Jumat, 19 Agustus 2011

Cara dan Teknik Menargetkan User Pengunjung Blog/Website Secara Geografis

Menargetkan user pengunjung blog/website secara geografis sangat diperlukan agar blog atau website berhasil mendapatkan trafik tertarget secara pas.

Ada pertanyaan di sebuah forum online tentang mengapa hasil pencarian di Google.com dan Google.co.id tidak sama dan sebuah blog berbahasa Indonesia dengan target user pengunjung dari Indonesia hasil pencariannya lebih baik di Google.com dibanding Google.co.id. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa setting Google SEO yang perlu dilakukan seperti dibawah ini:

Saat ini jika kita melakukan pencarian di Google Indonesia, maka lokasi pencarian menjadi suatu parameter tersendiri yang ditambahkan Google:

Lokasi di Pencarian Google Indonesia
Lokasi di Pencarian Google Indonesia

Salah satu cara teknik SEO khususnya teknik SEO Google adalah dengan menset target geografis target pengunjung di Google Webmaster Tools. Jika sebuah blog atau website sudah didaftarkan di Google Webmaster Tools, setting tersebut dapat dirubah di bagian 'Site Configuration' di 'Settings' seperti gambar dibawah ini:

Setting Target Users di Google Webmasters Tools
Setting Target Users di Google Webmasters Tools

Cara SEO lain untuk menargetkan user pengunjung blog atau website adalah dengan cara memberikan geotagging pada setiap posting yang kita buat. Fasilitas geotagging ini ada di WordPress dan Blogger/Blogspot. Dengan memberikan geotagging pada setiap posting akan memberikan Google sebuah parameter dari posting blog atau website kita mengenai lokasi utama yang kita inginkan, sehingga Google melalui algoritma pencariannya akan memasukkan posting kita tersebut dan blog kita khususnya kedalam lokasi geografis yang sesuai.

Lokasi tombol penambahan geotagging di Blogger/Blogspot ada dibagian sebelah kanan bawah dari editor posting. Cara ini adalah salah satu cara teknik SEO Blogspot / SEO Blogger maupun teknik SEO WordPress.

Dengan membuat target user untuk pengunjung blog atau website seperti diatas membuat sebuah blog atau website memiliki parameter yang lebih terfokus untuk Google, sehingga Google akan lebih fokus juga menempatkan blog atau website berdasarkan geografis di hasil pencariannya.

3 komentar:

  1. makasih ilmunya mas, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah jika posting ini berguna. Terima kasih atas kunjungannya di Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    BalasHapus
  3. Nambah ilmu lagi nih, terima kasih atas share-nya sob.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.