Jumat, 01 Juli 2011

Setting untuk SEO Google di Wordpress.com

Wordpress.com Logo
Wordpress.com Logo
Teknik SEO dasar Google di blog Wordpress.com dapat diterapkan dengan mudah jika kita sudah memiliki ilmu SEO (Search Engine Optimization) Dasar dari Google atau anda bisa belajar melalui blog SEO Google ini. Wordpress.com memiliki keunggulan setting dasar Search Engine Optimization Google dibandingkan dengan Blogger.com. Hampir semua setting SEO dasar Google sudah menjadi satu dengan setting blog dan posting di Wordress.com tetapi ada juga setting yang tidak bisa dibuat disana kecuali kita memakai platform Wordpress untuk blog atau website kita yang dapat didownload melalui Wordpress.org.

Saya tertarik untuk menulis kelebihan Wordpress.com untuk setting dasar Search Engine Optimization Google dikarenakan keunggulan yang dihasilkannya. Saya mempunyai satu blog di Wordpress.com dan dalam jangka waktu singkat, beberapa keyword target saya sudah berhasil menduduki ranking 10 besar di SERP Google Indonesia. Beberapa blogger, baik di Indonesia maupun dunia, berpendapat bahwa belum dikatakan kita melakukan blogging jika belum memakai platform Wordpress.

Berikut adalah setting on page Google SEO yang dapat menjadi pedoman anda dalam melakukan adjustment SEO Google:

Privacy Settings

Wordpress.com Privacy Setting
Wordpress.com Privacy Settings

Wordpress.com privacy settings adalah tempat untuk menjadikan blog anda dapat diindex oleh search engine seperti Google atau menjadikan blog anda tersembunyi sesuai dengan setting yang anda pilih.

Permalink
Permalink merupakan struktur URL yang akan menjadi alamat web posting blog anda. Banyak pilihan permalink di Wordpress tetapi jika kita berpedoman ke panduan SEO Google, permalink yang Google Search Engine Optimization friendly adalah yang sama dengan judul posting blog. Oleh karena itu, pilihlah permalink yang dimaksud. Untuk Wordpress.com, permalinknya sudah terset secara otomatis. Ini adalah teknik SEO untuk SEO blog yang paling dasar untuk teknik SEO WordPress

SEO Google Setting untuk Gambar
Search Engine Optimization Google setting untuk gambar berupa title, ALT text, caption dan description dari image atau gambar seperti dibawah ini. Dengan menggunakan long tail keyword akan menambahkan keyword density bagi posting dan blog.

SEO Google Setting untuk Gambar di Wordpress.com
SEO Google Setting untuk Gambar di Wordpress.com
Saya pernah membuat thumbnail gambar di blog Wordpress saya dengan 9 gambar dan ternyata Wordpress akan membuat 1 halaman web untuk 1 gambar. Hal ini menambahkan kekuatan Search Engine Optimization Google untuk internal link dan keyword density untuk level blog dan posting utama asal gambar-gambar tersebut.

SEO Google Setting untuk Anchor Link

SEO Google Setting untuk Link di Wordpress.com
SEO Google Setting untuk Link di Wordpress.com

Jangan lupa memasukkan "title" atau judul untuk link yang dibuat karena hal ini menjadi cara Search Engine Optimization Google untuk menambahkan keyword density.


Posisi Tag dan Category/Kategory Setting di Wordpress
Posisi Tag dan Category/Kategory Setting di Wordpress
Setiap membuat tag atau category di sebuah posting Wordpress, maka Wordpress akan menambahkan satu halaman posting yang sesuai dengan tag dan category yang dibuat. Banyak sekali halaman-halaman tag dan category dari Wordpress yang ter-index Google dengan bagus di SERP Google.


Cara SEO Google untuk Wordpress.com atau SEO WordPress lain yang caranya sama dengan platform-platform lain adalah:

6 komentar:

  1. admin blog ini adalah blogger berpengetahuan luas, walau aktifnya di platform blogspot tapi paham banyak tentang wordpress juga. Beda sama saya...saat banyak yang bertanya saya tentang blogspot saya selalu tidak bisa menjawab. Saya memang tidak mempelajari blogspot sampai sekarang.

    Untuk SEO saya menggunakan bantuan plugin lain namanya All In One SEO dan itu saya gunakan di domain pribadi...saat membuka dashboard wordpress.com saya malah agak bingung karena ternyata banyak sekali perbedaannya.

    BalasHapus
  2. Yayun, sampeyan berhasil mengoptimalkan setting SEO Google di platform Wordpress dan cara-cara SEO Google yang baik sehingga blog anda begitu populer.

    BalasHapus
  3. ijin tanya mas,,, tentang categori dan TAG...bagaimana kitu kalau TAG itu diisi sama dengan "keyword"..dalam arti sama dengan meta keyword? bagusan mana disi dengan keyword atau phrase...mungkin bisa dijelaskan lebih lanjut? saya baru belajar seo untuk WP ini..makasih sebelumnya, dan bagaimana kalau TAG posting 1 sama dengan TAG posting ke 2, apakah persamaan itu tidak membuat spam?

    BalasHapus
  4. Erwin, memang biasanya Tag dan Categories di WordPress hanya berupa keyword-keyword utama yang ingin kita capai di peringkat Google, bahasa lainnya adalah Short Tail Keyword atau keyword yang pendek. Kesamaan Tag antara posting memang tujuan utama Tag dan Categories agar mempunyai kesamaan pembahasan dan tidak terjadi duplicate content karena ada setting canotical dan H1-H6 heading tag disetiap halaman web yang sudah diperhitungkan oleh WordPress.

    BalasHapus
  5. mkakasih banyak ya mas penjelasannya..saya senang sekali baca blog ini, karena baru belajar SEO

    BalasHapus
  6. Terima kasih kembali Erwin atas kunjungannya ke Blog SEO Google untuk Indonesia ini.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.