Sabtu, 01 Oktober 2011

Cara Mempertahankan Posisi Ranking Posting di SERP Google

Cara mempertahankan posisi ranking teratas posting atau artikel sebuah blog di SERP Google sangat tergantung akan beberapa parameter SEO Google. Ada 2 cara mempertahankan peringkat sebuah posting atau artikel di SERP Google, yaitu:
  1. Cara mempertahankan posisi ranking posting blog secara 'alami' atau 'natural'.
  2. Cara mempertahankan posisi ranking posting blog dengan melakukan 'Competitor Analysis'
Cara mempertahankan peringkat teratas sebuah posting atau artikel secara alami tidak tergantung dari hasil analisa kompetisi yang terjadi di hasil SERP Google tetapi lebih kepada menguatkan parameter-parameter SEO yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Cara-cara mempertahankannya adalah:
  1. Konsisten membuat konten yang berkualitas dengan niche yang sama. Dengan membuat konten baru dengan niche yang sama, akan berpeluang besar menambah keyword density dari posting atau artikel tersebut.
  2. Membuat internal link dengan anchor link dari posting lain ke posting yang ingin kita pertahankan posisinya di SERP Google dengan anchor text yang sesuai. Biasanya target keyword banyak tersedia di posting-posting yang terlebih dahulu dipublikasikan dan belum dibuatkan anchor link. Bisa juga anchor link dari posting-posting terbaru yang mempunyai niche yang hampir sama. 
  3. Menyisipkan tambahan keyword target dengan tidak melakukan keyword stuffing dan cloaking. Cara Mempertahankan Posisi Ranking Posting di SERP Google ini bisa juga dengan menambahkan gambar-gambar dengan setting SEO gambar seperti, ALT, Title dan Caption attribute yang sesuai. Pastikan makna dari posting tidak berubah setelah penambahan keyword target.
  4. Mencari backlink berkualitas tambahan untuk posting-posting yang ingin dipertahankan posisi ranking teratas di SERP Google.
Mempertahankan peringkat teratas di SERP Google untuk posting-posting dari sebuah blog atau website tidak mudah apalagi jika sebuah blog memiliki lebih dari 100 posting atau artikel. Dua cara pertama diatas akan sangat membantu sekali mempertahankan peringkat di Google, sehingga penguatan untuk mempertahankan peringkat di SERP Google untuk posting-posting yang ada dapat dilakukan secara alami atau natural. Cara SEO ini juga sekaligus menguatkan parameter di level blog.

Jika ada beberapa posting yang ditujukan untuk target traffic dari hasil pencarian Google, mempelajari dan menganalisa traffic melalui Google Analytics akan sangat membantu sekali untuk menguatkan SEO pada posting-posting yang tersebut. Hal ini dikarenakan data dari Google Analytics akan memberikan gambaran keyword apa saja dari pencarian di Google yang menghasilkan paling banyak traffic.

Cara SEO untuk mempertahankan posisi ranking teratas posting atau artikel sebuah blog di SERP Google dengan cara 'Competitor Analysis' adalah membuat setting SEO tersebut lebih baik dari setting Google SEO dari posting pesaing-nya. Cara menganalisa kompetisi ini akan saya jelaskan di posting atau artikel tersendiri. Secara garis besar, cara mempertahankan posisi ranking posting atau artikel sebuah blog di SERP Google dengan 'Competitor Analysis' hampir sama dengan cara 'Natural', hanya saja perlu menganalisa parameter SEO dari 'pesaing-pesaing' yang ada terlebih dahulu.

34 komentar:

  1. tp mf kang mash belum mudeng penjelasany hehe atau mgkn gw kd bc berulang-ulang x ea hehe biasana cieh gt bru mengena berulang-ulang x ea hehe biasana cieh gt bru mengena

    BalasHapus
  2. Katils, Follower Blog SEO ini yang paling setia :D, pokoknya harus baca sampai mengena, kalau belum mengena, tanya terus sampai ngerti :D

    BalasHapus
  3. Ya... Siip..
    Mudah-mudahan blog ini berkualitas..
    Hehe... Ujung-ujungnya cari backlink...
    Thank...

    BalasHapus
  4. Backlink adalah teknik SEO terakhir yang saya gunakan. Kalau Jenengan cek keyword "SEO Google" atau "Dasar Blog" atau "Google Dasar" di Google Indonesia, pesaing saya backlink-nya jauh lebih banyak dan berkualitas tetapi Alhamdulillah posisi blog SEO ini bagus padahal saya hanya menguatkan di poin 1-3 saja (dominan SEO on page).

