Rabu, 17 Agustus 2011

5 Teknik Cara Membuat Internal Anchor Link untuk Menaikkan Posisi Peringkat di SERP Google

Cara membuat internal anchor link untuk menaikkan peringkat di SERP Google berguna jika keyword density yang ada sudah sangat kuat.

Apa itu Anchor Link? Anchor Link lebih dikenal dengan link dalam satu halaman web untuk menandakan keyword khusus didalam halaman tersebut. Saya berpendapat ada tambahan definisi dari anchor link bahwa anchor link adalah link jangkar yang berupa hyperlink antar halaman web yang berfungsi khusus agar sebuah hyperlink dapat dinilai relevan yang sesuai dengan anchor text-nya. Perbedaan anchor link antar halaman web dengan hyperlink biasa adalah menambahkan attibute khusus di setting link-nya. Setting khusus tersebut berupa penambahan 'hash tag' dengan keyword target di belakangnya.

Sedangkan sebuah Anchor Text adalah text yang digunakan untuk mengidentifikasi 'judul' dari anchor link tersebut.

Berikut ini adalah contoh dari anchor link:


Berikut adalah konfigurasi HTML-nya:

<a href="http://www.dasar-seo.com/2011/08/5-cara-membuat-internal-anchor-link.html#internal anchor link" target="_blank" title="Internal Anchor Link"><b>Internal Anchor Link</b></a>


Hash Tag yang berwarna hijau adalah kunci dari anchor link. Anchor Text adalah 'judul' dari link tadi yang diset warna merah muda diatas. untuk lebih jelasnya dapat dibaca di

http://w3schools.com/html/html_links.asp dibagian 'Name Attribute' atau di

http://www.w3.org/TR/html4/struct/links.html.

Ada beberapa website, blog dan online shop dari teman-teman saya yang saya research dengan tujuan untuk menaikkan posisi peringkatnya di SERP Google Indonesia untuk keyword-keyword target mereka. Hampir semuanya memiliki kekurangan yang sama yaitu tidak fokusnya internal anchor link yang dibuat, sehingga ranking di SERP Google selalu tidak berubah bahkan cenderung stagnan bahkan menurun.

Membuat internal link building akan sangat berpengaruh terhadap posisi peringkat di SERP Google karena Google akan melihat relevansi yang kuat dari internal anchor link building tersebut terhadap keyword utama yang ditargetkan di SERP Google.

Berikut adalah cara SEO mebuat internal anchor link building agar dapat menaikkan posisi peringkat blog atau website di SERP Google:
  1. Menggunakan target keyword untuk di SERP Google sebagai anchor text.
  2. Menautkan internal anchor link dengan anchor text dari target keyword ke URL domain jika URL domain yang diinginkan terlist di SERP Google untuk pencarian target keyword tersebut. Jika menginginkan URL sebuah posting yang terlist di SERP Google maka tautkan anchor link ke URL posting tersebut.
  3. Secara konsisten menautkan internal anchor link dengan anchor text yang sama ke URL yang sama.
  4. Hindari menautkan internal anchor link dengan anchor text yang sama ke URL yang berbeda. Tetapi menautkan internal anchor link dengan anchor text yang berbeda ke URL yang sama tidak menjadi masalah.
  5. Selalu menambahkan Title Attibute di setiap internal anchor link yang dibuat untuk menambahkan keyword density blog.
Faktor utama SEO khususnya SEO Google untuk internal link building ini adalah kuatnya keyword density blog dari target keyword. Jika keyword density di level blog dari target keyword sudah baik, membuat internal anchor link akan sangat membantu sekali menaikkan posisi peringkat blog di SERP Google.

83 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Dadan, misalnya Dadan mau membuat anchor link dengan anchor text "Tips Blog" tetapi Dadan membuat 2 target URL, satu ke URL domain blog Dadan dan satu ke URL posting Dadan yang membahas "Tips Blog". Jika ini Dadan lakukan, Google akan tetap menilai URL mana yang lebih dominan untuk berada di posisi bagus di SERP dan effortnya dobel. Jika Dadan fokus hanya ke satu URL saja, maka Google hanya akan memberikan peringkat yang baik untuk URL tersebut saja di SERP Google.

