Kamis, 03 November 2011

Tips Membuat "Labels" di Blog Blogspot/Blogger untuk SEO Google

Membuat Labels di Blogspot/Blogger
Tips membuat "Labels" di sebuah blog Blogspot/Blogger untuk SEO Google mempunyai kesamaan pada keutamaan anchor link pada Search Engine Optimization Google. Berikut adalah fungsi dari "Labels" di sebuah blog Blogspot/Blogger:
  1. "Labels" di blog Blogspot/Blogger menjadikan posting-posting yang mempunyai label yang sama disatukan kedalam satu 'folder' di blog tersebut.
  2. Memudahkan navigasi blog untuk Googlebot dalam melakukan crawl dan visitor untuk membaca posting-posting lain yang mempunyai pembahasan yang sama. Point terakhir secara tidak langsung dapat meningkatkan pageviews dan menurunkan bounce rate.
  3. Keutamaan untuk SEO Google adalah meningkatkan keyword density di level blog dari halaman-halaman "Labels" yang berasal dari posting-posting yang 'dimasukkan ke dalam Label tersebut.
Blogspot/Blogger menset robots.txt untuk Google tidak melakukan index URL-URL dari "Labels", oleh karena itu halaman-halaman web "Labels" dari Blogspot/Blogger tidak muncul di SERP Google secara default kecuali ada perubahan di file robots.txt tersebut. Karena tidak di-index-nya halaman-halaman "Labels" dari blog Blogspot/Blogger secara default, maka membuat judul sebuah label harus diperhitungkan dengan seksama. Kenapa? karena hal ini dapat membuat tidak efektifnya internal link yang ada di blog.

Label yang ada merupakan internal link dengan anchor text yang spesifik. Jika membuat internal link dengan anchor text yang sama dengan target keyword kita di SERP Google dengan anchor text di Label, sedangkan URL Label tidak di index oleh Googlebot, maka internal link tersebut tidak akan efektif meningkatkan ranking blog kita di SERP Google. Karena jika terdapat 2 link dengan anchor text yang sama tetapi URL-nya berbeda akan membuat internal link menjadi tidak efektif.

Banyak pengalaman saya ketika membuat link sebagai Label di blog Blogspot/Blogger dengan anchor text-nya adalah target keyword di SERP Google, menjadikan peringkat target keyword tersebut kurang baik. Ketika anchor text tersebut dimodifikasi sedikit, peringkat target keyword tadi menjadi lebih baik.

Sebagai contoh:

Jika target keyword yang dituju di SERP Google adalah "SEO Blogspot", maka jangan buat Label "SEO Blogspot" tetapi rubahlah anchor text-nya, seperti "SEO untuk Blogspot" atau "SEO di Blogspot".

Hal ini terjadi di Label saya, ketika saya rubah sebuah Label dari "SEO Blogspot" menjadi "SEO untuk Blogspot-Blogger", ranking untuk keyword "SEO Blogspot" di SERP Google Indonesia untuk Blog SEO ini berhasil menembus 20 besar yang sebelumnya berada di urutan 50 besar. Dengan adjustment SEO tambahan, akhirnya berhasil masuk ke 10 besar.

Ada teman saya yang memiliki blog http://dapurcorina.blogspot.com dengan target keyword "Kue Ulang Tahun" dan sebelumnya memiliki Label "Kue Ulang Tahun" juga. Ketika target keyword tadi dijadikan Label, posisi peringkat blog-nya hanya berada antara ranking 10-12 di SERP Google Indonesia. Ketika saya sarankan untuk merubah Label tadi (akhirnya, Beliau tidak memasukkan Label tersebut di listing), peringkatnya bisa berada di peringkat 6 di SERP Google Indonesia setelah Google melakukan re-index blog-nya.

Ada juga Label blog SEO ini yang sama dengan target keyword tetapi berhasil menempati ranking yang baik di SERP Google Indonesia, seperti keyword  "SEO Judul" dan "SEO Gambar". Hal ini dikarenakan karena parameter SEO posting yang bersangkutan untuk keyword-keyword tersebut sudah cukup kuat, sehingga Google mengambil relevansi yang lebih kuat untuk link yang mengarah ke URL posting bukan ke URL Label.

Cara SEO ini merupakan teknik SEO untuk SEO Blogspot atau SEO Blogger.

1 komentar:

  1. Ini informasi yang penting bagi saya, saya rangkum dulu panduan SEO untuk blogspot ini, nanti saya balik lg untuk bertanya :)

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.