Kamis, 02 Juni 2011

SEO Google | SEO Judul - Short Tail Title atau Long Tail Title?

Hasil research saya di Google Indonesia dari beberapa posting blog SEO atau Search Engine Optimization Google untuk Indonesia ini dengan menggunakan judul yang saya beberapa kali rubah dan menghasilkan beberapa catatan. Banyak posting dari teman-teman pakar SEO Google di Indonesia yang memberikan saran melalui posting-posting mereka tentang Search Engine Optimization Google untuk Judul. Banyak diantara pakar Search Engine Optimization, baik di Indonesia maupun Dunia, menyarankan menggunakan short tail title tetapi saya mempunyai pendapat lain.

Short Tail Tittle
Short tail title adalah judul blog atau posting yang dibuat pendek, tidak lebih dari 2 kata, dengan tujuan agar posting tersebut dapat bersaing di keyword-keyword favorit di Google sehingga target SERP Google lebih terfokus. Sebagai contoh:


Long Tail Tittle
Long tail title adalah judul blog atau posting yang dibuat panjang lebih dari 2 kata. Sebagai contoh:

"Internet Marketing Terbaik di Indonesia"

Hasil dari research saya di Google Indonesia ternyata memberikan hasil yang baik jika saya membuat long tail title atau judul yang panjang (tidak lebih dari 60 karakter). Berdasarkan dari apa yang saya ujikan, banyak kombinasi keyword di pencarian Google yang berhasil memasukkan blog dan posting saya ke ranking yang baik di SERP Google. Bahkan keyword-keyword short tail di SERP Google berhasil menjadikan blog dan posting-posting saya di 10 besar Google.

Kunci sukses sebuah posting di pencarian Google Indonesia dengan menggunakan SEO Google long tail title adalah:
  • Relevannya judul, meta tag (jika dipergunakan) dan konten. Judul dan konten sangat berperan sangat penting agar posting yang bersangkutan bisa mencapai ranking bagus di Google.
  • Keyword density di judul dan konten akan mempengaruhi beberapa hasil keyword di SERP Google. Tetapi keyword density di konten jauh lebih berpengaruh. Oleh karena itu bagi Google. "Content is the King" sangat masuk akal.
Jadi, bagi saya, Long Tail Tittle jauh lebih baik dari Short Tail Tittle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.