    Untuk PR blog Dadan kenapa PR 2 karena backlink yang menuju blog Dadan (ada 4) semuanya mempunyai PR 2. PR 2 ini yang menjadi salah satu penyebab posting Dadan jadi lebih cepat diindex Google.

    BalasHapus
  3. hmm... jadi begitu ya ?
    1 anchor text untuk 1 target URL ...
    menurut kang andi, bagus mana antara link yg menuju tab baru dengan link biasa.
    .
    mksdnya jika di klik akan memunculkan tab baru, sementara yg biasa, akan merefresh halaman tersebut.
    .
    Lalu kelebihan blog dofollow yg sbenarnya apa ? selain dapat komen banyak ...

    BalasHapus
  4. Dadan, untuk conversion rate sih bagusan yang memunculkan tab baru tapi untuk SEO, saya belum menemukan efeknya.

    Untuk dofollow, Dadan bisa membaca di posting saya ini Kenapa Dofollow

    BalasHapus
  5. dari berbagai blog para master seo, saya lebih banyak menemukan link biasa, atau yg di refresh..
    .
    saya juga mau tanya lagi ??
    hehe.. :) gpp khan banyak nanya .. *_*
    ..
    jika misalnya saya mempunyai 1 artikel yg sudah ada di posisi 1 Google, lalu karena alasan tertentu, saya merubah sebagian Isi Artikel tersebut..
    .. Apakah itu akan berpengaruh pada serp ?
    klo mnurut saya sich, mungkin Googlebot harus mengindeks ulang Artikel tersebut ..
    . thanks ..

    BalasHapus
  6. Dadan, maksudnya link biasa atau yang direfresh apa ya? :)

    Ranking di SERP bisa jadi berubah lebih baik lagi (tambahan hasil utk keyword lain di SERP Google misalnya) atau malah akan turun karena pengaruh keyword density dari posting tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi. Biasanya hasil revisi akan terlihat setelah googlebot melakukan crawl dan reindex lagi.

    Kalau saya sih lebih baik dibiarkan kalau perubahan kontennya tidak merubah nilainya. Kecuali jika tanpa perubahan, tiba-tiba ranking di Google turun, baru deh dioptim lagi.

    BalasHapus
  7. Mas Andri, Saya mau tanya Untuk Poin 4 : " Hindari menautkan anchor link dengan anchor text yang sama ke URL yang berbeda" JIka misalnya Saya memang benar2 ingin menautkan Anchor text ( Kata-kata ) yang sama untuk link berbeda ini agak sulit juga ya .. mungkin kita harus pintar2 pilih kata sinonim nya.
    Misalnya di blog saya : Kusen Aluminium , itu saya mau menuatkan dua kata itu (Kusen Aluminium) utk dua atau tiga posting yang memang hampir sama informasinya. Kalau misanya dipelesetkan hurupnya aja ,bermasalah juga ndak yah ?
    Misalnya :
    Anchor 1 : Kusen Aluminium
    Anchor 2 : kOsen alumUnium
    Anchor 3 : kuSSen alMUnium

    Wahh..maaf kepanjangan.. komentnya yah
    Thanks yah

    BalasHapus
  8. Kalau menurut saya, research dulu keyword yang populer untuk Kusen Aluminium di Google Keyword Tools. Bisa jadi hanya 'Kusen' atau ada 'Kusen Aluminium' dan 'Kusen Aluminium Murah', jadi lebih tertarget. Dari sana, barulah di set anchor link-nya ke masing-masing URL.

    Kalau saya, semua keyword utama saya, saya anchor ke URL domain saya supaya saya nggak bingung kalau saya punya posting yang banyak. :) Karena anchor text yang berbeda boleh di anchor ke URL yang sama.

