Selasa, 09 Agustus 2011

SEO Google | Cara dan Teknik SEO untuk Memilih Nama Domain Blog/Website

Nama domain seperti http://www.example.com atau http://www.example.info adalah nama domain yang dapat diperoleh dengan membeli melalui penyedia nama domain seperti di http://www.godaddy.com. Dengan memilih dan memiliki nama domain tersendiri akan memberikan nilai lebih pada branding blog atau website kita.

Saya tidak membahas mengenai cara mendapatkan nama domain blog atau website karena caranya sudah banyak dibahas di blog lain. Saya ingin berbagi jika memiliki nama domain blog atau webiste yang independen akan memberikan nilai lebih untuk proses teknik SEO Google.

Parameter Google SEO untuk nama domain blog atau website yang baik adalah nama domain yang memiliki keyword utama yang ingin dituju di SERP Google. Sebagai contoh:
  • Jika keyword yang ingin dituju "SEO" maka nama domain yang baik adalah yang memiliki keyword ini seperti "http://www.seo.com" atau "http://www.seo.info".
  • Jika keyword yang ingin dituju "SEO" dan "Blog" maka nama domain yang baik adalah yang memiliki keyword ini seperti "http://www.blogseo.com" atau "http://www.blog-seo.com".
Ketersediaan nama domain yang diinginkan dapat dicek langsung di website penyedia nama domain dan jika nama domain blog atau website yang diinginkan sudah ada yang memiliki, cobalah kombinasi keyword lain. Cara lain adalah dengan mengkombinasikan keyword lain dengan keyword tujuan di nama domain, seperti http://www.blog-seo-dasar.com.

Jika anda memakai penyedia blog gratis seperti Blogger/Blogspot atau WordPress, cara memilih nama domain blog-nya adalah sama meskipun ada tambahan nama domain blogspot.com atau wordpress.com di belakang nama domain blog anda.

Blog saya ini dapat mencapai ranking 1 Google Indonesia untuk keyword "Dasar SEO" setelah mengganti domain blog saya dari http://dasar-seo.blogspot.com menjadi http://www.dasar-seo.com. Sebelumnya di nama domain blog lama, blog SEO Google ini hanya diurutan ke 3. Meskipun faktor cara SEO Google lain berperan tetapi peranan nama domain juga sangat membantu. Hal ini dapat dilihat dari hasil di SERP Google untuk keyword-keyword favorit, banyak yang menduduki peringkat 1 Google dari blog-blog yang memakai nama domain dari keyword-keyword favorit tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.