Minggu, 10 Juli 2011

Melakukan SEO Google Seperti Menanam Pohon

Saya termasuk orang yang beranggapan bahwa sesuatu yang baik itu TIDAK INSTAN, hal yang sama juga terjadi ketika kita melakukan SEO Google pada sebuah website atau blog. Melakukan Search Engine Optimization Google yang instan bisa dilakukan jika kunci dari Search Engine Optimization Google sudah berada di website atau blog, yaitu konten yang berkualitas. Banyak sekali website atau blog yang memiliki konten yang berkualitas tetapi belum berhasil menempati peringkat baik di SERP Google untuk keyword-keyword yang populer, sama seperti sebuah pohon rindang tanpa buah.

Saya sepintas terpikir jika melakukan Google SEO adalah sama dengan menanam sebuah pohon. Pohon yang baik adalah yang tumbuh subur, berbuah rimbun dan manis, memberi manfaat tidak hanya ke pemilik tetapi juga ke banyak orang.

Berikut analogi saya jika melakukan Search Engine Optimization Google adalah sama seperti menanam pohon:

Memilih Jenis Pohon
Memilih jenis pohon untuk ditanam identik di Search Engine Optimization Google dengan memilih niche atau tema dari suatu website atau blog. Jika sudah banyak jenis bibit yang kita siapkan, maka cara merawatnya akan lebih memerlukan effort dan sulit meskipun caranya hampir sama.

Lahan yang Subur
Menanam pohon di lahan yang subur identik dengan menempatkan website atau blog di hosting yang baik, baik dari sisi SLA yang diberikan. Berapa cepat aksesnya, berapa tinggi uptime server-nya, berapa besar kapasitas yang disediakan, berapa besar bandwidth yang disediakan dan lain-lain. Sedikit atau banyak, parameter-parameter hosting tersebut berpengaruh terhadap SEO Google.

Template atau theme merupakan sebagian dari bagian 'lahan yang subur'. Seberapa kuatnya setting SEO Google yang ada di template atau theme untuk website atau blog akan mempengaruhi cara Search Engine Optimization Google.

Salah memilih lahan, maka akan sulit juga kita merawat pohon kita.

Memiliki Bibit Pohon yang Berkualitas
Memiliki bibit pohon yang berkualitas sama seperti memiliki pengetahuan, pemikiran, pengalaman, ilmu, ide yang berkaitan dengan niche atau tema dari website atau blog yang akan dibuat. 'Bibit' yang berkualitas akan mempermudah pemilik website atau blog untuk melakukan Search Engine Optimization Google. Jika sebuah bibit pohon tidak bisa berkembang sesuai dengan keinginan kita, maka ada yang salah di cara merawatnya. Sama seperti sebuah website atau blog dengan 'bibit' yang berkualitas tetapi perkembangannya tidak sama dengan yang kita harapkan, maka ada cara Search Engine Optimization Google yang perlu dilakukan.

Mulai Menanam Bibit Pohon
Mulailah menanam bibit pohon dengan cara-cara yang benar. Melakukan publishing sebuah website atau blog harus juga memiliki cara-cara Search Engine Optimization Google yang tepat. Mulai dari memilih judul, keyword density, struktur navigasi website atau blog, heading tag,  URL atau Permalink yang digunakan adalah teknik-teknik SEO Google diawal pembuatan blog atau website.

Merawat Pohon
Merawat sebuah pohon harus terus menerus, tidak hanya berhenti ketika pertama kali menanam tetapi harus berkesinambungan. 'Merawat' sebuah website atau blog agar bisa berada di peringkat 10 besar Google juga harus terus menerus. Apalagi harus mempertahankan posisi 10 besar di SERP Google, harus memerlukan kerja yang tidak sedikit. Sebuah website atau blog akan 'berkembang' dengan baik di SERP Google tergantung dari 'pupuk-pupuk' yang digunakan, seperti backlink dan konten yang berkualitas, internal link, keyword density dan teknik-teknik SEO Google atau SEO blog lainnya.

Jangan salah memilih dan menggunakan 'pupuk-pupuk' yang tidak direkomendasikan. Memilih cara SEO dan teknik SEO (Search Engine Optimization Google) yang tepat akan menghasilkan 'buah' yang baik.

Pohon itu Tumbuh Subur
Ketika pohon itu tumbuh subur, sebagian tujuan menanam sebuah pohon sudah kita dapatkan. Tumbuh suburnya sebuah website atau blog dengan SEO Google adalah mulainya banyak traffic yang mengunjungi website atau blog kita dari 'pintu-pintu' traffic dari Google. 'Tumbuh subur' sebuah website atau blog adalah banyaknya pencarian keyword-keyword dari SERP Google yang menuju ke website atau blog kita.

Belum saya katakan 'tumbuh subur' jika satu website atau blog hanya berada di 1 (satu) peringkat 10 besar dari 1 (satu) keyword di pencarian Google. Website atau blog yang baik adalah yang berhasil berada di peringkat 10 besar Google dari minimal 10 keyword di pencarian Google.

Pohon itu Berbuah Baik dan Ranum
Sebuah pohon tidak cukup hanya tumbuh subur tetapi juga harus berbuah baik dan ranum. Sebuah website atau blog tidak hanya mendapatkan banyak traffic tetapi website atau blog tersebut harus 'berbuah yang baik dan ranum' yang memberikan nilai lebih terhadap si pemilik dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.