    BalasHapus
  9. makasih kabar postinganmu sangat bagus dan bermanfaat ..........
    semoga tambah makin sukses
    dan.. terus berkarya

    BalasHapus
  10. Mas Ali, terima kasih dan saya bersyukur jika blog ini bermanfaat bagi komunitas internet Indonesia.

    BalasHapus
  11. wah trnyata kalo buat anchor link g' sembarangan ya
    Tp saya sendiri masih kurang mengerti apa itu anchor link dan anchor text

    BalasHapus
  12. Anchor link adalah URL yang kita tautkan dengan 'judul' link-nya menggunakan sebuah atau beberapa kata. Sedangkan anchor text adalah sebuah atau beberapa kata tadi.

    BalasHapus
  13. Numpang ijin bertanya ya mas,

    saya punya toko online, tapi saya lagi bingung soal SEOnya

    dengan keyword 'Tupperware Promo Mei 2011' dulu web saya bisa masuk ke top three sampai sekrang.
    tapi dengan keyword 'Tupperware Promo September 2011' boro2 masuk ke top three masuk ke hasil pencarian aja syukur

    bahkan setelah saya cek hasil search 'Tupperware Promo September 2011' itu malah masuk ke page milik Mei 2011

    padahal soal on page seo nya penerapanya sama, ga ada bedanya.
    itu kira2 kenapa ya mas??
    trimaskasih sebelumnya atas jawabanya..

    BalasHapus
  14. Saya lihat online shop-nya menggunakan Prestashop ya? kalau tidak salah Prestashop terbaru sudah ada SEO plugin-nya.

    Setelah saya cek sebentar, mohon maaf seharusnya saya cek lebih komplit, tetapi saya sudah bisa memprediksi kenapa.

    Pertama, ada link Produk terlaris di-sidebar kanan dan kedua-duanya adalah produk promosi Mei 2011 yang saya yakin posting-posting tersebut sudah di posting beberapa bulan yang lalu. Saya yakin semua halaman website yang ada sudah mempunyai internal link ini yang mengakibatkan keyword density untuk keyword "promo-tupperware-indonesia-mei-2011" sangat kuat di level blog.

    Sedangkan untuk keyword "produk-tupperware-promo-september-2011" dari 'Produk Baru' mungkin belum terindex kesemua halaman web karena Googlebot belum melakukan re-crawl & re-index semua halaman web yang ada sehingga internal link dgn keyword density tersebut belum terlalu kuat untuk mendapat ranking di Google. Jadi masalahnya hanya waktu reindex untuk semua halaman web saja.

    Saran saya untuk mengatasi hal ini adalah merubah link promo per bulan di menu dengan anchor text yang sesuai dengan target keyword yang diinginkan, contohnya merubah dari "September 2011" ke "Tupperware Promo September 2011" dan perhatikan hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh rekomendasi ga mas? kalo mau berjualan online bisa di Facebook aja, seperti artis indonesia yg salah satu klien Toko Online ONIGI. bisa baca artikel awam tentang toko online dari saya.


      Jadi Nambah ilmu nih

      Hapus
  15. Tanay bos :
    Membuat banyak anchot text yang berbeda menuju ke Url yang sama apakah tidak terkesan membohongi visitor... Sebab judul bahkan isi blog tidak sesuai dengan anchor text yang kita tautkan...
    Makasih sharingnya....

    BalasHapus
  16. Good point. Sebenarnya terkesan membohongi visitor sangat relatif dari sisi visitor. Tetapi bagi Google, Google akan melihat relevansi isi posting atau blog yang ditautkan. Jika tidak relevan, saya yakin posisi ranking di SERP akan jauh dibelakang. Saya pernah tidak sama sekali membuat anchor link untuk keyword "Dasar Blog" dan "Dasar Google" tetapi berhasil masuk ke 10 besar di Google Indonesia & ketika saya buat anchor link untuk "Dasar Blog", blog SEO ini berhasil masuk ke 5 besar SERP Google Indonesia untuk keyword tersebut.

