Sabtu, 24 September 2011

Tips SEO Google untuk Toko Online/Online Store

Tips SEO Google untuk Toko Online/Online Store sangat spesifik berdasarkan pengalaman dari beberapa toko online/online store yang pernah saya lakukan SEO Google-nya. Kebanyakan dari toko online/online store mempunyai konten gambar dan sedikit text. Kekurangan dari toko online/online store adalah kurangnya konten text berupa deskripsi lengkap dari produk yang ditawarkan. Google SEO untuk toko online/online store bertujuan agar sebuah toko online/online store dapat mencapai dan masuk ke 10 besar, 5 besar bahkan peringkat/ranking 1 di Google, khususnya Google Indonesia. Dengan SEO Google, seorang webmaster dari toko online/online store bisa menaikkan peringkat toko online/online store-nya di Google sehingga akan menaikkan traffic pengunjung ke toko online/online store tersebut. Jadi secara tidak langsung, SEO Google merupakan cara meningkatkan/menaikkan traffic pengunjung sebuah toko online/online store.

Jadi, tips SEO Google untuk toko online/online store yang utama adalah menulis konten yang berupa deskripsi lengkap dari produk yang ditawarkan, sama seperti offline marketing, cara menjual suatu produk secara online harus menerapkan metode marketing yang sama. Dengan membuat konten berkualitas dengan keyword density dari produk-produk yang dijual akan memberikan efek sangat baik untuk SEO.

Tips SEO Google untuk toko online/online store selanjutnya adalah membuat anchor link dengan anchor text produk-produk utama dengan tautan ke URL produk bersangkutan. Jika anda mempunyai beberapa produk andalan dengan jenis anchor text yang sama, maka caranya adalah:
  1. Jika, satu jenis produk dikumpulkan dalam satu halaman tag atau categories seperti di WordPress, tautkan anchor link-nya ke URL tag atau categories tersebut. DENGAN CATATAN: halaman web tag atau categories tersebut diset untuk di-index Google (anda dapat melihat ini disetting robots.txt toko online/online store anda). 
  2. Untuk di Blogger atau Blogspot, 'Labels' diset untuk tidak di-index oleh Google, jika demikian cara berikutnya adalah memilih produk andalan anda dan tautkan anchor link dengan anchor text yang ingin dituju di SERP Google ke URL produk andalan tersebut. Mohon juga dibaca tips cara membuat anchor link di Blog SEO ini.
  3. Jika branding yang ingin anda tuju adalah domain utama anda dan bukan posting produk anda, tautkan semua anchor link dengan anchor text yang ingin anda tuju di SERP Google ke URL domain toko online/online store anda. Sehingga URL domain toko online/online store anda yang akan mendapatkan peringkat baik di Google.
  4. Tautkan anchor text yang spesifik suatu produk ke URL produk yang bersangkutan.
Tips SEO Google untuk Toko Online/Online Store berikut adalah membuat link-link di header, sidebar, dibawah setiap posting atau footer halaman web dengan:
  1. Link "Related Products" atau "Produk Lainnya" di bagian akhir setiap posting yang memiliki jenis produk yang sama.
  2. Link "Produk Terlaris", "Jenis Produk" dan "Produk Terbaru" di sidebar dengan gambar-gambarnya. 
Kelebihan link-link diatas sebagai internal link, meningkatkan conversion rate seperti menaikkan pageviews dan menurunkan bounce rate yang sangat baik untuk SEO Google dan Alexa Ranking.

Tips SEO Google untuk Toko Online/Online Store berikut adalah membuat ALT dan Title Attribute disemua gambar yang digunakan dengan mengikutsertakan target keyword didalamnya (SEO Gambar). Sedangkan untuk semua tautan yang dibuat, gunakan Title Attribute dengan cara yang sama seperti untuk gambar. Dengan menggunakan teknik dasar SEO Gambar yang baik dapat meningkatkan/menaikkan pengunjung toko online/online store dari hasil pencarian Google Gambar.

Tips SEO Google untuk Toko Online/Online Store berikut adalah membuat halaman Facebook atau Facebook Page (sekalian melakukan bisnis online di Facebook), akun Twitter untuk toko online/online store anda dan tautkan semua posting produk anda. Cara ini merupakan cara SEO Google berupa backlink berkualitas (meskipun backlink dari Facebook an Twitter merupakan nofollow tetapi dianggap lumayan penting oleh Google karena algoritma Google Panda 'suka' dengan link-link dari dan ke media sosial) dan dapat meningkatkan/menaikkan pengunjung toko online/online store dari penggemar di Facebook dan follower di Twitter.

