Minggu, 16 Oktober 2011

Tips untuk Blogger Pemula atau Blogger Baru

Saya menerima sebuah email dari seorang teman yang merupakan pengunjung blog SEO ini yang menanyakan saran saya tentang bagaimana memulai beraktifitas menjadi seorang blogger pemula. Saya baru membacanya karena saya sibuk sekali dengan urusan keluarga karena anak ketiga saya baru lahir dan posting ini merupakan jawaban saya atas email tersebut. Saya memutuskan menjelaskannya melalui blog ini agar teman-teman lain dapat menjadikan jawaban email ini sebagai referensi jika mempunyai pertanyaan yang sama.

Pertanyaan dari teman tersebut adalah (saya berusaha memberikan garis besarnya) jika seseorang baru akan belajar membuat website (memulai menjadi blogger) dan telah memulai untuk belajar melalui ebook dan buku panduan, langkah apakah yang harus dilakukan selanjutnya?

Berikut adalah jawaban saya:

Saya termasuk seorang yang konservatif yang selalu berusaha mendapatkan referensi belajar sesuatu dari sumber yang official atau resmi. Sebagai contoh, jika saya ingin belajar Microsoft Office, maka saya berusaha untuk mencari buku panduan resmi dari Microsoft. Kenapa? karena belajar langsung dari 'yang membuat', kita akan mendapatkan gambaran ilmu dasar-nya yang lebih jelas. Jika ingin belajar membuat website, bagi saya sumber 'resminya' adalah www.w3.org dan artikel yang diterbitkan organisasi ini menjadi panduan yang bagus. Jadi ketahui dahulu standar-standar yang menjadi dasar sebuah teknologi karena dengan belajar standar-standar tersebut akan memberikan kita pengetahuan dasar yang bisa membuat kita mudah mempelajari teknologi-teknologi turunannya. Memang proses belajar seperti ini akan memakan waktu yang cukup panjang tetapi cara saya adalah belajar secara paralel dengan belajar langsung membuat sebuah website atau blog di Blogger atau WordPress atau Google Sites. Bisa juga belajar dengan Microsoft Frontpage. Proses belajar seperti ini, yang saya rasakan, sangat mempercepat proses belajar membuat blog dan meningkatkan kualitas website atau blog kita.

Membuat sebuah website atau blog dengan langsung mempraktekkannya dan bertujuan menjadikan website atau blog berkualitas memerlukan waktu yang tidak sebentar. Branding yang baik memerlukan waktu yang lumayan panjang dengan kerja keras. Jangan berpikir mendapatkan sesuatu yang baik dengan waktu dan cara yang instan. Website atau blog berkualitas memiliki teknik dan konten yang berkualitas juga, cara mendapatkannya adalah dengan terus belajar meskipun hanya dengan belajar menulis sebuah posting saja. Itu yang saya lakukan sampai sekarang.

Buku-buku tambahan maupun blogwalking akan sangat membantu untuk belajar karena banyak sekali trik-trik yang tidak terdapat di buku resmi yang banyak tersedia di internet maupun buku-buku yang ada di pasaran. Jika terdapat perbedaan cara, teliti dahulu dengan mencari referensi lain sebelum melakukan adjustment di website atau blog dan pastikan cara tersebut akan memberikan efek baik ke website atau blog.

Konsisten, kerja keras dan terus belajar menjadi kunci sukses. JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BELAJAR.

Berikut adalah beberapa referensi dari saya untuk para blogger pemula yang baru belajar membuat blog:

8 komentar:

  1. konsistensi dan kerja keras memang mahal harganya ya sob, begitupula dalam optimasi SEO.. :D

    BalasHapus
  2. memank bner kang tidak instan memakan waktu yang panjang asal tidak males dan rajin update artkel

    BalasHapus
  3. Effort kita pasti akan membuahkan hasil, asal konsisten.

    BalasHapus
  4. wah bermanfaat sekali infonya utntuk blogger pemula seperti saya
    terima kasih mas

    BalasHapus
  5. benar sekali sop, menurut ane, kepuasan hanya didapat dari kerja keras, dan membutuhkan waktu. ya ga?

    BalasHapus
  6. Akan ada kepuasan tersendiri dari hasil yang kita capai. Terima kasih kunjungannya ke Blog SEO ini.

    BalasHapus
  7. saya harus banyak belajar dr blog ini. thx, guru.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.