Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Langkah-Langkah Dasar Teknik SEO di Blog WordPress

Urutan dasar cara teknik SEO di WordPress platform akan sedikit berbeda antara setting SEO di blog dari WordPress.com dan di blog dari platform WordPress dari WordPress.org.

Posting ini merupakan response saya terhadap email yang dikirimkan seorang teman pengunjung blog SEO ini yang bertanya tentang urutan dasar teknik SEO Google di sebuah blog yang berdasarkan platform WordPress. Saya akan memberikan tambahan keterangan jika urutan teknik Google SEO yang saya tuliskan khusus untuk blog yang memakai platform/CMS WorPress dari WordPress.org.
  1. Memilih theme WordPress yang SEO friendly.
  2. Melakukan setting WordPress untuk SEO. Setting SEO agak sedikit berbeda antara blog WordPress.com dan di blog dari platform WordPress dari WordPress.org, sebagai contoh: CMS dari WordPress.org terdapat setting URL atau permalink, sedangkan di WordPress.com setting permalink-nya sudah default.
  3. Membuat konten berkualitas.
  4. Menggunakan Tag dan Categories. Ini adalah salah satu rahasia WordPress
  5. Selalu membuat internal link antar posting atau halaman utama blog.
  6. Di WordPress.com tidak dapat menambahkan plugin-plugin SEO tetapi di CMS dari WordPress.org dapat diinstall plugin. Install plugin All-in-One-SEO-Pack agar anda dapat menambahkan meta tag untuk setiap posting dan setting beberapa parameter SEO. Plugin SEO ALRP juga akan sangat membantu untuk membuat internal link. Harus memperhatikan efek dari menambahkan plugin karena sedikit banyak akan memperngaruhi kecepatan loading blog yang akan mempengaruhi SEO Google.
Contoh Hasil SEO WordPress dengan Posting dan Category

Semoga penjelasan cara langkah-langkah dasar teknik SEO WordPress ini ada manfaatnya.

    17 komentar:

    1. Berkunjung kembali kesini :)

      Wah, sepertinya ini balesan dari email yang saya kirim ya?
      Terima Kasih mas sudah berkenan menjawab pertanyaan saya. Maaf belum saya balas lewat email. Saya sekarang sedang menerapkan saran yang mas kasih ini.


      Oya untuk yang poin pertama, kategori themes yang SEO friendly itu salah satu apa harus yang XHTML dan CSS valid?
      Kemaren saya cek themes blog saya ternyata masih ada beberapa yang error alias belum valid XHTML dan CSS nya.

      Terima Kasih.

      BalasHapus
    2. Faisal, validasi W3C untuk XHTML dan CSS juga penting tetapi sepertinya belum terlalu berpengaruh karena blog SEO saya ini mempunyai error dan warning banyak untuk validasi W3C. Coba adjust dulu yang saya sarankan, kemudian perlahan adjust validasi untuk W3C-nya. Kabari hasilnya ya? Thanks.

      BalasHapus
    3. kang andri, ak lg buat wordpress pake smallbiz theme dan udah install all in one seo pack, nah pertanyaan ku, yg di bagian seo small biz kan ada kolom custom title tag, meta description, meta keyword... nah itu juga perlu diisi gak?
      terus baiknya pas masukin keyword di smallbiz theme dan seopack nya ada ketentuan gak brp keyword yang hendak dimasukin. boleh disurvey pak blog aku kira2 udah bener belum formatnya, apa saja yg perlu direvisi lagi mengenai anchor text, dll gk mudeng :D www.xamthoneinfo.com

      makasih kang andri :)

      BalasHapus
    4. Mikael, All-In-One-SEO untuk WordPress memang bagus untuk tambahan parameter SEO. Untuk Title Tag biarkan saja karena saya lihat setting-nya sudah baik di Blog Mikael. Untuk Meta Tag (baik description dan keyword) ada 2 bagian, bagian pertama adalah yang Mikael sebutkan itu untuk level Blog. Satu lagi untuk level Posting yang ada di setiap posting, saran saya isi meta tag tersebut. Untuk format URL dan title sudah baik. Mikail coba browse posting-posting saya yang berkaitan dengan WordPress di Blog SEO ini dan juga SEO Dasar. Kalau masih ada pertanyaan, silahkan.

      BalasHapus
    5. Artikel yg menarik sekali, lengkap! Sukses untuk dasar-seo.com ..

      Regards!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih, sukses juga untuk andiseo.com.

        Hapus
    6. terima kasih banyak saran-sarannya, sebagai pemula yang awan dengan website sangat terbantu dengan blog ini, mohon maaf sebelumnya, bila berkenan untuk memberikan advice atas tampilan maupun segala hal tentang web www.imahembe.com -- Mufti, Imah Embe --

      BalasHapus
      Balasan
      1. Mufti, coba saja Mufti baca pelan-pelan posting-posting saya dan terapkan, khususnya di label "SEO Dasar" dan "SEO untuk WordPress". Konten blog Mufti sudah bagus hanya perlu dipertimbangkan jarak antar baris disetiap posting sepertinya terlalu rapat, kasihan yang baca :)

        SEO Gambar, SEO Judul, Keyword Density & internal link harus banyak dibuat lebih baik. Tag & Categories sepertinya belum Mufti utilize maksimal.

        Terakhir, posting saya yg ini perlu Mufti pertimbangkan:

        http://www.dasar-seo.com/2011/08/5-cara-membuat-internal-anchor-link.html

        Hapus
    7. makasih infonya gan..tapi saya masih blm ngerti tentang seo niihh..

      BalasHapus
    8. wah ternyata si om satu ini juga mengerti wordpress ya, kirain dasar-seo.com cuma membahas blogger hehe...

      saya sudah lama tidak berkunjung ke blog ini, thanks infonya om, jika berkenan kunjung balik ke blog saya ya!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wordpress mempunyai keunikan tersendiri. Saya harus mencoba Wordpress dulu kemudian menuliskan di Blog ini. Pada prinsipnya, SEO Wordpress sama dengan SEO Blogger, SEO Blogspot atau SEO untuk platform-platform yang lain.

        Hapus
    9. Terima kasih atas artikelnya.. masukannya sangat membantu.. i wanna to try it.. nice post. salam kenal..

      BalasHapus
    10. artikelnya bagus sekali sobat, sesuai dengan blog yg saya punya wordpress.com. terima kasih sudah berbagi.

      BalasHapus
    11. Thanks gan Tulisanya menarik... tapi memang butuh proses dan perjalanan panjang, tetap semangat sobat.. :)

      BalasHapus
    12. Nice Post gan ,Semoga blognya tetap lancar

      BalasHapus

    Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.