Kamis, 09 Juni 2011

Manfaat Tag dan Category/Kategori di Wordpress untuk SEO Google

Jika kita membuat blog di Wordpress, kita disediakan tools berupa Tag dan Category/Kategori di bagian kanan editor posting Wordpress.

Posisi Tag dan Kategories Setting di Wordpress
Posisi Tag dan Category/Kategory Setting di Wordpress

Tag di Wordpress digunakan sebagai penggabungan beberapa posting yang mempunyai Tag yang sama dan memberitahu para pembaca bahwa halaman posting Tag tersebut memiliki subyek pembahasan yang sama. Karenanya satu Tag di Wordpress memiliki satu halaman posting tersendiri yang menggabungkan posting-posting blog dengan Tag yang sama.

Berikut adalah link untuk Tag di Wordpress: http://en.support.wordpress.com/posts/tags/


Categories sama dengan Tag di Wordpress, tetapi kelebihan Category/Kategori di Wordpress dapat dibuat secara hirarki.

Berikut adalah link penjelasan Categories/Kategori di Wordpress: http://en.support.wordpress.com/posts/categories/

Jadi, jika kita membuat sebuah posting di Wordpress dengan menggunakan 5 Tag dan 5 Categories dengan keyword yang sama antara Tag dan Categories, maka Wordpress akan membuat 1 posting utama, 5 posting Tag dan 5 posting Categories, sehingga akan menjadi 11 posting.

Oleh karena itu, manfaat atau keuntungan penggunaan Tag dan Categories di Wordpress untuk SEO khususnya SEO Google dan teknik SEO WordPress adalah sebagai berikut:
  1. Satu posting blog di Wordpress dapat menghasilkan banyak posting turunannya melalui Tag dan Category/Kategori yang dibuat. Bertambahnya halaman suatu blog dengan navigasi yang search engine friendly dapat menguatkan blog tersebut di hasil SERP Google.
  2. Dari banyaknya halaman blog yang dihasilkan dapat menambahkan keyword density blog, sehingga dengan membuat beberapa blog saja, keyword-keyword utama dapat dicapai di SERP Google dengan cepat.
Saya membuat 1 blog hanya dengan 5 posting, dalam jangka waktu 2 minggu, beberapa keyword target utama saya di SERP Google Indonesia sudah dapat dicapai di ranking 10 besar Google Indonesia.

Banyak sekali halaman web dari Tag dan Category yang menduduki peringkat bagus di SERP Google dengan teknik SEO untuk SEO blog ini tetapi jauh lebih baik jika halaman utama website atau blog yang menduduki peringkat yang lebih bagus dari halaman tag atau categoty-nya.

Ini merupakan cara SEO WordPress yang sangat bagus untuk meningkatkan ranking di SERP Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.