Minggu, 28 Agustus 2011

Cara dan Tips Persiapan Membuat Blog/Website untuk Pemula

Membuat blog atau website, apalagi untuk para pemula, harus dipersiapkan dengan matang dengan cara yang teratur agar nilai yang diinginkan dapat dengan mudah dicapai. Membuat blog atau website mempunyai tujuan, baik tujuan personal maupun bisnis, yang menjadikan tujuan tersebut bisa mempermudah cara pengembangan blog atau website dikemudian hari. Berikut adalah beberapa tujuan dari membuat suatu blog atau website yang umum saya pelajari dari internet:
  • Tempat mencurahkan perasaan.
  • Tempat berbagi informasi.
  • Tempat berbagi ilmu dan pengalaman.
  • Tempat mencurahkan ide dan pemikiran.
  • Tempat cara mencari uang.
Masing-masing tujuan membuat blog atau website mempunyai nilai tersendiri bagi blogger atau webmaster yang pemula bersangkutan, bahkan akan menjadi kepuasaan yang lebih bagi mereka.

Setelah membuat tujuan membuat blog atau website tadi, cara dan tips SEO berikutnya adalah menentukan tema dari blog atau website yang akan dibuat (atau yag sering disebut 'Niche') . Seperti sering saya tulis di blog SEO ini, menentukan tema sebuah blog atau website akan sangat mempermudah melakukan optimisasi untuk mesin pencari atau Search Engine Optimization atau SEO, kenapa? karena :
  • Dari tema blog atau website ini akan menghasilkan keyword atau kata kunci yang akan ditargetkan di search engine.
  • Dari target kata kunci atau keyword tersebut, konten atau isi blog atau website akan terfokus, sehingga ide untuk membuat satu posting ke posting yang lainnya akan saling membantu dan menguatkan.
  • Jika itu dilakukan, melakukan SEO dan menjadikan blog atau website dan halaman-halaman web-nya dapat dengan mudah mencapai peringkat yang baik di hasil pencarian mesin pencari.
Kenapa kita harus melakukan optimisasi mesin pencari di blog atau website yang dibuat? Jika kita menginginkan blog atau website yang dibuat bisa terdaftar dan mempunyai peringkat baik di mesin pencari seperti Google, maka cara SEO sangat diperlukan karena tujuan SEO adalah menempatkan blog atau website dan halaman-halaman web-nya di peringkat 10 besar Google. Dari peringkat yang baik di Google akan menghasilkan banyaknya traffic yang menuju blog atau website kita. Persiapan cara membuat blog ini penting sekali.

Cara persiapan membuat blog atau website untuk pemula berikutnya adalah mempersiapkan artikel-artikel yang akan dipublikasikan. Jika anda termasuk pemula tetapi anda sudah memiliki ide yang banyak untuk ditulis, saran saya adalah membuat ide-ide tersebut ke dalam tulisan terlebih dahulu. Kenapa? mendapat ide yang fresh itu sulit dan lebih sulit lagi untuk menuangkannya kedalam tulisan. Jadi, ketika kita mendapatkan banyak ide yang fresh dan terfokus, cepat-cepatlah mencurahkannya kedalam tulisan dan simpan ke dalam file terlebih dahulu. Kunci utama SEO adalah konten yang berkualitas.

Jangan terburu-buru untuk mempublikasikan tulisan-tulisan ke blog atau website sebelum anda yakin bahwa tulisan anda sudah cukup bagus untuk dibaca oleh banyak orang. Simpan saja dulu ke file dan edit jika diperlukan. Buatlah visi agar tulisan-tulisan yang anda hasilkan tidak hanya tersedia secara online tetapi juga dapat dibukukan dan bermanfaat bagi orang banyak. Bagi yang sudah rajin menulis secara offline, memiliki banyak tulisan merupakan suatu keuntungan karena artikel-artikel yang ada hanya tinggal dipublikasikan di blog atau website.