    BalasHapus
  17. Ya saya juga yakin memang benar begitu ditinjau dari segi SEO...
    Masalah pembohongan merupakan hal di luar SEO ya....sudah menjadi wilayah etika saja....
    Thank....

    BalasHapus
  18. Betul, etika merupakan hal yang wajib kita perhitungkan sebagai blogger. Terima kasih atas reminder-nya yang sangat membangun.

    BalasHapus
  19. Bagus infonya mas
    terima kasih
    Visit Back saya yah

    BalasHapus
  20. makasih bnyak ya gan,ana udah praktekin gan

    BalasHapus
  21. Ma'ruf, saya sudah berkunjung ke Toko Online jenengan. Saran saya, coba tambahkan deskripsi produk yang lebih lengkap dengan memasukkan keyword target didalamnya tapi jangan berlebihan.
    Dari keyword target tadi buat anchor link-nya ke URL target. Catat ranking di SERP Google sebelum perubahan dan tunggu 1-2 minggu dan bandingkan hasilnya. Memang agak kerja keras sedikit tapi insya Allah akan ada hasilnya.

    BalasHapus
  22. artikel yang bgus, dulu kami masih bngung tentang SEO , setelah baca artikel ini kami alhamdllah sudah sedikit memahami tentang SEO

    BalasHapus
  23. @kursi jati: Alhamdulillah jika blog SEO ini bermanfaat.

    BalasHapus
  24. Selain memamakai html <a href...ada kah kode lain yg bisa di pakai untuk anchor text? Karena ada beberapa kasus <ahreff...tidak bisa berfungsi. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  25. @Shirin: kalau kita set hyperlink harus sesuai dengan standard dari W3C.org. Mungkin salah menulis-nya saja.

    BalasHapus
  26. ternyata tidak sembarangan membuat anchor link, saya banyak membuat kesalahan nih..
    terimakasih ilmunya, dan terus berbagi dan berkarya sobat

    BalasHapus
  27. Nugroho, anchor link secara umum dikenal dengan link dalam satu halaman. Definisi anchor link diatas adalah pemahaman saya sendiri yang referensinya saya dapatkan dari W3 yang sudah saya tautkan link-nya diatas.

    BalasHapus
  28. sy msh agak bingung kang andri, misalnya keyword "manggis" itu kita sisipkan url page yang sama ? bisa tlg bantu survey utk toko online saya, br 1 mgg sih, hanya saja sudah 130 visitor tp ratio pembeli belum ada 1 pun, apa yang salah ya

    BalasHapus
  29. Mikael, saya sudah cek sebentar website anda. Contoh anchor link untuk website anda adalah "Jus Manggis" atau "Jus Buah Manggis", buatlah anchor link atau hyperlink dari kata-kata tersebut yang tersedia di setiap posting Mikael ke alamat URL website Mikael. Untuk rasio pengunjung di konversi ke nilai/pembelian, Mikael bisa belajar mengenai CRO atau Conversion Rate Optimization. Saran saya untuk keyword density website Michael, buatlah deskripsi atau penjelasan tiap-tiap produk yang Mikael tawarkan dengan jelas dan buat anchor link yang tadi. Berjualan atau marketing di Internet harus juga sama dengan berjualan secara offline. Pengunjung akan lebih tertarik jika kita menjelaskan produk kita secara rinci.

    BalasHapus
  30. ini yg sdg ingin sy praktekkan..informasi anda membantu sy..
    sy coba dl ya...jk gagal boleh tanya kan ?
    trims

    BalasHapus
  31. Peni, Terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini, jika masih ada pertanyaan, silahkan email saya saja.

    BalasHapus
  32. postinga dan diskusi nya sangat bermanfaat sebelum mencoba.. tks

    BalasHapus
  33. Mampir mas, sekalian mau tanya nich mudah mudahan berkenan. Saya pakai jasa untuk submit artikel web .gov dan edu. Kira kira sampai berapa lama hasil backlink nya akan nancap di web saya? Terima kasih jawaban nya!

