Sabtu, 17 September 2011

Dasar-Dasar Blog untuk Dasar SEO Google

Dasar-dasar blog bisa menjadi dasar teknik dan cara SEO Google jika kita mengetahui sebelum membuat sebuah blog. Beberapa teknik dasar blog dibawah ini merupakan juga teknik dasar untuk SEO Google:

Niche atau Tema Blog
Membuat blog pasti juga memikirkan tema dari blog, apakah untuk toko online, pribadi, internet marketing atau yang lain-lain. Membuat tema blog sebagai teknik dasar blog akan menghasilkan konten yang spesifik dan memiliki pembahasan yang relevan antar konten atau posting yang menjadi dasar teknik SEO Google juga.

Nama Domain. 
Apa itu domain? domain merupakan alamat blog yang berupa alamat text dari hasil konversi IP address server komputer hosting dari sebuah blog. Konversi IP address ke alamat text blog dilakukan di DNS server hosting tadi.

Jika kita membuat blog di penyedia blog gratis seperti Blogger/Blogspot atau WordPress, nama domain sudah bisa langsung dipilih ketika pertama kali kita membuat sebuah blog.

Cara Membuat Blog di WordPress.com
Membuat Blog di WordPress

Cara Membuat Blog di blogger atau Blogspot
Membuat Blog di Blogger atau Blogspot

Jika kita ingin membuat blog dengan domain dengan akhiran .com, .net, .info atau .co, maka domain-domain tersebut harus dibeli dahulu di penyedia nama domain seperti di godaddy.com. Kemudian nama domain tersebut bisa diarahkan kesebuah blog yang diinginkan. Hal ini memerlukan teknik tersendiri untuk melakukannya.

Nama domain merupakan teknik dasar blog yang sekaligus teknik dasar SEO Google. Memilih nama domain sebuah blog sangat bermanfaat agar blog tersebut berada di peringkat 10 besar di Google.

Memilih Platform Blog
Memilih platform blog akan sangat mempengaruhi bagaimana blog akan berkembang kedepannya. Pelajari setiap platform blog sebelum memilih yang sesuai dengan anda. Teknik dasar blog ini harus dilakukan sebelum membuat blog agar strategi pengembangan blog dapat dimulai diawal sebelum membuat blog. Anda dapat membaca posting saya mengenai memilih Blogger atau WordPress sebagai bahan referensi sebelum membuat blog.

Memilih Theme atau Template Blog
Tampilan sebuah blog merupakan ciri dari pemilik blog tersebut. Memilih theme atau template blog yang sesuai dengan dasar SEO Google dapat dibaca di posting memilih theme WordPress yang SEO Friendly ini.

Membuat Konten yang Berkualitas
Anda dapat membaca di posting ini untuk detil membuat konten yang berkualitas.

Referensi dasar-dasar blog lain untuk dasar SEO Google dapat dibaca di beberapa posting saya berikut ini:

3 komentar:

  1. numpang belajar gan. Lagi mau mendalami ilmu seo ni. Makasih gan

    BalasHapus
  2. Mudah-mudahan Blog SEO Google untuk Indonesia ini banyak manfaatnya untuk sampeyan.

    BalasHapus
  3. mo tanya :
    konon pr mempengaruhi posisi keyword di urutan pencarian mbah google.
    tapi aneh.....
    saya pernah membandingkan toko online saya dengan kompetitor ternyata pr dia lebih kecil tapi posisinya lebih bagus dengan kata kunci sama.

    napa bisa begitu ya ?

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.