Kamis, 24 November 2011

Yahoo! Site Explorer Bergabung Dengan Bing Webmaster Tools

Yahoo! Site Explorer Logo - Bing Webmaster Tools Logo
Yahoo! Site Explorer bergabung dengan Bing Webmaster Tools baru saya ketahui hari ini karena ada sedikit kecurigaan saya tentang berubahnya hasil index halaman web dan backlink dari Yahoo! beberapa minggu belakangan ini. Hasil di pencarian Yahoo! untuk Blog SEO saya tidak sama dengan hasil index blog saya di Yahoo! Site Explorer. Ternyata, mungkin Yahoo! Site Explorer sedang digabungkan atau dimerge dengan Bing Webmaster Tools.

Ternyata sudah lama rencana penggabungan Yahoo! Site Explorer dengan Bing Webmaster Tools dan saya memang agak telat mengetahui hal ini karena mungkin terlalu sibuk dengan index Google :).

Yahoo! Site Explorer Bergabung Dengan Bing Webmaster Tools

Berikut adalah informasi dari Yahoo! tentang penggabungan ini:

 http://www.ysearchblog.com/2011/09/14/site-explorer-transition-to-bing-webmaster-tools/

http://www.ysearchblog.com/2011/07/08/site-exploror-7-8-11/

Sepertinya saya harus mendaftar ke Bing Webmaster Tools dan cara melakukan Search Engine Optimization untuk Bing dan SEO untuk Yahoo! akan berubah nih. Saya akan berusaha berbagi cara-cara SEO Bing dan SEO Yahoo! yang baru jika ada karena saya baru saja belajar tentang Search Engine Optimization Yahoo! dan untungnya belum membuat satu pun posting tentang itu.

Setelah saya cek di Bing Webmaster Tools, kita harus mendaftar kembali site-site yang sudah kita daftarkan di Yahoo! Site Explorer dan memverifikasi kembali agar Bing Webmaster Tools dapat melakukan crawl dan index. Perlu menunggu beberapa waktu untuk mengetahui parameter-parameter SEO yang ada di Bing Webmaster Tools, seperti halaman web yang terindex, backlink, internal link dan bahkan ada deep linking.

Bing Webmaster Tools memang lebih memberikan informasi yang lebih baik dari Yahoo! Site Explorer dan hampir sama dengan Google Webmaster Tools. Jadi saya mempunyai pembanding untuk informasi parameter-parameter Search Engine Optimization blog saya selain Google Webmaster Tools.

Yahoo! Site Explorer sudah tidak aktif/ditutup dan mulailah beralih ke Bing Webmaster Tools. Daftar blog anda di Bing Webmaster Tools sekarang juga.

Akibat bergabungnya Yahoo! Site Explorer dengan Bing Webmaster Tools ini, ada satu posting yang harus saya keluarkan dari Blog SEO ini karena sudah tidak relevan lagi.

Pertanyaan berikutnya yang ada dikepala saya adalah apakah penggabungan Yahoo! Site Explorer dengan Bing Webmaster Tools adalah awal dari aliansi antara Yahoo! dan Bing/Microsoft? kita lihat saja perkembangannya. Jika itu terjadi, maka dunia search engine akan sedikit banyak berubah, termasuk SEO juga.

7 komentar:

  1. Kalo saya bner2 gak tau SEO yahoo neh. . .
    Ditunggu postingan yahoo'a. .
    Saya pngn belajar. .

    BalasHapus
  2. mungkin yahoo emang mulai bangkrut....

    BalasHapus
  3. @Firman: Insya Allah kalau sudah ada hasilnya, akan saya share.

    @Bang Oji: Bakalan seru nih kalau Microsoft beli Yahoo!

    BalasHapus
  4. Wah kalo bener Bing bergabung dgn Yahoo! yg patut ditunggu adalah apakah mereka bisa menyaingi Google?
    Menarik nih.

    BalasHapus
  5. Faisal, sepertinya sih bakalan menarik sekali kalau Microsoft jadi beli Yahoo!.

    BalasHapus
  6. ditunggu postingannya tentang seo yahoo-bing gan.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.