Selasa, 27 Desember 2011

Apakah Ada Cara SEO yang Cepat?

Apakah ada cara SEO yang cepat? sehingga sebuah website atau blog mudah dicari melalui search engine seperti Google? saya bisa menjawab ada. Syarat utamanya hanya satu, yaitu konten atau artikel yang berkualitas. Sekali lagi saya berpendapat jika konten blog adalah tulang punggung SEO, khususnya untuk SEO Google. Banyak sekali website atau blog dengan kualitas konten dan artikel yang baik tetapi agak sulit mendapatkan trafik yang baik dari search engine, khususnya Google karena kurangnya setting SEO yang dilakukan. Banyak teman-teman saya berpendapat jika SEO hanya menambahkan meta tag saja, apalagi hanya mengandalkan meta tag keyword yang sudah tidak dipakai sebagai acuan oleh Google. Persepsi yang salah tentang SEO menjadikan website atau blog yang memiliki konten yang baik menjadi agak susah diketahui melalui search engine kecuali diketahui dari referensi sesama blogger saja.

Banyaknya pengunjung sebuah website atau blog memerlukan tidak hanya menggunakan cara membuat blog yang baik tetapi juga branding yang bagus. Branding yang baik adalah dengan memiliki kualitas konten yang baik dan mempromosikan website dan blog dengan cara yang baik juga. Salah satu media promosi website atau blog adalah melalui search engine seperti Google, oleh karena itu SEO adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Banyak pengalaman saya bertemu para pemilik website atau blog yang memiliki konten yang baik tetapi tidak mendapatkan pengunjung dari Google. Website atau blog mereka ter-index jauh di SERP Google bahkan ada yang sama sekali tidak masuk SERP meskipun di-index oleh Google. Ketika SEO untuk Google saya sarankan untuk mereka, Alhamdulillah dalam waktu yang relatif singkat, pengunjung dari Google mulai perlahan naik.

Jika anda sudah belajar SEO dan merasa bahwa SEO adalah sulit dan rumit, anda bisa melakukan SEO kemudian, buat saja artikel-artikel atau konten yang baik, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Jika dalam seminggu, 7 hari, 6 hari anda membuat artikel, gunakan 1 hari anda untuk melakukan adjustment SEO untuk artikel-artikel tadi. Ini hanya illustrasi, anda hanya memerlukan waktu relatif lebih sedikit untuk SEO dibandingkan waktu untuk membuat konten yang baik karena SEO yang terbaik adalah berasal dari konten berkualitas. Saya biasa melakukan teknik SEO untuk Blog SEO ini sambil angin lalu. Saya biasakan menulis apa yang ada di pikiran saya terlebih dahulu sampai selesai dan mempublikasikannya. Setelah tidak ada lagi ide untuk menulis, baru saya melakukan SEO untuk artikel-artikel tadi.

Mendapatkan trafik dari search engine dengan cara SEO yang cepat, bagi saya, masih relatif lebih mudah dibandingkan 'menjaring' trafik tadi menjadi pengunjung tetap website atau blog kita. Bisa saja website atau blog kita menjadi ranking 1 di Google dan trafik yang datang menjadi signifikan tetapi bisa saja tidak ada pengunjung setia bagi website atau blog kita. Dengan begitu, branding yang kita lakukan dengan SEO tidak berhasil membuat pengunjung tersebut nyaman untuk berinteraksi lebih jauh.

Jadi, meningkatkan kualitas konten website atau blog adalah dasar untuk melakukan SEO yang cepat. Setelah berpromosi melalui search engine dengan SEO yang cepat tersebut berhasil, langkah berikutnya adalah mempertahankan pengunjung, yang datang melalui search engine tadi, menjadi 'pelanggan' website atau blog kita yang setia.

Ada cara SEO yang cepat untuk sebuah website atau blog dan cara itu adalah membuat konten blog yang unik dan berkualitas.

18 komentar:

  1. Benar juga. Untuk menjaring pengunjung dari Google itu termasuk mudah. Untuk mengkonversi pengunjung tersebut menjadi pelanggan, itu yang susah.

    BalasHapus
  2. konten is king
    tapi saya kurang sependapat dengan kata ini " apalagi hanya mengandalkan meta tag keyword yang sudah tidak dipakai sebagai acuan oleh Google."
    kenyataannya blog saya masih menang di tag
    dan google mempunya banyak algoritma untuk berkunjung ke blog kita bahkan dev google waktu acara @bloggernusantara kemaren tidak bisa memberitahukan
    salam kenal

    BalasHapus
  3. @Leo, CRO (Conversion Rate Optimization) harus dilakukan berbarengan dengan SEO.

    @Fazza, Meta Tag Keyword bukan Tag di WordPress. Kalau Tag dan Categories di WordPress memang powerful, saya setuju, tapi kalau meta tag keyword adalah salah satu meta tag yang ditaruh diawal html code dan ini tidak dipakai, yang dipakai itu meta tag description dan meta tag robots, hal ini bisa dibaca di Panduan Dasar SEO dari Google.

    BalasHapus
  4. gan mau tanya ? apakah alexa rank mempengaruhi SERP blog ?

    BalasHapus
  5. Maz mo tanya kok web saya turun ya rangkingnya di google akhir2 ini.. apa penyebabnya..
    Mungkin bisa di bantu atau kasih solusi agar bisa naik lg..
    alamat web saya rumahayah.com..

    Terima kasih

    BalasHapus
  6. @rumahayah.com Memang belakangan ini sepertinya Google sedang melakukan reindex SERP-nya. Kalau saya cek website rumahayah.com, kontennya sudah cukup baik tetapi memang perlu banyak dilakukan optimasi. Saya siap membantu, email ke saya ya di tips.ict@gmail.com

    BalasHapus
  7. @Boyband sepertinya tidak tetapi sebaliknya, secara tidak langsung, posisi SERP sedikit banyak berpengaruh ke Alexa ranking yang berasal dari trafik yang dihasilkan dari SERP tadi.

    BalasHapus
  8. Artikel yang bagus dan berkualitas.saya jadi tahu cara seo yang cepat dan baik.terima kasih banyak ya master.dari sarilah.mywapblog.com

    BalasHapus
  9. [ask] google robot berpengaruh besar apa enggak sama SEO'nya google ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google Robot atau Googlebot adalah mekanisme awal Google untuk melakukan index ke hasil pencariannya. Jika halaman web tidak diindex oleh Google, maka tidak bisa dilakukan SEO.

      Hapus
  10. salam kenal mas, dan para master sekalian
    mohon bimbingannya untuk pengembangan keindo[dot]com, pengen juga membangun situs jejaring sosial, meski dengan keterbatasan dalam segala hal, supaya keindo[dot]com juga bisa diminati para netter.

    trimakasih

    BalasHapus
  11. Saya sangat tertarik dengan SEO sambil lalu anda, sepertinya saya akan terus kesnini untuk belajar lebih banyak lagi. Salama kenal dari lombok.

    BalasHapus
  12. Saya bingung klo blognya jualan baju, kan kontennya semuanya cuman gambar, ga ada artikelnya, terus gimana caranya biar bisa masuk halamn gogole. Salam kenal, thanks buat infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca posting saya berikut http://www.dasar-seo.com/2011/09/tips-seo-google-untuk-toko-onlineonline.html.

      Hapus
  13. masih pusing kang... ?_?
    kalo biar SEo friendly itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca artikel saya yang satu ini:

      http://www.dasar-seo.com/2011/03/cara-dan-tips-membuat-blog-atau-website.html

      Hapus
  14. SEO memang tak ada habisnya untuk dibahas, salam kenal gan

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.