Jumat, 22 Juli 2011

Tingginya Google PageRank bukan Hasil Akhir SEO Google

Banyak sekali persepsi blogger Indonesia mengenai jika tingginya Google PageRank pada sebuah blog atau posting adalah parameter keberhasilan teknik SEO Google yang dilakukan pada blog atau posting yang bersangkutan. Bagi saya dan mungkin sebagian pemerhati SEO akan berpendapat jika persepsi itu tidak 100% benar.

Google PageRank merupakan salah satu "hadiah" dari Google untuk backlink dan relevansinya terhadap sebuah website atau blog. Google PageRank merupakan salah satu keberhasilan teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) Google off page yang dilakukan seorang webmaster tetapi tidak selalu merupakan keberhasilan Search Engine Optimization Google secara keseluruhan.

Search Engine Optimization Google terdiri dari 2 bagian, yaitu on page SEO dan off page SEO. Kedua teknik Dasar SEO atau SEO Google tersebut memiliki kekuatan masing-masing dan saling mendukung. Kebanyakan blogger mengganggap off page Search Engine Optimization jauh lebih utama, sehingga pencarian backlink lebih dikedepankan. Tetapi bagi saya on page Search Engine Optimization yang lebih utama, terutama konten yang berkualitas karena dengan konten yang berkualitas, adjustment Search Engine Optimization Google di sebuah posting maupun di level blog atau website akan jauh lebih mudah.

Banyak posting-posting saya yang berhasil menduduki 10 besar di Google Indonesia tanpa menggunakan teknik off page Search Engine Optimization yang sempurna, bahkan dari on page SEO posting-posting tersebut saja sudah berhasil "mengangkat" blog SEO Google ini berada di 10 besar Google Indonesia untuk keyword-keyword utama. Anda juga bisa cek jika blog ini baru mempunyai Google PageRank 0 (nol).

Hal lain adalah banyak sekali halaman web yang mempunyai Google Pagerank 0 (nol) berhasil "mengalahkan" halaman web yang mempunyai Google PageRank lebih tinggi di SERP Google, anda boleh cek sendiri. Jika diamati, halaman web yang menduduki peringkat lebih tinggi kebanyakan yang mempunyai konten dan on page Search Engine Optimization yang jauh lebih baik dari pesaingnya karena relevansinya juga lebih baik.

Oleh karena itu, hasil akhir dari Search Engine Optimization Google adalah bukan Google PageRank yang tinggi (atau banyaknya backlink yang ada) tetapi banyaknya posisi sebuah blog di peringkat SERP Google dengan keyword-keyword yang bervariasi. Backlink akan sangat berguna untuk "memperkuat" on page Search Engine Optimization yang ada sehingga peringkat sebuah posting atau blog akan bertambah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.