Sabtu, 23 Juli 2011

SEO Google untuk Perusahaan Besar, Perlukah?

Beberapa hari yang lalu saya ke Surabaya dan bertemu dengan salah seorang pensiunan middle-level manager dari sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Beliau berkomentar bahwa perusahaan lamanya terindex dibawah pesaingnya di Google SERP untuk keyword yang menjadi tulang punggung bisnis perusahaan lamanya. Saya tertarik dengan komentar Beliau dan mulai melakukan sedikit research di  google.com.

Saya berusaha memakai keyword-keyword yang mungkin dipakai oleh para pebisnis dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia untuk keperluan bisnis maupun pelesir. Saya memakai keyword 'Indonesia GSM Operator', 'Jakarta GSM Operator', 'Indonesia Blackberry Roaming', 'Indonesia Data Roaming', 'Indonesia Best Telco Operator' dan hasilnya website dari operator telkomunikasi di Indonesia, bahkan 3 operator terbesar, hampir tidak ada yang ter-index Google di halaman pertama SERP Google dengan keyword-keyword tersebut diatas, silahkan anda cek sendiri :)

Hasil yang cukup mengejutkan, bahwa perusahaan-perusahaan besar tersebut sepertinya belum secara total melirik solusi internet marketing dan SEO Google khususnya untuk menjaring pelanggan prospektif dari seluruh belahan dunia yang ingin berkunjung ke Indonesia.

Memang, metode marketing yang konvensional sangat gencar mereka lakukan di bandara-bandara Indonesia dengan banyaknya reklame iklan dan bersaing sangat ketat dengan para kompetitornya. Tetapi jika mereka bisa menjaring pelanggan prospektif ketika para pelanggan ini merencanakan kunjungannya ke Indonesia, mungkin akan sangat baik untuk bisnis para operator tersebut.

Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, biasanya, memiliki sebuah bagian sendiri khusus untuk administrasi website mereka. Jika bagian ini diutilisasi secara tepat dengan SEO Google yang mumpuni, saya yakin kesempatan menjaring potential customer akan sangat terbuka lebar.

Tidak melulu sebuah perusahaan besar dengan branding yang kuat di Indonesia, bisa efektif menjaring pelanggan melalui internet dari website mereka maupun iklan online secara global. Oleh karena itu online marketing melalui Search Engine Optimization, khususnya Google SEO, sangat diperlukan.

Anda dapat bayangkan potensi yang sedemikian besar untuk mempromosikan produk-produk Indonesia melalui internet kurang efektif dilakukan perusahaan-perusahaan besar Indonesia melalui internet marketing pada umumnya dan Search Engine Optimization pada khususnya.

Layanan Jasa SEO dapat membantu perusahaan-perusahaan besar di Indonesia untuk mengeksplorasi market yang sangat besar secara global dengan menjadikan halaman-halaman website mereka berada pada posisi yang bagus di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.