Selasa, 22 November 2011

Konten atau Backlink?

Konten atau Backlink?
Konten atau Backlink? Proses melakukan teknik dan cara search engine optimization terbagi atas 2 hal yaitu teknik dan cara On Page SEO dan Off page SEO. Dua hal tersebut saling mendukung satu sama lain tetapi manakah yang lebih baik dilakukan apabila kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk kedua-duanya?

Konten merupakan proses teknik On Page SEO yang menjadi bagian paling penting dari proses teknik Search Engine Optimization suatu website atau blog. Dan Backlink merupakan proses teknik Off Page Search Engine Optimization yang menjadi pendukung konten sebuah website atau blog agar hasil SEO bisa menjadi optimal.

Dari pengalaman saya, dengan menggunakan sedikit backlink dan selalu mengandalkan teknik dan cara on page Search Engine Optimization berupa konten dan internal link, dapat mencapai hasil yang baik di SERP Google. Dari konten dan internal link yang terstruktur dengan baik, pencapaian hasil di SERP Google bisa mendapatkan multiple targeted keyword. Jika sebuah website dan blog dibuat khusus untuk niche atau tema pembahasan tertentu, seperti “SEO”, maka turunan target keyword di SERP Google dapat menjadi “Blog SEO”, “Cara SEO”, “Teknik SEO”, “Tips SEO”, “Belajar SEO”, “SEO WordPress”, “SEO Blogger”, “SEO Blog” dan lain-lain. Dapat dibayangkan jika kita hanya melakukan pencarian backlink dengan anchor text target keyword tadi, waktu kita hanya dihabiskan untuk mencari backlink, sedangkan konten dari blog akan sedikit terbengkalai (kecuali jika blogging atau internet marketing adalah profesi anda).

Saya pernah melakukan sedikit research untuk salah satu target keyword saya yaitu “Blog SEO Google” di SERP Google Indonesia. Mungkin hanya Blog SEO saya ini yang memiliki paling sedikit backlink dengan anchor text “Blog SEO Google” dan banyak blog-blog lain yang memiliki banyak backlink dengan anchor text tersebut tetapi Alhamdulillah Blog SEO saya ini bisa bersaing dengan peringkat baik. Untuk hal ini, konten/artikel atau on page SEO tetap dominan jika dilihat dari hasil SERP Google. Menulis konten yang komprehensif dapat meningkatkan keyword density yang baik di level blog. Struktur internal link yang baik di dalam website atau blog dapat menaikkan relevansi website atau blog yang sesuai dengan target keyword di SERP Google. Jika saya perhatikan, konten/artikel dan internal link tetap lebih dominan dibandingkan dengan backlink tetapi saya tidak mau mengeneralisasi. Jika saya boleh memberikan analisa saya tentang strategi teknik SEO apakah konten/artikel atau backlink, maka saya berpendapat sebagai berikut:

· Jika anda menargetkan sedikit target keyword di SERP Google (seperti untuk kontes SEO), mencari banyak backlink yang relevan akan sangat membantu menaikkan peringkat .

· Tetapi jika anda menargetkan target keyword yang banyak di SERP Google, memperbanyak konten atau artikel dengan niche yang sesuai dan internal link yang relevan akan sangat membantu menaikkan peringkat.

· Jauh lebih baik lagi jika konten atau artikel dengan internal link yang sesuai dan backlink berkualitas dapat dihasilkan dengan kualitas dan kuantitas yang baik.

Sekarang tergantung banyaknya target keyword yang akan anda rencanakan, sehingga strategi SEO akan bergantung pada hal itu, sehingga melakukan proses teknik SEO apakah hanya mengandalkan konten, hanya mengandalkan backlink atau keduanya? Jika anda bisa melakukan kedua-duanya, itulah yang sangat disarankan.


Cara SEO diatas sama untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun untuk SEO WordPress.

9 komentar:

  1. bolehkah saya meminta bantuannya saya ingin merancang template SEO dari awal dan di mulai dari clasic,..mohon pencerahannya,..sekilas saya masih newbie dan mohon maaf sekali lagi saya comentar disini dan tak menyinggung apa yang ada di post ini,..

    BalasHapus
  2. kalau saya lebih memilih konten, karna kalau konten-nya bagus pasti blognya rame, lebih seo, dan lebih mudah mencari backlink!

    BalasHapus
  3. @Blogkampungan: Sebagian sudah saya share di Blog SEO ini dan bisa di baca di bagian label "SEO untuk Blogspot-Blogger"

    @Afiv: Konten memang tulang punggung SEO.

    BalasHapus
  4. @Andri Yudistira, betul! buktiinya walaupun blog saya baru berumur kurang dari 2 bulan tapi dengan keywork "Wordpress.or.id" saya dibawah web-nya! hahaha...

    BalasHapus
  5. Memang konten adalah raja sehingga Isi adalah segala-galanya...
    Namun kalau tidak terindex search engine juga tidak ada yang membaca ... Sedangkan Back-link adalah salah satu akses bagi para pembaca untuk menuju blog. Jadi menurut saya dua-duanya adalah King. ...
    Itu menurut saya bos ....

    BalasHapus
  6. Pakde, Ada yang bilang Content is The King and Backlink is The Queen :)

    BalasHapus
  7. di algoritma google penguin. apakah backlink masih di utamakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dan lebih baik yang natural, seperti blogger lain menautkan URL blog kita sebagai refereni.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.