Minggu, 18 Desember 2011

Bisnis Online di Facebook Profile atau di Facebook Page?

Melakukan bisnis online melalui Facebook sudah menjadi sesuatu yang umum di Indonesia, mulai dari produk baju, sepatu, handphone sampai perlengkapan bayi. Ada 2 cara mempromosikan sebuah produk di Facebook yang secara umum biasa dipakai para pebisnis online, yaitu melalui Facebook Profile dan Facebook Page. Ada yang hanya memakai Facebook Profile, hanya memakai Facebook Page atau ada yang mengkombinasikan keduanya.

Masing-masing cara ada keuntungan dan kerugiannya, saya berusaha memberikan pandangan saya mengenai keuntungan dan kerugian dari masing-masing cara berdasarkan pengalaman saya berbisnis online melalui Facebook:

Berbisnis Online Melalui Facebook Profile
Facebook Profile pada dasarnya diperuntukkan untuk individu yang sangat menjunjung tinggi privacy. Setting privacy di Facebook Profile bisa sangat personal dan parameter-nya dapat diset dengan sangat ketat.

Di Facebook Profile, semua update dari "Teman" masuk dan dapat kita baca. Jika kita berbisnis online melalui Facebook Profile, sepertinya sangat tidak mungkin hanya mengandalkan komunitas yang kita kenal saja, pasti kita mencari "Teman" yang lebih banyak lagi meskipun secara offline tidak kita kenal. Bisa dibayangkan jika kita menerima Status Facebook dari teman-teman yang tidak kita kenal secara baik, sedikit banyak akan mengganggu juga. Inilah kerugian yang pertama.

Di Facebook Profile, untuk mencari "Teman" relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan mencari "Teman" yang "Like" atau "Suka" di Facebook Page. Jaringan dari "Teman" dan "Temannya Teman" dapat menjadi jaringan yang bisa sangat besar untuk Facebook Profile kita. Inilah salah satu kelebihan jika kita melakukan bisnis online melalui Facebook Profile.

Merekomendasikan "Teman" atau "Temannya Teman" untuk Facebook Profile bisnis online kita juga harus hati-hati. Jika kita tidak hati-hati, takutnya yang direkomendasikan dapat melaporkan Facebook Profile kita sebagai spam yang akan berakibat tidak baik ke bisnis online kita tersebut.

Saya pribadi akan sangat hati-hati jika mendapatkan rekomendasi sebuah bisnis online yang memakai Facebook Profile karena alasan privacy karena saya juga harus selektif siapa saja yang boleh membaca status Facebook saya. Saya hanya menambahkan "Teman" jika bisnis online itu dimiliki "Teman" yang secara offline saya kenal saja.

Melalui Facebook Profile kita bisa secara instan berpromosi bisnis online produk-produk kita dengan menggunakan jaringan "Teman" kita. Ini salah satu kekuatan Facebook untuk Internet Marketing tetapi hati-hati juga, jangan sampai dicap sebagai spam.

Di Facebook Profile memiliki keterbatasan jumlah "Teman" sehingga tidak akan efektif untuk mendapatkan sebuah komunitas bisnis online yang baik.

Berbisnis Online Melalui Facebook Page
Facebook Page memang dikhususkan sebagai media promosi untuk berbagai macam 'produk' oleh Facebook, mulai dari sebagai media promosi seorang musisi, komunitas, organisasi, halaman web sampai dengan media promosi produk-produk sebuah perusahaan.

Karena yang sifatnya umum, maka interaksi di Facebook Page untuk bisnis online juga bersifat umum yang tidak terlalu terikat dengan privacy seperti di Facebook Profile.

Kelemahan dari Facebook Page adalah cara berpromosi mengandalkan pengguna Facebook dengan menggunakan tombol "Like" atau "Suka". Lumayan agak sulit seseorang di Facebook untuk "Like" atau "Suka" apa yang kita tawarkan, berbeda dengan Facebook Profile yang lebih mudah mendapatkan komunitas baru bagi bisnis online kita. Meskipun relatif lebih sulit tetapi ada cara marketing yang pas untuk Facebook Page sehingga komunitas yang kita bangun dapat secara gradual meningkat dan tertarget.

Menurut saya, Facebook Page lebih transparan untuk mengetahui perkembangan internet marketing melalui Facebook karena terdapat statistik interaksi dari pengguna Facebook yang bisa menjadi acuan pengembangan bisnis online kita di Facebook.

Facebook Page tidak memiliki keterbatasan jumlah komunitas yang dapat "Like" atau "Suka" sehingga melakukan internet marketing melalui Facebook dapat lebih efektif.

Jika kita mempunyai sebuah website atau blog toko online, Facebook Page bisa sebagai penguat toko online kita untuk SEO Google, sehingga toko online kita bisa lebih mudah 'ditemukan' di Internet melalui Google sekaligus melalui Facebook.

Menggabungkan Facebook Profile dan Facebook Page
Menggabungkan Facebook Profile dan Facebook Page untuk bisnis online kita sama juga dengan menggabungkan kelebihan dan kekurangan keduanya. Kita dapat melakukan penambahan pengguna Facebook untuk "Like" atau "Suka" Facebook Page kita melalui "Teman" Facebook kita.

Kelemahannya adalah kita harus kerja ekstra lebih keras jika kita melakukan update produk dan bisa jadi komunitas bisnis online Facebook kita, baik di Facebook Profile maupun Facebook Page akan sedikit bingung. Jangankan mereka, kitapun akan bisa bingung :)

Saran Saya
Oleh karena alasan diatas, saya menyarankan hanya Facebook Page sebagai media yang paling baik untuk melakukan bisnis online atau internet marketing di Facebook. Hal ini dikarenakan karena memang Facebook mengakomodasi Facebook Page sebagai media promosi karena melalui Facebook Page, Facebook menyediakan alat untuk beriklan yang tertarget.

Keterbatasan jumlah "Teman" dan privacy, baik untuk "Teman" maupun untuk kita sendiri, menjadi alasan utama bagi saya untuk tidak menggunakan Facebook Profile sebagai media bisnis online kita di Facebook.

Tetap perlu diingat, melakukan bisnis online, baik melalui blog maupun Facebook Page TIDAK INSTAN, perlu cara-cara internet marketing yang baik dan terarah terutama di Facebook karena Facebook termasuk salah satu platform social network yang mengedepankan privacy penggunanya. Salah kita memasang strategy online marketing, bisa-bisa menjadi kontraproduktif.

Pelajari dengan baik cara-cara online marketing melalui Facebook Page yang banyak diulas oleh para blogger dunia. Mulai dari tampilan Facebook Page sampai dengan bahasa marketing yang digunakan. Banyak cerita sukses bisnis online melalui Facebook dan mempelajari kisah sukses mereka dapat memberikan pelajaran yang baik mengenai bisnis online di Facebook.

Jadi, gunakanlah Facebook Page sebagai media bisnis online anda di Facebook daripada menggunakan Facebook Profile dan terapkan best practise dari yang sudah sukses berbisnis online dengan menggunakan Facebook Page.

1 komentar:

  1. berbsinis online di facebook emang sangat menguntungkan. soalnya gratis dan mudah mencari konsumen.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.