Minggu, 07 Agustus 2011

Google PageRank Naik tetapi Ranking SERP Google Tidak Naik

Seperti yang saya utarakan di posting sebelumnya bahwa hasil Search Engine Optimization atau SEO Google bukanlah tingginya Google PageRank tetapi bagaimana blog atau posting dapat menduduki peringkat yang baik di Google. Tingginya Google PageRank tidak menjamin sebuah blog atau posting dapat mengalahkan blog atau posting lain yang memiliki Google PageRank yang lebih rendah. Banyak faktor SEO Google atau SEO blog yang mempengaruhinya.

Ketika Google mulai mengaktifkan algoritma Google Panda dan melakukan pembenahan di sistem pencariannya, dibawah ini adalah faktor utama yang mempengaruhi bagusnya peringkat suatu blog atau website, termasuk halaman-halaman web-nya, dimulai pada tahun 2011 ini meskipun efeknya belum begitu terasa untuk SERP Google Indonesia:

Konten Blog
Konten sebuah blog atau website berasal dari halaman-halaman web-nya atau posting-posting-nya. Konten blog tersebut lebih rinci lagi adalah keyword density. Jika sebuah blog dengan posting-posting yang memiliki konten yang terfokus, maka untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP Google akan jauh lebih mudah dan peringkat tersebut akan jauh lebih solid.

Bertambahnya keyword density dari target keyword untuk SERP Google dari setiap posting yang dihasilkan akan memperkuat posisi blog dan posting-posting-nya di SERP Google. Keyword density di level blog akan membantu tidak hanya untuk posisi blog tetapi juga pada posisi posting-posting-nya di SERP Google.

Originalitas atau keaslian dari konten adalah faktor utama yang harus berada di urutan paling depan untuk Google SEO.

Internal Link Building
Menghubungkan satu posting ke posting yang lain dari sebuah blog dengan anchor text yang sesuai (anchor text dengan target keyword dengan link menuju ke halaman beranda blog akan jauh lebih baik) akan memberikan nilai lebih terhadap blog tersebut. Di Blogger/Blogspot, membutuhkan banyak effort tetapi di WordPress akan jauh lebih mudah.

Internal Link Building juga dapat dilakukan di Blogger/Blogspot untuk SEO Blogspot dengan menambahkan widget "Recent Posts" dan "Entri Populer", karena widget-widget tersebut akan menambahkan internal link dari posting-posting yang terlist kesemua halaman web dari blog.

Social Media Marketing
Tahun 2011 ini, Google mulai mengedepankan Social Media dengan meluncurkan layanan Google+. Tidak hanya itu, trend social media sudah menjadi perhitungan Google dalam algoritma pencariannya. Dengan mengintegrasikan blog dengan layanan social media, maka hasil posisi blog kita akan semakin baik lagi.

Kecepatan Akses Blog atau Website
Google memberikan algoritma untuk kecepatan akses ke blog atau website menjadi semakin penting. Anda dapat membaca mengenai ini di posting pengaruh Kecepatan Akses Blog atau Website terhadap SEO Google.


Oleh karena itu, jika perubahan algoritma pencarian Google yang diinisiasi mulai tahun 2011 ini berjalan secara menyeluruh, para pakar SEO beranggapan bahwa backlink tidak akan banyak berpengaruh terhadap hasil pencarian Google di SERP Google.

2 komentar:

  1. banyak yang beranggapan kalau yang pasang keyword dulu bakalan bertahan tapi kenapa ya kok malah kalah dengan blog yang gak diurusi kira2 kenapa? thx

    BalasHapus
  2. Banyak faktor dan sangat relatif tergantung dari parameter SEO-nya. Caranya adalah dengan menganalisa kelebihan SEO yang tidak diurus-urus tadi. Bisa dikarenakan faktor keyword density blog, niche yang fokus atau backlink yang bagus.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.