Minggu, 28 Agustus 2011

Blog Dummy untuk SEO Google, Pentingkah?

Blog dummy untuk SEO Google banyak menjadi teknik dan cara para blogger Indonesia untuk mendapatkan backlink dan linkwheel untuk blog utama mereka. Banyak pengertian mengenai blog dummy tetapi bagi saya, Dummy Blog adalah blog yang tidak memiliki tujuan khusus yang hanya berfungsi sebagai 'penguat' blog utama saja melalui tautan anchor link ke blog utama dengan anchor text berupa target keyword blog utama.

Jika seorang blogger memiliki sebuah bahkan banyak blog lain yang dibuat secara serius dan memiliki konten yang bagus dan menautkan anchor link ke blog utama, maka blog-blog tersebut tidak disebut sebagai blog dummy, bahkan blog-blog tersebut akan secara signifikan membantu proses SEO Google untuk semua blog yang saling ditautkan.

Saya tidak melihat sebuah blog dummy akan membantu sebuah blog dengan backlink dan linkwheelnya untuk SEO Google karena:
  • Tidak kuatnya konten yang dihasilkan oleh blog dummy dan kemungkinan Google akan melihat backlink dari low-quality content yang tidak disarankan untuk Google Panda.
  • Jika membuat blog dummy di satu platform blog, maka tidak akan banyak membantu karena Google akan melihat sumber IP address hosting yang sama.
Saya mempunyai beberapa blog yang saya tautkan ke blog SEO ini dan saya akan melakukan merge dari blog-blog tersebut karena telah memperhatikan algoritma Google Panda bahwa on page SEO lebih utama dan dominan tanpa mengecilkan nilai backlink untuk teknik SEO Google.

Jadi saran saya untuk penggunaan blog dummy untuk cara SEO Google adalah cukup memiliki 1 blog dummy hanya untuk testing dan research saja. Lebih baik mencari backlink dan linkwheel dari blog-blog yang memiliki high-quality content dan memaksimalkan internal link building.


18 komentar:

  1. blog dummy sepertinya akan berpengaruh terhadap blog utama kita,bila blog tersebut minimal mempunyai pr yang sama (lebih bagus lagi diatas) blog kita,sepertinya cara lebih mudah dengan berkomentar di blog2 tetangga,terutama blog dofollow.
    bila sobat sedang cari daftar blog dofollow indonesia,silahkan download di blog ane,gratis

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukkannya. Kalau pendekatan saya adalah membuat blog lain yang memiliki konten unik yang berkualitas dan setuju untuk komentar di blog walking.

    Saya akan ke blog ente dan siap download file-nya. Sekali lagi terima kasih.

    BalasHapus
  3. akasih banyak gan ats tipsnya,sy sedang belajar bwt dummy blog nih

    BalasHapus
  4. Wah,, artikelnya kbnykan tentang SEO nih,, sangat bermanfaat sekali buat saya pelajari..:) Mkssih ya mas..:)

    BalasHapus
  5. Saya sangat bersyukur kalau Blog SEO Google untuk Indonesia ini bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  6. kalau blog dummy minimal harus punya brp content sob??

    BalasHapus
  7. Amalul, saya berpendapat kalau blog dummy itu tidak mempunyai niche dan konten yang fokus. Kalau kita membuat blog-blog dengan niche dan konten yang terfokus, sebagai contoh membuat 5 blog dengan masing-masing niche SEO, Internet Marketing, AdSense, IT dan Social Media, maka saya tidak menyebut blog-blog itu dengan blog dummy. Jika membuat 5 blog itu dilakukan, maka blog-blog itu akan saling menguatkan dengan jumlah konten yang tidak terbatas.

    BalasHapus
  8. saya mau tanya, bagiamana kalau kita buat blog gado-gado? misal 5 blog, tapi setiap blog tersebut postingnya macam-macam, dan masing-masing posting URl punya konten uniq dan bernilai....apakah ini juga disebut dummyblog? apakah cara ini efektif untuk pembuatan linkwheel? bisakah ini salingk menguatkan? yang penting setiap posting artikel punya konten yang berkualitas dengan acncortext menuju page yang mau di SEO kan...kalau cara ini effektif tidak?

    BalasHapus
  9. websitenya bagus mas mohon kunjungan baliknya www.ubocomputer.com

    BalasHapus
  10. wah jadi bingung,rencana bikin dummy blog banyak. tpi takut malah buang2 waktu

    BalasHapus
  11. @mobil bekas solo: Kalau kondisinya seperti itu, saya tidak menyebut blog dummy karena konten-nya yang unik. Hanya tinggal membuat reciprocal link antar blog.

    @best love song lyrics: lebih baik buat beberapa blog yang mempunyai konten yang unik.

    BalasHapus
  12. bagaimana dengan teknik multi linkwheel ..
    misalnya beberapa dummy blog dibuat group, lalu tiap group dibuat linkwheel..
    katanya bisa menghasilkan jumlah backlink yg fantastis..

    belum lagi kalo anchortextnya bukan kita letakkan di sidebar, melainkan disisipkan di dalam artikel tiap posting-nya..

    berkualitas bukan ?

    BalasHapus
  13. Kalau murni dummy blog, apalagi konten-nya tidak di-maintain, sama saja kita mendapatkan backlink atau linkwheel dari low-quality site. Kalau linkwheel, saran saya lebih baik kita berkomentar di blog-blog yang pemiliknya sudah berkomentar di blog atau website kita.

    Ada Pakar SEO yang bilang jika link dari posting lebih baik dibandingkan link dari sidebar. Saya masih testing hal ini dan jika sudah kelihatan hasilnya, akan saya share.

    BalasHapus
  14. terima kasih artikelnya sob... sangat bermanfaat

    BalasHapus
  15. betul bos ... tpi knpa gak kasih daftar blog dummy yang berkualitas

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.