Selasa, 05 Juli 2011

Rahasia Mencapai Peringkat 10 Besar Google dengan WordPress

Rahasia berikut ini berdasarkan pengalaman saya membuat sebuah blog dengan menggunakan platform WordPress, dengan jumlah posting yang terbatas, dan Alhamdulillah berhasil mencapai posisi peringkat 10 besar Google Indonesia dari beberapa target keyword.

Rahasia-rahasia SEO Google di WordPress dibawah tidak berdiri sendiri tetapi harus juga diikuti oleh teknik-teknik SEO WordPress dan teknik SEO dasar lain seperti yang sudah saya jelaskan dibeberapa posting saya. Rahasia-rahasia SEO untuk WordPress ini adalah kumpulan dari cara-cara Search Engine Optimization Google untuk WordPress yang sudah saya publikasikan sebelumnya. Jadi rahasia-rahasia SEO Google dibawah hanya ada di WordPress saja yang tidak ada di platform blog lain.

Beberapa rahasia dibawah ini tidak terdapat dalam Panduan SEO Google tetapi sangat berpengaruh besar dalam mencapai peringkat 10 besar di SERP Google Indonesia:

Memilih Theme yang SEO Friendly
Memilih Theme WordPress yang SEO friendly sudah saya publikasikan di blog SEO (Search Engine Optimization) Google untuk Indonesia ini.

Selalu Membuat Tag dan Category/Kategori

Rahasia Tag dan Category/Kategory Setting di Wordpress
Rahasia Tag dan Category/Kategory Setting di Wordpress

Tag dan Category/Kategori diset default untuk diindex didalam setting robot.txt untuk setiap blog WordPress. Jika anda memakai plugin SEO All-in-One, usahakan untuk merubah setting index Category menjadi index. Membuat sebanyak-banyaknya Tag dan Category tidak "dilarang" oleh WordPress tetapi WordPress tidak menyarankan lebih dari 5 Tag dan Category dari setiap posting. Rahasianya adalah Tag dan Category merupakan auto-generated-content dari WordPress yang berfungsi sebagai "penambah" keyword density blog dan internal link yang merupakan 2 faktor Search Engine Optimization Google dari halaman-halaman web yang dihasilkan. Membuat Tag dan Category yang berbeda untuk setiap posting dan hanya memiliki 1-2 Tag atau Category yang sama, sangat disarankan. Tag dan Category dengan keyword yang berbeda akan menambahkan keyword-keyword yang akan di-index oleh Google sehingga kemungkinan traffic dari keyword-keyword tersebut di SERP Google akan didapatkan. Rahasia mencapai 10 besar di Google dari WordPress ini yang paling banyak dipakai oleh para blogger.

Tambahkan Gambar dengan Thumbnail
Image Thumbnail dapat diset pada setting gambar dibawah:
Rahasia Image Thumbnail Setting di WordPress
Rahasia Image Thumbnail Setting di WordPress
Kenapa menjadikan gambar menjadi Thumbnail? karena WordPress akan membuat 1 halaman untuk setiap gambar yang terdapat dalam thumbnail. Kekurangan dari setting ini adalah ukuran gambar yang kecil di posting. Rahasia WordPress ini untuk mencapai 10 besar Google dengan teknik Google SEO adalah bertambahnya keyword density blog dan internal link.

Menggunakan Keyword yang Sama di Keterangan Gambar
Dengan menambahkan keyword yang sama di Title, Alternate Text, Caption dan Description sangat disarankan. Rahasia ini tidak hanya untuk WordPress tetapi untuk semua platform blog meskipun cara setting-nya berbeda. Rahasia mencapai 10 besar Google dengan teknik SEO WordPress ini untuk menambahkan keyword density.

Menggunakan Tambahan SEO Plugin
Menggunakan tambahan plugin-plugin Search Engine Optimization yang wajib adalah plugin SEO All-in-One yang berfungsi untuk merubah setting judul blog dan posting, menambahkan meta tag data untuk blog dan posting, setting robot.txt untuk setting index Google yang diinginkan untuk halaman-halaman web di blog yang bersangkutan dan lain-lain. Plugin Search Engine Optimization lain di WordPress yang berguna adalah plugin untuk otomisasi internal link.

7 komentar:

  1. info yang bagus, akan saya coba terapkan heheh,

    BalasHapus
  2. terimas kasih infonya.. saya akan coba do'akan berhasil ya gan..

    BalasHapus
  3. Semoga blog dan tok online-nya dapat mencapai 10 besar di SERP Google dengan cepat, aamiin.

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, saya sudah menerapkan dan berhasil

    BalasHapus
  5. cmas, kalo plugin wordpress itu ga bisa yah di blog gratis wordpress, mohon penjelasan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, plugin Wordpress sepertinya hanya untuk Platform Wordpress yang di webhosting terpisah dari Wordpress.

      Hapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.