Sabtu, 25 Juni 2011

Cara SEO Google untuk Blog dengan Niche yang Beragam

Banyak sekali blog yang memiliki lebih dari satu niche (niche adalah tema content blog) yang mengalami kesulitan mencapai peringkat 10 besar di Google Indonesia. Ada 2 pemilik blog yang meminta pendapat saya mengenai bagaimana melakukan Search Engine Optimization Google untuk blog-blog tersebut dan meningkatkan peringkat hasil pencariannya di Google Indonesia.

Setelah saya check blog-blog tersebut memang niche-nya sangat beragam tetapi mereka memiliki konten yang baik sehingga saran-saran SEO Google dibawah ini bisa membantu meningkatkan peringkat di SERP Google Indonesia:

Target Keyword
Sekali lagi, membuat target keyword di pencarian Google sangat membantu untuk membuat strategi yang baik untuk SEO Google. Jika anda mempunyai banyak topik bahasan di blog anda, buatlah target-target keyword dari masing-masing topik bahasan tersebut.

Sebagai contoh: Jika anda membuat blog mengenai Internet Marketing dan topik-topik konten anda adalah Internet Marketing, Search Engine Optimization dan AdSense, maka buatlah target keywordnya untuk SERP Google Indonesia seperti Internet Marketing Indonesia, SEO Indonesia, Tips SEO dan Tips Adsense.

Keyword Density
Setelah membuat target keywordnya, usahakan menambahkan keyword-keyword tersebut diposting-posting yang berhubungan dengan topik kontennya tetapi jangan berlebihan, buatlah rasio 3-7% dari total konten. Google melihat keyword density dari posting-posting akan menjadi keyword density dari blog sekaligus. Bagusnya keyword density suatu blog dapat dilihat di Google Webmaster Tools.

Internal Link
Membuat Internal Link antar posting dengan topik konten yang sama akan menjadikan blog anda akan semakin relevan di Google untuk target keyword dari topik yang menjadi bahasan. Cara SEO Google ini akan sangat membantu sekali sebuah blog menjadi semakin relevan yang diinginkan oleh Google.

Internal Anchor Text
Usahakan anda membuat Anchor Text dari target keyword yang link-nya menuju beranda blog anda. Sebagai contoh: Blog saya ini membahas SEO Dasar dan SEO Google, maka saya membuat link 2 anchor text tersebut menuju URL beranda saya.

Berinteraksi di Komentar
Jangan menganggap remeh berinteraksi di komentar karena menurut pakar SEO dunia, banyaknya interaksi di setiap posting adalah salah satu dari algoritma pencarian Google. Jadi berinteraksi di komentar adalah salah satu cara SEO Google atau SEO blog.

Hal lain adalah dengan berinteraksi di komentar, anda dapat menambahkan keyword density dengan target keyword anda tetapi jangan melenceng jauh dari bahasan komentar-komentar tersebut. Keyword density akan menolong SEO Google untuk posting yang bersangkutan dan blog secara keseluruhan.

Social Media Widget
Mulai tahun 2011, Google akan lebih melihat interaksi social melalui social media dari setiap posting untuk pencarian di Google. Dengan menambahkan Social Media Widget, blog akan lebih Search Engine Optimization Google friendly.

Jangan Terlalu Banyak Link
Google melalui Panduan Dasar SEO-nya menyarankan agar jumlah link dari anchor text tidak lebih dari 100 link. Link-link ini bisa berasal dari Blogroll, Navigasi Link, Social Media Widget, dan Widget-widget yang lain.

Hindari Broken Link
Broken link adalah link-link yang tidak menuju alamat URL yang diinginkan. Broken link dapat dicheck melalui tool-tool yang banyak tersedia di Internet. Untuk internal broken link dapat dilihat di Google Webmaster Tools dibagian Crawl Error. Cara menghindari broken link adalah selalu melakukan test connection ketika setiap kali membuat anchor text/link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar akan dimoderasi terlebih dahulu untuk memastikan komentar anda relevan dengan isi dari konten posting Dasar SEO - Blog Search Engine Optimization (SEO) Google untuk Indonesia ini. Selamat belajar cara teknik SEO Google yang khusus untuk teknik SEO Blogspot, teknik SEO Blogger dan teknik SEO Wordpress di Blog SEO Google ini.