Demikian tips SEO Google untuk toko online/online store, semoga toko online/online store anda berhasil masuk ke 10 besar Google untuk target keyword produk yang diinginkan.

30 komentar:

  1. Thanx for sharing...salam kenal!

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga. Terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak hal yang harus dilakuin.
    Jadi banyak masukan.. Thanks ya infonya..

    BalasHapus
  4. Melva, praktekan saja satu persatu tetapi konsisten dan perhatikan hasilnya di SERP Google. Semoga toko online-nya bisa masuk ranking 1 Google.

    BalasHapus
  5. Tips yang sangat bagus dan bermanfaat.. akan sy gunakan di toko online saya.. thx. Salam Kenal..

    BalasHapus
  6. Salam kenal juga, semoga toko online/online store anda berhasil di ranking 1 Google.

    BalasHapus
  7. makasih bnyak ya mas,sangat bermanfaat bg sy yg br punya toko online

    BalasHapus
  8. Terima kasih kembali sudah berkunjung di Blog SEO Google untuk Indonesia ini. Semoga Toko Online-nya bisa sukses.

    BalasHapus
  9. artikelnya mantaap mas andri, bisa buat referensi blog saya.
    o iya skalian minta ijin copy ya buat blog saya ?
    sy cantumkan sumbernya kok.
    salam kenal...

    BalasHapus
  10. Hasanaji, saya tidak masalah posting saya menjadi referensi blog lain agar ilmu SEO dari Blog SEO ini bisa bermanfaat bagi blogger Indonesia.

    BalasHapus
  11. Terima kasih utk postingnya yang informatif, ini membantu saya yang sedang mencoba menaikkan rating online shop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga online shop-nya sukses. Terima kasih atas kunjungannya ke blog SEO Google ini.

      Hapus
  12. thanks masbro sangat membantu sekali buat sy yg lagi merintis usaha toko online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga toko online-nya sukses.

      Hapus
  13. Artikelnya mantap gan, pas banget buat saya yang ingin mengoptimalkan toko online saya :) Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ke blog SEO ini.

      Hapus
  14. mohon bantuannya mas, saya masih pemula bnget.. apa yg pertama kali hrus saya lakukan utk meningkatkan di toko online saya.
    http://muslims-store.blogspot.com/
    terimakasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh baca artikel saya tentang anchor link.

      Hapus
  15. saya memiliki toko online juga dengan platform blogspot

    nah kebetulan ketemu blog seo ini

    tapi masalahnya saya masih bingung dengan beberapa bahasa di artikel ini
    btw ada sejenis kamus atau penjelasan gitu ga buat newbie kaya saya ini

    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa penjelasan sudah saya tulis di beberapa artikel, coba deh dibrowse blog SEO ini, jika masih ada pertanyaan lebih lanjut mohon email saya ya.

      Hapus
  16. Mantap benar Gan! saya bersyukur sekali bisa menemukan http://www.dasar-seo.com
    Saya akan coba praktekan satu persatu, mudah mudahan ada kenaikan visitor di blog toko on line saya.

    Jika ada hal yang belum saya mengerti dari artikel ini, saya berharap empati Anda untuk membantu

    Terima kasih atas sharingnya :)

    BalasHapus
  17. terima kasih informasinya, mau coba diterapkan di online shop saya

    BalasHapus
  18. terima kasih banyak informasinya, sangat berguna sekali. Begitu baca artikel ini, saya langsung praktekan ngoprek blog jualan saya.

    BalasHapus
  19. Pantesan ini yg buat master banget SERP nya, wah makasih banyak ya tips2 nya. salut saya nih.


    maklum newbie,

    bantu baca artikel terbaru dari Onigi ya

    BalasHapus
  20. Terima kasih infonya gan, kebetulan ada rencana buat toko online skarang lagi nyari produk yang cocok dulu :)

    BalasHapus
  21. terims gan tips nya ane lagi belajar keras tentang seo nih

    BalasHapus
  22. info menarik gan, kalau boleh bertanya, untuk website dengan mesin wordpress, cara seo yang paling manjur apa gan, baru buat website dengan target kata kuncinya BATIK PEKALONGAN, website yang dulu ditendang sama google soale, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca semua posting saya mengenai SEO Google untuk Wordpress.

      Hapus
  23. Sangat bermanfaat artikel nya.. saya coba pakai metode ini ya gan..

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.