Rabu, 17 Agustus 2011

10 Cara On Page SEO untuk Menaikkan Posisi Peringkat di SERP Google

Banyak para pakar SEO dan blogger lebih mengedepankan proses off page SEO untuk meningkatkan posisi peringkat di SERP Google tetapi mungkin saya adalah blogger yang lebih mengedepankan on page SEO untuk itu.

Sampai saat ini off page SEO berhasil meningkatkan posisi banyak blog atau website di keyword-keyword populer di SERP Google. Tetapi jika kurang baik melakukannya akan mengakibatkan penalty dari Google seperti yang terjadi dibeberapa kasus yang pernah terjadi akibat "link farm". Meskipun tindakan Google untuk kasus-kasus tersebut sifatnya manual adjustment tetapi kemungkinan besar Google akan merubah dan membuat algoritma pencariannya untuk mengakomodasi hal tersebut. Jika Google melakukan hal ini, backlink-backlink yang dianggap Google spam akan termasuk kedalam parameter algoritma pencariannya. Jika hal tersebut terjadi, saya takut akan banyak yang menjadi 'korban'.

Oleh karena itu sebisa mungkin saya mengedepankan proses on page SEO untuk menaikkan posisi peringkat blog SEO ini di SERP Google meskipun off page SEO tetap saya lakukan tetapi hanya 20% dari proses teknik SEO saya. Dengan saya dominan melakukan on page SEO, Alhamdulillah Blog SEO Indonesia ini berhasil mencapai posisi peringkat 10 besar di SERP Google untuk keyword "Google SEO" dan "SEO Google".

Hasil Keyword Google SEO di SERP Google Indonesia
Hasil Keyword Google SEO di SERP Google Indonesia

Hasil Keyword SEO Google di SERP Google Indonesia
Hasil Keyword SEO Google di SERP Google Indonesia

Berikut adalah 10 cara SEO on page atau SEO blog yang saya selalu lakukan untuk blog SEO Google untuk Indonesia ini untuk meningkatkan posisi peringkat di SERP Google Indonesia:

  1. Membuat Posting yang Relevan dengan Niche Blog.
  2. Anchor Link dengan Target Keyword ke URL Domain.
  3. Menambahkan Meta Tag.
  4. Menambahkan Keyword Density di Header, Sidebar, Footer, Attribut Gambar dan Posting.
  5. Berusaha Selalu Membuat Title untuk Setiap Link yang Dibuat.
  6. Membuat Internal Link ke Subyek-Subyek yang Berkaitan di Setiap Posting.
  7. Menjawab Setiap Komentar dari Pengunjung.
  8. Memonitor Jumlah Link tidak lebih dari 100 Link per Halaman Web.
  9. Menambahkan Geo Tagging di setiap Posting.
  10. Berusaha Menghindari Satu Anchor Text dengan URL yang Berbeda.