    BalasHapus
  34. @Kita Herbal, coba deh, setelah itu saya tunggu diskusi dengan sampeyan :)

    @Pintu Garasi, coba saja search di Google dengan command site:.edu "nama domain anda" dan site:.gov "nama domain anda". Semuanya tergantung berapa cepat Google melakukan index terhadap website .edu dan .gov yang menautkan link website anda. Kalau saya biasanya menunggu selama 1 minggu.

    BalasHapus
  35. Sudah dilakukan mas tp hasilnya site:.gov“pintugarasi.info“
    - did not match any documents
    Kenapa kq blm terindeks ya ms? Adakah yg salah?
    Tanya lagi ms, mingu kemarin pakai keyword pintu garasi sempat nangkring di page 2 tp skrg kq malah melorot jauh banget? Padahal cuma update artikel aja!
    Sory ms, banyak nanya! Semoga berkenan di jawab. Terima kasih untuk jawaban sebelumnya!

    BalasHapus
  36. Commandnya site:.gov "pintugarasi.info" ada spasinya. Untuk .edu sudah ada yang terindex Google. Kalau untuk lebih jelasnya sampeyan register ke Google Webmaster Tools. Kalau ranking SERP Google-nya turun akibat update atau menambahkan artikel itu biasa, nanti juga kembali lagi kecuali ada perubahan pesaing-pesaing sampeyan.

    Kalau saya boleh saran, tiap produk dibuatkan artikel yang tersendiri yang berisikan penjelasan produk tersebut, usahakan kontenya yang jelas dan terperinci. Jika sampeyan pernah ada pengalaman order, tuangkan semuanya didalam artikel. Hal ini untuk menambahkan konten untuk blog sampeyan yang masih sangat sedikit. Jika sudah, beritahu saya lewat email ya? nanti insya Allah saya akan bantu SEO-nya.

    BalasHapus
  37. Kalau menurut saya sih anchor link itu adalah sebagai pintu bahwa link tujuan masih berhubungan dengan satu konten pada halaman tersebut.

    Misalnya saya berkomentar di blog yang bukan satu tema dengan blog saya, lalu saya memasukan anchor link pada kolom komentar tersebut. Maka google akan menganggap bahwa link itu masih satu tema dengan artikel pada halaman tersebut.

    Itu pendapat saya saja loh,, kebenarannya masih belum dibuktikan hehehehe,, yah anggap saja omong kosonglah...

    Tapi menurut Anda gimana dengan pendapat saya diatas?

    Thanks..

    BalasHapus
  38. Andi, itu benar juga, yang penting anchor text yang dipakai masih satu niche dengan halaman web yang ditautkan.

    BalasHapus
  39. jadi title dalam anchor text juga sangat penting ya as?
    wah thanks info nya

    BalasHapus
  40. Mas makasih sebelumnya, semua sarannya sudah coba saya terapkan di web saya cuman sejauh ini dengan mengetikkan keyword toko jilbab, kok masih di laman 2 (urutan 19), apa ada yg salah dg yg saya terapakan, mohon bantuannya !!!
    terima kasih

    BalasHapus
  41. @all, thanks atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    @Dian, toko Dian masih baru ya? sebelumnya nama domainnya apa? atau benar-benar baru?

    Saya lihat ada artikel toko online Dian itu copy & paste meskipun Dian memberikan informasi sumbernya. Saran saya, tulis saja artikel dengan bahasa Dian sendiri meskipun sumbernya sama. Dengan begitu, artikel Dian lebih unik untuk Google.

    Anchor Link yang dibuat sudah cukup baik, usahakan hanya 1 keyword yang sama per artikel yang dibuatkan anchor link.

    Untuk kategori "Jilbab" bisa diganti nggak keywordnya? contohnya "Kerudung Jilbab".

    Bisa nggak widget "Pengunjung", "Referred By" dihapus? untuk widget Facebook, bisa nggak dipilih satu saja?

