Sabtu, 11 Juni 2011

Perbedaan Internet Marketing dengan Search Engine Optimization (SEO)

Internet Marketing adalah cara dan teknik marketing yang dilakukan di Internet atau teknik marketing secara online. Internet Marketing disebut juga dengan Online Marketing. Teknik Internet Marketing mempunyai pedoman dasar yang hampir sama dengan teknik marketing konvensional tetapi Internet Marketing dilakukan melalui media internet.

Internet mempunyai beberapa teknologi turunan seperti web, email, ftp, vpn dan lain-lain. Kebanyakan teknologi internet yang dipakai adalah web dan email untuk Internet Marketing. Bentuk marketing yang dilakukan melalui internet, yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, adalah berupa newsletter melalui email, iklan, product review, viral marketing melalui social media dan Search Engine Optimization atau SEO.

Inti dari semua teknik internet marketing itu adalah bagaimana mendapatkan traffic tertarget sebanyak-banyaknya dan mengkonversi traffic tadi menjadi nilai.

Search Engine Optimization adalah salah satu cara untuk mendapatkan traffic tadi melalui search engine yang populer seperti Google. Sedangkan CRO adalah menjadikan traffic tadi menjadi nilai.

Jadi Internet Marketing tidak hanya terfokus kepada SEO dan CRO saja karena SEO dan CRO hanya sebagian kecil dari proses Internet Marketing secara keseluruhan. Strategi Internet Marketing yang komprehensif dapat membuat konversi traffic ke nilai semakin bertambah baik.

Saat ini Internet atau Web sudah memasuki generasi keduanya yang sering disebut Web 2.0. Jika generasi pertama internet hanya berupa traffic-traffic generic, Web 2.0 lebih berinteraksi secara sosial. Dengan Facebook dan Twitter sebagai katalisator pergerakan trend tersebut, menjadikan Internet Marketing menjadi semakin berkembang.

Kekuatan social media, seperti Facebook dan Twitter, mulai perlahan memiliki market share tetapi belum dapat menggeser Internet Marketing melalui SEO dan CRO. Internet Marketing melalui Search Engine Optimization sepertinya akan tetap 'berkuasa' untuk beberapa tahun kedepan, apalagi Google sudah memulai 'memasuki' arena social media tahun ini.

Oleh karena itu, perkembangan yang terjadi di internet harus dengan seksama diamati oleh pelaku Internet Marketing agar perubahan yang terjadi dapat diantisipasi dengan tepat untuk hasil marketing yang lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.