Sabtu, 16 Juli 2011

Blog Auto-Generated-Content (AGC) Mulai Dibanned Google

Belakangan ini Google sudah memulai 'bersih-bersih' index-nya dari halaman-halaman web yang dianggap spam. Setelah melakukan deindex atau banned domain co.cc, Google juga melakukan deindex atau banned atas blog yang memakai auto-generated-content (AGC). Tidak hanya halaman-halaman web yang dihasilkan oleh auto-generated-content (AGC) software saja yang dibanned tetapi semua halaman web yang berasal dari blog atau website bersangkutan.

Sebuah blog yang menggunakan auto-generated-content (AGC) software dapat menghasilkan ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan halaman web yang dihasilkan secara otomatis dan kemudian diindex Google. Halaman-halaman web tersebut biasanya konten-konten berkualitas rendah yang berisikan hasil pencarian suatu keyword. Sebelumnya, hasil pencarian di SERP Google berdasarkan sebuah keyword menghasilkan banyak halaman-halaman web yang berasal dari blog auto-generated-content (AGC) ini, tetapi ketika kita membuka halaman-halaman web tersebut, isinya hanya listing dari halaman-halaman web lain yang sering hanya berupa "lingkaran link tanpa akhir".

Banyak sekali keluhan yang ditujukan ke Google mengenai hal ini dan Google mulai melakukan perubahan algoritmanya, seperti Google Panda. Jika dilihat dari hasil index Google sekarang, sepertinya Google tidak hanya  menempati halaman-halaman web auto-generated-content (AGC)berada urutan belakang di SERP Google,  tetapi lebih ekstrim, Google melakukan deindex atau banned terhadap blog-nya.

Oleh karena itu hal terpenting dari Google untuk mekanisme SEO khususnya SEO Google adalah konten yang berkualitas. Sekali lagi, jangan terbuai oleh sesuatu yang instan karena sesuatu yang baik adalah dengan berdo'a dan bekerja keras.

2 komentar:

  1. Memang situs2 AGC ini udah mulai ditumpas kang..heheh

    BalasHapus
  2. Sepertinya Google baru melakukan manual adjustment untuk banned belum otomatis karena masih ada beberapa blog yang masih terindex, tetapi Google Panda sudah 'bereaksi' terhadap situs-situs AGC dan mengindex-nya jauh di SERP.

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.