Bagi pemula, anda dapat menulis dan secara bersamaan anda dapat belajar mengenai internet, blogging dan belajar SEO terlebih dahulu sehingga persiapan anda membuat blog atau website dapat lebih matang. Cara ini akan sangat efektif  dan masa-masa ini baik untuk mempersiapkan:
  • Memilih Blog atau Website (perbedaannya saya tuliskan dibawah).
  • Memilih platform blog atau website yang akan digunakan, apakah itu Blogger, WordPress, Multiply, Thumblr, Joomla, Prestashop atau yang lainnya.
  • Memilih Theme atau tampilan blog atau website yang akan digunakan berdasarkan selera anda. Pilihlah theme yang SEO friendly. Membuat blog yang SEO friendly akan sangat membantu promosi blog atau website melalui search engine.
  • Memilih nama domain dan hosting blog atau website anda.
  • Membuat strategi promosi yang baik untuk blog atau website anda. Sama seperti offline marketing, online atau internet marketing tetap diperlukan untuk 'memasarkan' blog atau website kita di internet. Salah satu cara membuat strategi internet marketing adalah dengan SEO karena internet marketing melalui search engine masih dominan saat ini. Social media seperti Twitter, Facebook (melalui Facebook Page untuk bisnis online di Facebook) dan Google+ bisa menjadi pendukung strategi promosi internet marketing tersebut.
  • Yang paling penting juga adalah memahami dasar IT/Internet Security agar keamanan situs anda dapat terjaga dengan baik dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dari ilmu ini, kita akan mengetahui setting password yang baik, backup data blog, setting keamanan database blog kita dan lain-lain.
Cara penulisan dan cara publikasi artikel di blog dan website sedikit berbeda karena:
  • Website sifatnya statis dan memiliki struktur navigasi yang statis pula. Jika kita membuat sebuah halaman web, maka halaman web tersebut harus ditempatkan di sebuah struktur website yang sudah tetap. Perubahan tampilan website juga statis dan memerlukan perubahan semua halaman web-nya jika perubahan tampilan dilakukan. Biasanya website dibuat untuk korporasi. Kelebihan website adalah struktur urutan halaman-halaman web dari posting-nya dapat diganti sesuai dengan kebutuhan kita. Jika anda termasuk yang membuat rencana penulisan yang terstruktur rapi, maka membuat artikel dan mempublikasikannya di lokasi struktur yang diinginkan dapat dilakukan kapan saja.
  • Blog atau Web Log sifatnya dinamis atau interaktif. Jika struktur dan tampilan blog dirubah secara global maka seluruh halaman web-nya akan berubah. Membuat perubahan tampilan blog jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan membuat perubahan tampilan di website. Di blog, urutan halaman-halaman web posting-nya berstruktur dari yang pertama dipublish sampai dengan ke urutan yang dipublikasikan paling baru, jadi agak sulit membuat halaman-halaman web tersebut diurut berdasarkan keinginan kita. Jika anda termasuk yang membuat rencana penulisan yang terstruktur rapi, maka cara membuat artikel dan mempublikasikannya di blog harus dilakukan satu per satu berdasarkan urutan artikel-artikel yang sudah anda buat. 
Masa persiapan membuat blog atau website seperti diatas dibutuhkan minimal 1 bulan dan 2-3 jam sehari selama 1 bulan tersebut agar persiapan yang dilakukan memberikan efek yang sangat baik. Banyak cara instan untuk membuat blog tetapi cara yang lebih komprehensif akan sangat membantu pengembangan blog anda.

Memahami HTML, CSS, XHTML, Widget, Social Media, Link, Traffic, Tag, Meta Tag, Category/Label, Backlink, SEO merupakan sebagian hal-hal yang perlu dimengerti ketika membuat blog. Tidak perlu belajar secara detil tetapi memahami dasar-dasarnya sudah cukup untuk mempersiapkan membuat blog atau website.

Ketika anda sudah siap untuk memulai membuat blog atau website, anda sudah memiliki resource yang cukup untuk mengisi blog anda dengan konten yang baik dari tulisan-tulisan yang sudah anda buat sebelumnya. Anda hanya tinggal copy dan paste tulisan-tulisan tadi untuk posting-posting anda dan dengan memberikan setting parameter SEO yang sudah dipelajari, membuat posting-posting itu gampang dicari di search engine seperti Google oleh calon pengunjung blog atau website anda.

Jika tujuan anda untuk memulai bisnis online, saran saya adalah memulai dengan belajar membuat blog atau website meskipun hanya untuk testing saja, minimal agar faham dasar-dasar blog, hal ini akan sangat menolong memahami bentuk yang ideal dari blog atau website untuk bisnis online anda. Jika ilmu dan pengalaman tentang blog atau website dan SEO sudah cukup, mulailah membuat blog atau website dengan tujuan yang lebih tefokus. Insya Allah hasilnya akan baik, aamiin.

8 komentar:

  1. wah bermanfaat ini buat saya yang pemula ini,

    BalasHapus
  2. Amalul, Alhamdulillah dan terima kasih jika Blog SEO Google untuk Indonesia ini bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Trims Mas Andri, penjelasannya rinci dan mudah dimengerti. Saya rekomdasikan buat rekan2 yg ingin belajar nge-Blog di dasar-seo nya Mas Andri, khususnya utk pemula spt saya, salam.

    BalasHapus
  4. Kodar, terima kasih apresiasinya untuk Blog SEO untuk Indonesia ini.

    BalasHapus
  5. Harus banyak belajar tentang blog nih saya Mas.
    Manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiara, saya juga masih terus belajar. Belajar dan berbagi akan sangat menyenangkan

      Hapus
  6. terima kasih banyak mas Andri atas penjelasannya, ini sangat memabantu saya sebagai pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasna, terima kasih juga untuk kunjungannya ke blog SEO Google ini.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.