Selasa, 25 Oktober 2011

Belajar SEO Blogspot atau SEO Blogger

Belajar SEO Blogspot atau belajar SEO Blogger adalah belajar menerapkan SEO Google yang dilakukan para blogger yang menggunakan platform blog Blogspot atau Blogger. Banyak komentar jika platform blog Blogspot/Blogger tidak se-SEO friendly seperti Wordpress, ternyata tidak juga, dengan melakukan teknik SEO Blogspot atau teknik SEO Blogger yang tepat akan menjadikan blog tersebut dapat bersaing dengan blog-blog yang menggunakan CMS WordPress di SERP Google.

Belajar SEO Blogspot/Blogger harus belajar SEO Google terlebih dahulu. Setelah belajar Google SEO, belajar SEO Blogspot/Blogger akan semakin mudah karena cara SEO Blogspot atau cara SEO Blogger adalah cara melakukan teknik SEO dengan banyak melakukan adjustment di html source dari blog yang bersangkutan dengan teori dasar yang sama dari belajar SEO Google.

Belajar SEO Blogspot atau SEO Blogger harus mempunyai pengetahuan dasar mengenai ilmu dasar membuat blog yang dapat didapatkan di www.w3.org atau www.w3schools.com, terutama ilmu dasar html. Sebagai contoh: jika kita akan melakukan SEO gambar, maka kita harus secara manual menambahkan Alt dan Title attribute di source html gambar tersebut. Berbeda dengan WordPress yang sudah menyediakan gui untuk setiap setting SEO yang akan dilakukan. Begitu pula dengan internal link dan meta tag karena WordPress mempermudah setting SEO dengan banyaknya plugin yang tersedia.

Sama seperti theme blog untuk WordPress, template blog untuk Blogspot/Blogger kebanyakan sudah diset secara otomatis untuk rel='canotical' dan H1-H6 Heading Tag di setiap halaman web yang dihasilkan termasuk halaman-halaman arsip/archive, sehingga kita tidak perlu takut untuk duplicate content dan melakukan setting-nya lagi. Kita hanya perlu mencek setting-setting tersebut dari blog untuk menyakinkan jika template Blogspot/Blogger kita sudah tersedia fasilitas ini dan mencek-nya dari halaman utama blog atau halaman web yang sudah dipublikasikan, caranya dengan melihat source html-nya dari browser kita.

Intinya, belajar SEO Blogspot atau SEO Blogger hanya belajar menerapkan on page SEO Google kedalam blog terutama adjustment kedalam source html template-nya seperti menambahkan keyword density, internal link, navigasi blog, dll karena untuk off page SEO cara-nya sama saja di setiap platform. .

13 komentar:

  1. bang ane mau tanya cra mengembalikan seo yg hancur gmana biar kembali ke awal menjadi 10 besar

    BalasHapus
  2. thanks infonya....
    seo blogger lebih mudah di bandingkan dengan cms lainya :)

    BalasHapus
  3. @Katils: Coba baca & praktekin teknik SEO di posting ini Cara Mempertahankan Posisi Ranking Posting di SERP Google
    @Fazza: Kalau saya lebih mudah CMS WordPress tapi untuk belajar dasar SEO dan blog lebih baik di Blogger.

    BalasHapus
  4. adakah dampak membuat blog jadi dofollow atau nofollow terhadap seo???

    mohon pencerahannya, mohon untuk dijawab!

    BalasHapus
  5. Arie, komentar yang masuk dapat menambah keyword density di level blog yang secara perlahan dapat mempunyai efek yang bagus ke SEO dengan catatan komentar-komentar yang ada relevan dengan niche blog kita (itulah gunanya kita memoderasi dan menjawab komentar). Secara tidak langsung blog yang dofollow akan berpengaruh ke SEO karena para blogger senang untuk berkomentar di blog-blog dofollow untuk backlink blog atau website mereka. Semoga menjawab pertanyaan Arie.

    BalasHapus
  6. maaf, nanya lagi!

    resiko membuat blog dofollow adalah banyaknya link keluar dari blog kita.
    apakah itu tidak membuat blog kita jadi jelek di search engine??? dan apakah itu akan membuat pagerank turun??

    maaf banyak nanya, soalnya blog saya dofollow mas, mohon di jawab lagi! :)

    BalasHapus
  7. Nggak apa-apa.

    Outbound link memang akan banyak dari komentar dengan URL blog para komentator. Google memberikan saran outbound link hanya maksimal 100 link per halaman web tetapi algoritma pencarian Google tidak hanya itu (seperti Arie ketahui ada 200 algoritma Google). Saya yakin dari pengalaman saya selama ini, Google akan melihat relevansi sebuah posting menjadi lebih baik dari banyaknya interaksi di posting tersebut, bisa dari jumlah share di social media, komentar-komentar dan Pingback listing. Banyak posting saya yang outbound link-nya melebihi 100 link tetapi ranking di SERP Google malah tambah baik.

    BalasHapus
  8. sekarang ga akan nanya lagi mas, cuma mau bilang terima kasih saja, hehe... :)

    saya pengunjung setia blog ini, jadi jangan marah ya kalau saya banyak nanya! :)

    ia satu lagi seo on page blog ini keren mas!

    BalasHapus
  9. Arie, nggak apa-apa nanya lagi & saya sangat tidak sabar untuk menjawab pertanyaan yang ada karena bisa mengingatkan kembali ilmu SEO yang sudah saya pelajari maupun yang belum. Terima kasih ya.

    BalasHapus
  10. ada cms sederhana buat blogger nda? apa cms wordpress udah punya tapi blogger belum

    BalasHapus
  11. Setahu saya belum ada dari Blogger/Blogspot tapi coba search di bagian Blogger Developer di sini http://www.blogger.com/go/developers

    BalasHapus
  12. Terima kasih kembali atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.