Jumat, 16 Desember 2011

Facebook Page untuk SEO Google

Facebook Page untuk SEO Google tidak banyak dibahas di Internet tetapi Facebook secara umum banyak dibahas sebagai sarana Social Media Marketing termasuk Twitter didalamnya dan saat ini Google+ mulai dilirik. Banyak juga orang yang melakukan bisnis online di Facebook.

Saya membuat sebuah Facebook Page untuk blog saya ini yang berfungsi membuat list semua artikel blog SEO saya. Tujuan saya membuat Facebook Page untuk Blog SEO saya adalah untuk 'menjaring' tambahan visitor atau pengunjung blog saya dari Facebook. Selain itu, saya membuat sebuah link building antara blog saya dan Facebook.

Facebook Page untuk Blog SEO Google untuk Indonesia
Facebook Page untuk Blog SEO ini

Bagi saya, link building ke dan dari Facebook Page memiliki peranan yang baik jika dihubungkan dengan SEO Google. Ada 2 hal dari Facebook page yang berhubungan dengan Search Engine Optimization atau SEO Google, yaitu sebagai berikut:

Backlink
Ketika saya membuat tautan artikel blog saya di Facebook Page, maka Facebook akan memberikan link dengan rel='nofollow' untuk semua tautan yang dimasukkan. Meskipun backlink yang dihasilkan nofollow, tetapi backlink-backlink tersebut sedikit banyak diperhitungkan oleh Google, terbukti backlink-backlink dari facebook Page tersebut di listing di Google Webmaster Tools di bagian 'Links to your site'. Backlink yang dihasilkan tidak hanya berasal dari Facebook Page tetapi dari halaman-halaman lain yang spesifik memuat tautan yang kita masukkan.

Contoh Backlink dari Facebook Page di Google Webmaster Tools
Contoh Backlink dari Facebook di Google Webmaster Tools

Gambar dibawah ini adalah backlink dari permalink sebuah tautan di Facebook Page :

Backlink dari Halaman Permalink Tautan di Facebook Page
Backlink dari Halaman Permalink Tautan di Facebook Page


Linkwheel
Linkwheel akan terjadi jika kita menautkan juga blog kita ke Facebook Page yang sudah kita buat. Sehingga backlink yang berasal dari Facebook Page blog mendapatkan tautan balik dari blog kita ke Facebook Page tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat beberapa tautan tetapi saya memilih membuat sebuah widget Facebook Page yang saya tempatkan di sidebar kanan blog ini.

Bagi sebagian pakar SEO berpendapat jika linkwheel sangat baik untuk parameter Google SEO suatu website atau blog.


Widget Facebook Page di Blog
Widget Facebook Page di Blog


Untuk fungsi "Like" atau "Suka" di Facebook, baik di Facebook Page maupun di Facebook Widget, mempunyai fungsi tersendiri untuk link building yang akan saya ulas di posting terendiri. Termasuk juga perbedaan antara menautkan link artikel blog di Status Facebook Profile dan Facebook Page akan saya tulis di posting terpisah.

Cara teknik SEO diatas berlaku universal baik untuk SEO Blogspot atau SEO Blogger maupun SEO WordPress.

8 komentar:

  1. Saya selama ini membuat FB Page tapi belum saya optimalkan masbro karena memang nggak tahu fungsinya. Makasih infonya, sekarang saya tahu bagaimana memanfaatkan FB Page saya.

    BalasHapus
  2. Leo, lumayan untuk nambah backlink sekalian promosi gratis lewat Facebook :)

    BalasHapus
  3. makasih artikel nya. sangat membantu. ditunggu artikel lainnya yg berhubungan dengan SEO :)

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat sob...makasih telah berbagi
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  5. wah saya ngga dapet backlink dari facebook T^T
    soalnya di fan page saya pakenya aplikasi yg update rss, apa itu pengaruh yah?
    yaa yg penting ttp semangat :)
    makasih infonya..

    BalasHapus
  6. O...ternyata bagus juga ya hasilnya. Nah, kalo untuk blog personal seperti blog saya gak apa-apa gitu mas?

    Trims

    BalasHapus
  7. @All, terima kasih untuk komentarnya.

    @Faisal, coba aja Sal, sekalian promosi blog-nya Faisal lewat Facebook Page kan bisa dishare ke Facebook Profile.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.