Kamis, 07 Juli 2011

Domain co.cc Dibanned Google

Beberapa hari belakangan ini dunia internet Indonesia bahkan dunia dihebohkan dengan menghilangnya semua blog dan website yang memiliki domain co.cc dari hasil pencarian Google, baik di Google global maupun Google Indonesia.

Berikut adalah komparasi hasil pencarian saya di Google Indonesia untuk semua domain co.cc dan domain ".com":

Hasil SERP Google Indonesia untuk Semua Domain co.cc

Hasil SERP Google Indonesia untuk Semua Domain .com
Hasil SERP Google Indonesia untuk Semua Domain .com

Berdasarkan informasi yang beredar, banned ini dilakukan Google sejak 30 Juni 2011. Penjelasan dari Matt Cutts (salah seorang staff Google khusus untuk spam) seperti berikut:

"We absolutely do try to be granular, but I wanted to mention that if we see a very large fraction of sites on a specific freehost be spammy or low-quality, we do reserve the right to take action on the freehost as a whole. I think most savvy search/SEO folks would understand this completely, but I figure it's better to over-communicate than under-communicate."

Anda dapat melihat rincinya disini:

https://plus.google.com/u/0/109412257237874861202/posts/eanXpZKMDSf

Saya tidak mau berkomentar banyak mengenai hal ini tetapi tidak semua blog atau website dari domain co.cc yang berindikasi spam. Banyak blog dan website dari teman-teman blogger yang menggunakan domain co.cc yang bagus tetapi harus menanggung akibat banned ini. Salah satu online store teman saya terkena imbas banned ini.

Tidak hanya domain co.cc yang terindikasi spammy tetapi banyak blog atau website dari domain lain, bahkan dari freehost, yang spammy (ada beberapa artikel saya yang dicopas) tetapi Google belum berhasil 100% menanggulanginya. Memang agak kurang fair jika Google membuat generalisasi semua domain co.cc harus dibanned. Sayang sekali kepada teman-teman yang menggunakan domain co.cc yang mempunyai konten yang baik, telah berhasil dengan SEO untuk blog-blog-nya akan tetapi harus mengulang lagi dari awal.

Ada 2 cara untuk menanggulangi masalah ini bagi teman-teman yang memakai domain co.cc dan mengalami dibanned oleh Google, antara lain:
  1. Meminta pertimbangan dari Google agar memasukkan lagi blog co.cc anda kedalam index Google dan detilnya bisa dibaca disini: http://googlewebmastercentral.blogspot.com/2008/07/requesting-reconsideration-using-google.html
  2. Membeli domain lain seperti ".com", ".net" dan sebagainya dan mulailah melakukan migrasi blog atau website anda. Saran ini yang saya rekomendasikan.
Mudah-mudahan Google akan mempertimbangkan kembali ketentuan mereka tersebut dengan membuat algoritma pencariannya yang lebih selektif terhadap blog atau website yang spammy tanpa harus mengeneralisasi ke level domain.

Semoga komunitas SEO Indonesia dapat melakukan adjustment secepatnya di blog atau website masing-masing dan melakukan SEO blog yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.