    Itu dulu, kita lihat selama 2 minggu dari sekarang ya? kalau ada pertanyaan lagi, email saya saja.

    BalasHapus
  42. bang, maksud no 4 gmna tuh ?
    misalnya nih, saya targetkan keyword 'harga blackberry' untuk homepage.
    kemudian saya juga targetkan keyword 'harga android' untuk homepage juga. apa ini maksudnya ??

    terus nih, misal saya menargetkan satu keyword yg 'sama' untuk link ke postingan dan juga ke homepage. apa pengaruhnya ?? maklum blog campur aduk bang.. (hehe).

    BalasHapus
  43. sorry ketinggalan bang, hehe

    kalo posisi penempatan link apa juga ckup mempengaruhi ??
    katanya link dari postingan lebih bagus dari link yg berada di sidebar/widget ?

    BalasHapus
  44. Waloetz, bukan, masalah sebaliknya, kalau itu nggak apa-apa. Yang saya tidak sarankan adalah jika keyword "Harga Blackberry" ditautkan ke 2 alamat web. Pengaruhnya, Google akan menempatkan anchor mana yang paling relevan ke posisi yang paling baik dan jadi kontraproduktif. Bedain aja anchor text-nya sedikit.

    Anchor di postingan memang jauh lebih powerful jika dibandingkan anchor di sidebar.

    BalasHapus
  45. mkasih bang pencerahannya..

    1. kalo menempatkan anchor text di niche yg berbeda dgn tujuan ingin memperbanyk keyword
    dgn anchor tersebut pd setiap postingan. apa pngaruhnya ?

    2. misal, agar pngunjung tdk merasa terganggu dgn anchor text pd setiap postingan trsebut, saya kasih font 'putih' sama dgn template (agar tdk terlihat)..
    apakah anchor text tersebut masih dianggap keyword karena font tersebut sama dgn
    template.

    BalasHapus
  46. 1. Usahakan pembahasannya nyambung karena kasihan pengunjung blog kita kalau kita hanya mengandalkan keyword density.

    2. Lebih baik biarkan natural saja sehingga pengunjung blog kita merasa nyaman. Usahakan hanya satu anchor text yang sama di setiap posting, lebih dari 1 juga nggak ada manfaatnya.

    BalasHapus
  47. terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat sekali dan padat berisi

    BalasHapus
  48. Mantef banget bang artikelnya...salam kenal ya bang moga makin akrab kita.

    BalasHapus
  49. SEMUA BERJALAN SESUAI RENCANA BANG...
    kira2 apa lagi yg perlu di optimasi lagi,
    udah di page one, tapi urutan 5.
    coba cek dulu bang ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum lelah, buat aja terus artikel yang masih satu niche dan buat internal link ke posting yang diikutkan kontes seperti biasa. Cek backlink dari kompetitor, kalau backlink-nya berkualitas, coba ambil backlink yang sama.

      Hapus
  50. @All, terima kasih atas kunjungannya ke Blog SEO ini.

    BalasHapus
  51. makasi gan atas informasinya,,,

    BalasHapus
  52. terimakasih atas infonya gan,,,
    bermanfaat sekali,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas kunjungannya ke blog SEO Google ini.

      Hapus
  53. wah sangat bermanfaat nih bagi saya, makasih nih.. blognya cukup bagus nih.. saya harus belajar banyak nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas kunjungannya ke blog SEO Google ini.

      Hapus
  54. wah, mantap nih mas, sangat bermanfaat. langsung dipraktekin aja nih...
    hihi
    makasih mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali atas kunjungannya ke blog SEO Google ini.

      Hapus
  55. Balasan
    1. Alhamdulillah jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

      Hapus
  56. makasih brow, kalau bua anchor textnya pakai title gimana ya apa sama apa beda ya? soal nya saya sering pakai title

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Agung menautkan anchor text itu ke posting yang sama dan Agung menambahkan Label atau Tag atau Category yang banyak, maka akan membuat internal link untuk posting tersebut dari halaman-halaman blog label/tag/category tadi.