    BalasHapus
  5. Mas bagaimana cara membuat anchor link yang tepat bagi blog kita,, apa yang harus diperhatikan dan menentukannya,,,

    BalasHapus
  6. Khusaini bisa membaca posting saya ini Anchor Link

    BalasHapus
  7. untuk memperthankan posisi tanpa posting artikel tapi membuat kunjungan saja..dengan cara masang iklan di mana2 apakah posisi bisa bertahan dengan banyak nya yg berkunjung .yg datang nya dari web iklan ???
    terima kasih sblm y sblm di jawab

    BalasHapus
  8. Relatif. Kalau iklan yang dipasang memakai anchor text target keyword, kemungkinan besar akan tetap bertahan. Jika iklannya memakai gambar/image, usahakan memakai ALT attribute sebagai pengganti anchor text. Cara lain adalah mengaktifkan 'Komentar' karena setiap komentar yang dibuat oleh pengunjung, seperti di WordPress, akan menambah halaman web dari website yang juga akan menambahkan keyword density di level blog dan ini cara 'menambah' halaman web secara natural. Cara lain dengan menambahkan widget media sosial seperti Facebook 'Like' atau Twitter 'Tweet' seperti widget dari www.addthis.com karena algoritma Google Panda sudah 'melihat' relevansi sebuah blog atau posting dari interaksi sosial di internet.

    BalasHapus
  9. mas bro, sy tertertarik dg blog nya. btw ada slot utk paid blogposting apa ga?klo berkenan sy pengen punya link dr blog bro, mksh

    BalasHapus
  10. Saya masih non-profit karena masih menunggu hasil di SERP Google untuk beberapa keyword kunci.
    Kalau saatnya sudah, nanti saya beritahu ya.

    BalasHapus
  11. jangankan mempertahankan mas,untuk masuk 10 besar google saja sudah sangat sulit buat saya

    BalasHapus
  12. Mencari backlink ini kadang kala jadi pekerjaan yang membosankan ya..

    BalasHapus
  13. aneh niih Posisi Gwe turun Gmana Cara ngatasin nya tanpa update

    BalasHapus
  14. @Bejubel Market Place: Kalau untuk kontes SEO, biasanya tetap mengandalkan konten lain untuk menambah internal link dan keyword density. Dan biasanya jor-jor-an menambah backlink.

    @Barang Unik: Kalau bosan mencari backlink, perbanyak saja konten yang satu niche dan tautkan satu posting ke posting yang lain dengan anchor text yang sesuai target keyword di ranking SERP Google.

    @Anonim: Sama seperti saran saya untuk Barang Unik diatas.

    BalasHapus
  15. terimakasih banyak mas pencerahanyaa.. Semoga saya bisa menpertahankan artikel di posisi serp

    BalasHapus
  16. Artikel yang menarik gan, tapi sayang ane rasanya mulai bosan ngurusi SERP. Ternyata ga segampang yg saya sangka.
    Salam sukses aja gan.

    BalasHapus
  17. @pinjal: pasti bisa asal teknik SEO-nya baik.

    @Metro software: Kalau dibiasakan teknik-teknik SEO-nya, pasti akan mudah.

    BalasHapus
  18. terima kasih infonya gan sangat membantu .. akan saya coba ..

    BalasHapus
  19. banyak juga ya ternyata cara untuk meraih posisi di halaman pertama dalam SERP google

    BalasHapus
  20. Belajar dan menyimak.Makasih infonya kawan,happy blogging.

    BalasHapus
  21. Nice review gan, jujur untuk point 1 tuh yang malas, apalagi kudu bikin konten yang natural, banyak lagi. Kalo backlinking mah masih mending.

    BalasHapus
  22. thank info nya gan .. dicoba .. moga sukses

    BalasHapus
  23. izin baca dulu..informasi yang bermanfaat i like your blog

    BalasHapus
  24. Awal saya publish mesti masuk page 1.
    Abis itu kira2 3 hari udah ngilang. :(

    BalasHapus
  25. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. wah nice share mas... terima kasih akan saya coba mas

    BalasHapus
  27. bagaimana car membuat achor link,,mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  28. informasi yang sangt menarik !

    BalasHapus
  29. wah mantap nih gan info nya..jadi nambah ilmu..trims n salam..

    BalasHapus
  30. penjelasannya ok, thx ilmunya mas bro...

    BalasHapus
  31. Makasih gan penjelasannya. Ane coba praktekin anchor text link di post terdahulu. Tapi permasalahannya kalo kita mengupdate posting yang sudah terindex, apakah hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat SERP. Mohon pencerahan

    BalasHapus
  32. mantab gan...terus berusaha deh...agar menang serpnya

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.