Sabtu, 03 Desember 2011

Teknik Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Tutorial

Saya mulai mendaftarkan blog saya ke Bing Webmaster Tools setelah Yahoo! Site Explorer bergabung dengan Bing Webmaster Tools. Mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools akan membuat blog atau website dapat ter-index Yahoo! juga, sekali mendaftar maka blog atau website akan ter-index di dua search engine sekaligus.

Berikut adalah tutorial cara mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools setelah anda memulai membuat blog:

1. Kunjungi Situs Resmi Bing Webmaster Tools 

Alamat situs resmi Bing Webmaster Tools adalah http://www.bing.com/toolbox/webmaster dan anda akan mendapatkan halaman web seperti berikut:

Situs Resmi Bing Webmaster Tools
Situs Resmi Bing Webmaster Tools

Kemudian klik di tab "Webmaster Tools Sign In" dan anda akan masuk ke halaman web seperti berikut:

Sing in ke Bing Webmaster Tools
Windows Live ID - Sign In

Jika anda belum mempunyai akunnya, klik di "Sign Up" untuk mendapatkan akun Windows Live ID dan ikuti langkah-langkah berikutnya.

2. Mendaftarkan Blog atau Website ke Bing Webmaster Tools

Setelah anda berhasil "Sign In" ke dalam Bing Webmaster Tools, maka anda akan mendapatkan halaman web seperti berikut:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools - Home 

Untuk mendaftarkan blog atau website ke Bing Webmaster Tools, klik di tab "Add Site" dan anda akan mendapatkan pop-up screen sebagai berikut:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Add Site

Masukkan nama domain blog atau website anda dan kemudian klik tab "Submit", kemudian anda akan mendapatkan halaman web pop-up baru sebagai berikut:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Verify Ownership

Nama domain blog atau website anda akan terlihat di bagian "Site:http://...". Ada 3 opsi untuk memverifikasi kepemilikan blog atau website tetapi jika anda menggunakan Blogspot/Blogger atau WordPress, opsi kedua adalah yang paling disarankan.


Catatan: Setiap Meta Tag key yang dihasilkan untuk setiap blog atau website akan berbeda atau unik, jadi saya menyamarkan nama site dan meta tag key diatas agar tidak rancu.

3. Masukkan Meta Tag Key Ke Blog atau Website

Untuk blog di Blogspot/Blogger, masukkan meta tag key yang sudah diberikan Bing Webmaster Tools melalui html editor persis dibawah <head>:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Menambahkan Meta Tag Key Bing Webmaster Tools di Blogspot/Blogger

Catatan: Setiap Meta Tag key yang dihasilkan untuk setiap blog atau website akan berbeda atau unik, jadi saya menyamarkan meta tag key diatas agar tidak rancu.  Untuk konfigurasi html di blog masing-masing bisa berbeda dan JANGAN menjadikan konfigurasi html diatas sebagai referensi untuk blog anda. Pastikan saja meta tag key untuk blog anda berada dibawah <head> dan simpan template-nya setelah itu.


4. Klik Verify di "Verify Ownership" Screen.


Setelah anda memasukkan meta tag key dari Bing Webmaster Tools kedalam html source blog anda, kemudian kembali ke halaman web "Verify Ownership" dan klik di tab "Verify".

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Cara Mendaftarkan Blog/Website ke Bing Webmaster Tools - Add Site

Setelah proses verifikasi oleh Bing Webmaster Tools selesai, anda akan diredirect ke halaman web utama Bing Webmaster Tools sebagai berikut:

Daftar Blog/Website ke Bing Webmaster Tools
Bing Webmaster Tools - Home Screen

Jika verifikasi-nya berhasil, maka blog atau website anda akan terdaftar di bagian "SITE" seperti gambar diatas yang saya beri warna hitam (saya menyamarkan nama site agar tidak rancu). Butuh waktu minimal 3 hari untuk Bing Webmaster Tools untuk menampilkan data statistik blog atau website anda.

Selamat mencoba.