Sabtu, 11 Juni 2011

Memilih Theme Wordpress yang SEO Friendly

Memilih theme untuk pembuatan blog pada Wordpress merupakan teknik Search Engine Optimization dasar yang harus dilakukan seteliti mungkin agar proses SEO WordPress selanjutnya dapat lebih mudah dilakukan. Teknik SEO dasar ini menggunakan referensi dari panduan SEO Google agar blog di Wordpress lebih SEO friendly.

Desain Theme
Memilih desain theme Wordpress yang baik dan menarik atau SEO friendly akan berpengaruh terhadap SEO, karena ketertarikan pengunjung akan desain theme Wordpress tersebut yang akan membuat pengunjung bisa melakukan browsing lebih lama di blog. Ada info (saya masih melakukan research untuk ini) bahwa lamanya waktu pengunjung si blog, bounce rate, jumlah pageview per pengunjung termasuk dalam 200 algoritma Google Search. Jadi sebuah blog Wordpress dengan desain yang baik dan menarik secara tidak langsung merupakan teknik SEO dasar untuk Google.

Navigasi Theme
Navigasi sebuah blog merupakan salah satu teknik SEO WordPress dasar untuk Google. Navigasi yang baik akan membuat internal link yang baik pula bagi blog tersebut, jadi theme Wordpress yang mempunyai navigasi yang baik dapat mempermudah adjustment Search Engine Optimization WordPress.

Salah Satu Navigasi pada Theme Wordpress yang SEO Friendly

Navigasi tambahan di Wordpress dapat ditambahkan dengan banyaknya pilihan plugin di Wordpress sehingga blog akan lebih SEO friendly.

Besarnya Ukuran Theme
Besarnya ukuran theme Wordpress menjadi salah satu dari penyebab cepat atau tidaknya loading sebuah blog. Karena kecepatan akses blog merupakan salah satu dari 200 algoritma Google Search, maka besarnya ukuran theme Wordpress tidak langsung berefek terhadap teknik Search Engine Optimization dasar atau SEO blog untuk Google.

Cara mengetahui besar tidaknya ukuran theme blog Wordpress adalah dengan menginstallnya terlebih dahulu untuk blog, kemudian lakukan pengecekannya dengan meta tag analyzer atau tool-tool lain yang banyak tersedia di Internet. Bisa juga melakukan pengecekan dengan contoh theme Wordpress yang tersedia secara online tetapi ukurannya tidak mengikuti besarnya ukuran blog kita. Semakin kecil ukuran suatu halaman blog maka blog itu akan semakin Search Engine Optimization friendly.

Theme yang Memiliki Embedded Search Engine Optimization Plugin
Banyak sudah theme-theme yang memiliki Embedded Search Engine Optimization plugin atau plugin-plugin yang sudah terintegrasi didalam theme Wordpress tersebut. Contohnya theme dari Atahualpa Theme. Theme Wordpress Atahualpa ini memiliki plugin SEO yang sudah terintegrasi, sehingga kita akan mudah sekali melakukan teknik-teknik Search Eengine Optimization dasar untuk Google di theme ini.

Kita bisa menambahkan sendiri plugin-plugin SEO di Wordpress yang banyak tersedia disana.

Theme tanpa Frame
Meskipun Google support Frame dan iFrame tetapi penjelasan dari Google dibawah ini dapat membantu:

http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=34445

Sekali lagi, Wordpress memang adalah  platform blog yang sangat Search Engine Optimization friendly jika kita mengetahuinya. Selain banyaknya theme Wordpress yang SEO friendly, plugin-plugin Search Engine Optimization banyak sekali di Wordpress sehingga akan mempermudah para blogger untuk melakukan teknik-teknik SEO dasar untuk Google.

4 komentar:

  1. wah. . .
    Ne info yg sya cri2. .
    Kebetulan saya bru buat blog d wordpress. .
    Sangat membntu. .

    BalasHapus
  2. Firman, Wordpress bagus untuk blogging dan SEO tapi kalau masih belajar SEO lebih baik di Blogger.

    BalasHapus
  3. infonya menarik maksih...

    BalasHapus

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.