari sumber lain akan lebih baik.

      Hapus
  10. Kalau sudah terlanjur copas dan sudah terindex google, gimana caranya biar bisa nampang di Page 1 Google...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran saya, edit konten tersebut dengan bahasa kita sendiri dan mulai saja membuat konten-konten baru, insya Allah akan membantu.

      Hapus
  11. Mau tanya gan..
    Ane baru buat blog tentang Tempat berlibur. Nah, tentu saja kan saya tidak harus pergi kesana untuk mengetahui tempat tersebut. Jadi saya baca blog-blog yang menceritakan tempat tersebut, kemudian saya membuat kalimat saya sendiri, apa itu kopas juga gan ????

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.