      Hapus
  57. Pak Andri, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih, baca postingan ini dari awal samapi dengan akhir bapak dengan ikhlas menjawab pertanyaan satu per satu bahkan rela meluangkan waktu melihat toko online yg kasih komentar dan memberikan feedbacknya, sekali lagi saya "angkat topi" dengan keihklasan bapak memajukan dunia online dan blogger indonesia.
    Saya sudah 5 tahun menulis blog tapi gak pernah belajar SEO, semuanya berjalan alamiah saja, dan baru tahu backlink / anchor link dll sekitar 3 minggu yll, he he malu nih, memang setelah memakai backlink ada kenaikan SERP yg lumayan, ketimbang tadinya naturally saja dan menganggap "content is the king"
    Maaf pak kalo gak report kasih feed back toko online saya ya,
    sebelumnya diucapkan banyak terima kasih
    suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya telat menjawab pertanyaannya. Kalau saya boleh saran, buat masing-masing jenis produk di 1 posting. Jadi kalau ada 7 produk, buat 7 posting dengan deskripsi produk yang jelas. Nanti di masing-masing posting dibuatkan anchor link yang sesuai anchor text-nya. Terima kasih atas perhatiannya.

      Hapus
  58. thanks infonya mas.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  59. Makasih nih informasinya cukup berguna salam kenal gan....

    BalasHapus
  60. ijin praktekin gan... bener bener ilmu yang bermanfaat....

    BalasHapus
  61. artikel yang sangat bagus sekali,,
    siap dicoba,,,

    BalasHapus
  62. oh internal link cukup berpengaruh untuk posisi di SERP,,,bisa cek internal link web saya gak mas Andri apakah perlu di perbaiki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cek internal link yang baik melalui Google Webmaster Tools tetapi sekilas saya lihat internal link yang ada sudah cukup baik.

      Hapus
  63. wuiihh mantp niihh ilmunya..makasih udah share gan..

    BalasHapus
  64. makasih mas atas isi artikelnya,saya akn mencoba untuk menerapkan di blog saya.maklum masih pemula.hehe......

    BalasHapus
  65. asalamualaikum Pak Andri, Terimakasih banyak pak Andri sudah mau share. saya punya toko online kurang lebih umurnya sekitar 3 bulan, selama ini saya sudah melakukan metode promosi ke berbagai forum dan membangun baklink, tapi sampai saat ini saya cek di whactbaklink.com hasilnya 0 tidak ada satupun yg nyangkut apakah ada yg salah dalam membangun backlink?
    mohon pencerahan nya ya pak..
    makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengetahui backlink website kita yang paling pas untuk SEO Google adalah melalui Google Webmaster Tools di "Traffic" kemudian "Links to Your Sites".

      Hapus
  66. terima kasih gan bermanfaat sekali menambah wawasan

    BalasHapus
  67. Dear Mas Andri

    Mau nanya... Bagaimana step awal untuk membangun web baru..
    1. Apakah menulis konten saja sesuai dengan pokok bahasan webnya?
    2. Untuk anchor text nya bagaimana? berapa banyak baiknya dalam satu postingan dan bagaimana strukturnya??
    3. Mulai kapan website yang baru boleh mendapatkan backlink?

    Mohon pencerahannya dan di ucapkan terima kasih

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya coba jawab ya:

      1. Tidak harus. multiple niche konten juga bisa hanya memang effortnya akan jauh lebih besar untuk SEO-nya.
      2. Satu anchor text lebih baik hanya ditautkan ke satu link-nya.
      3. Kalau saran saya sih, fokus aja ke konten karena nanti backlink akan dapat sendiri.

      Hapus
  68. mkasih mas, blog ini memang sangat membantu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nabila Mebel, mau saya bantu supaya peringkat di Google bisa bagus? email saya di andri.yudistira.muntaha@gmail.com ya?

      Hapus
  69. Makasih banget infonya gan..... sukses slalu.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.