Sabtu, 12 November 2011

External Link dan Internal Link di Blog - Penjelasan

Penjelasan External Link dan Internal Link ini merupakan jawaban saya atas email seorang teman pengunjung Blog SEO ini. Penjelasan ini merupakan pengetahuan dasar blog atau dasar website yang penting bagi pengembangan teknik SEO sebuah blog atau website

External Link
External Link di sebuah blog bisa disebut juga Outbound Link adalah hyperlink di sebuah blog atau posting yang ditautkan mengarah ke sebuah alamat web atau URL diluar domain blog yang bersangkutan. Sebagai contoh: jika saya membuat link Facebook, Google atau Blogger di blog Search Engine Optimization ini, maka semua link-link tersebut adalah External Link atau Outbound Link karena URL-nya berada diluar domain blog saya.

Internal Link
Internal Link adalah sebuah link yang ditautkan antar halaman web atau URL dari domain blog yang sama. Sebagai contoh: Untuk keyword "Pakar SEO", saya tautkan ke posting saya yang lain yang berada di domain blog ini dengan alamat: http://www.dasar-seo.com/2011/04/pakar-seo-indonesia.html

Backlink
Backlink atau Inbound Link adalah link yang mengarah ke domain blog yang berasal dari halaman web atau URL diluar domain blog yang bersangkutan.

Saya akan buatkan ilustrasinya, semoga bisa menambah manfaat dalam membuat blog yang baik.

16 komentar:

  1. Terima Kasih mas atas penjelasannya.

    BalasHapus
  2. untuk meningkatkan SERP tuh hrus memperbanyak Internal Atau Externl linking gan ?

    BalasHapus
  3. Bima, internal link yang saya sarankan.

    BalasHapus
  4. wahh mantaph ne ulasannya .. sebagi dasar dasar SEOmoga bisa posting lebih detail mengenai peningkatan SEO ya masbro

    BalasHapus
  5. Coba browse posting-posting saya, mudah-mudahan ada yang sesuai :)

    BalasHapus
  6. Makasih banyak untuk infonya khususnya buat newbie seperti saya. Pak mau tanya kalo untuk menaikkan PR itu gmn caranya..?

    BalasHapus
  7. Untuk menaikkan PR bisa dengan mendapatkan backlink dari blog atau posting yang ber-PR tinggi. Kalau rajin blogwalking dan berkomentar di blog lain akan sangat membantu. Untuk toko online, saya sarankan untuk membuat page toko online dengan mempublikasikan alamat URL produk yang dipasarkan saja.

    BalasHapus
  8. wahh saya sih selama ini ga tau gan.taunya cari backlink dari luar aja,emang sih banyak jg saya dgr kalo internal link itu bagus pengaruhnya untuk SERP.makanya blakangan ini posting saya sering saya taut2kan,hehehe.

    BalasHapus
  9. kalau cara mengurangi link external di blog bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurangi saja membuat hyperlink yang URL-nya diluar alamat domain kita.

      Hapus
  10. ohhh ini toh yg namax external link .....sumpah baru tau ane :D ane browsing2 cari pengertian external link ternyata nemu di sini....nice bangget om infox tambah ilmu lagi ane heeeeeeee salam sukses om.

    BalasHapus
  11. Terima Kasih Om atas penjelasannya tentang :
    External Link
    Internal Link
    Backlink

    Om kan katanya kalo di Alexa makin kecil nilainya makin bagus bukan sebaliknya.
    Lalu cara menurunkan Alexa gmn ye Om..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Alexa, coba baca artikel saya di Label "Alexa Traffic Rank"

      Hapus
  12. mantap gan infonya buat yang masih belajar kaya saya, tanks banget

    BalasHapus
  13. Siip gan, sangat membantu saya untuk menambah wawasan saya.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.